Tujuh Paket Siap Bangun Ende

DI Kabupaten Ende, tujuh paket cabup/cawabup menyatakan siap membangun dan membawa Kabupaten Ende ke arah yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera. Masing-masing paket calon memiliki visi dan misi serta program kebijakan yang akan dilaksanakan jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Ende periode 2009-2014.

Demikian inti dari visi dan misi paket calon Bupati dan Wakil Bupati Ende yang disampaikan tujuh paket calon Bupati/Wakil Bupati Ende dalam pemaparan visi dan misi paket calon di kantor DPRD Kabupaten Ende, Rabu (24/9/2008) siang. Pemaparan visi-misi itu sekaligus menandai dimulainya masa kampanye Pilkada Ende.

Pemaparan visi-misi paket calon di hadapan para anggota DPRD Kabupaten Ende ini berlangsung dalam sidang DPRD yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ende, Ruben Resi, dan dihadiri para undangan.

Sebelumnya, tujuh paket calon menarik undian nomor urut. Hasilnya paket Ir. Petrus Lengo-Paulus Pase, S.H (Paket Lengo-Pase) menempati nomor urut 1, kemudian berturut-turut diikuti paket Silvester Djuma-Drs H Djafar H Achmad, MM (Mawar, nomor 2), paket Drs. Wilhelmus Wolo, S.H-Drs Albert M Bhoka (Wolobhoka, nomor 3), paket Drs. Siprianus Reda Lio-Titus M Tibo, S.H (Setia, nomor 4), paket Drs. Don Bosco M Wangge-Achmad Mochdar (Do'a, nomor 5), paket Marselinus YW Petu-Stefanus Tani Temu (Petani, nomor 6) dan paket Yukundiasus Lepa-Nur Aini AR Rodja (Dian, nomor 7).

Paket Lengo-Pase dalam pemaparan visi-misinya menjelaskan bahwa masih terhadap sejumlah kekurangan di Kabupaten Ende yang perlu mendapat perhatian ke depan. Perhatian itu, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan maupun kesehatan.

Hal yang sama ditekankan paket calon yang lainnya hingga paket nomor urut 7 yakni paket Dian. Pada intinya, ketujuh paket calon ini siap membangun Kabupaten Ende yang saat ini masyarakatnya masih tergolong miskin dengan tingkat pendidikan yang masih rendah.

Anggota KPUD Kabupaten Ende, Nikolaus Sino, mengatakan, pelaksanaan kampanye harus dilakukan paket calon bersama tim kampanye masing-masing paket berdasarkan jadwal yang dikeluarkan KPUD Kabupaten Ende dan harus dilakukan dengan sopan, tertib dan sesuai aturan yang berlaku.

"Kampanye hanya bisa dilakukan oleh paket calon bupati dan Wakil Bupati Ende serta juru kampanye. Memang ada tim kampanye dari setiap paket, tetapi tidak semua anggota tim kampanye merupakan juru kampanye. Orang yang bukan juru kampanye tidak bisa naik ke podium untuk berkampanye," kata Nikolaus.

Selain itu, kata Nikolaus, materi kampanye adalah visi dan misi serta program kebijakan kalau paket calon terpilih sebagai bupati dan wakil bupati ende periode lima tahun ke depan. "Saat berkampanye, paket calon dan juru kampanye masing-masing paket tidak boleh saling melecehkan, menghina atau menyerang paket lain. Jadi kampanye harus dilakukan dengan tertib, sopan dan mendidik serta tidak bersifat provokatif. Apalagi menghina paket lain atas nama ras, suku dan agama. Hal itu melanggar aturan kampanye," kata Nikolaus. (mar)

Nomor Urut Cabup/Cawabup Ende
1. Petrus Lengo-Paulus Pase (Lengo-Pase)
2. Silvester Djuma- H Djafar H Achmad (Mawar)
3. Wilhelmus Wolo-Albert M Bhoka (Wolobhoka)
4. Siprianus Reda Lio-Titus M Tibo (Setia)
5. Don Bosco Wangge-Achmad Mochdar (Do'a)
6. Marselinus YW Petu-Stefanus Tani Temu (Petani)
7. Yucundianus Lepa-Nur Aini AR Rodja (Dian)

Pos Kupang edisi Kamis, 25 September 2008 halaman 1
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes