DPRD Rote Enggan Mendengar Visi-Misi Cabup

BA'A, PK---Pemaparan visi dan misi para calon Bupati/Wakil Bupati Rote Ndao di hadapan anggota DPRD setempat, Rabu (24/9/2008), dicuma dihadiri 8 dari 23 anggota Dewan. Pemaparan visi dan misi para cabup/cawabup itu menandai dimulainya masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) Rote Ndao.

Meski tidak memenuhi quorum, agenda itu tetap dilanjutkan. Hingga sidang ditutup, tidak diketahui alasan tidak hadirnya 14 Anggota DPRD tersebut. Dari pantauan Pos Kupang, warga cukup antusias mendengar pemaparan visi dan misi para Cabup/Cawabup Rote Ndao periode 2008 - 2013 itu. Sejak pukul 09.00 Wita warga sudah menuju gedung Dewan. Sampai pukul 11.00 Wita, baru tujuh anggota Dewan yang hadir, minus dua pimpinan Dewan, Zakarias P Manafe dan Junus Fanggidae. Keduanya juga maju menjadi calon wakil bupati.

Suasana di DPRD cukup riuh dan agak tegang. Pimpinan partai yang mengusung cabup/cawabup sibuk menelepon anggota Dewan dari partainya yang belum hadir. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Damai Sejahtera (PDS) NTT, Somi Pandie, terus menelepon anggotanya yang belum hadir. Pandie juga menelepon anggota DPRD yang lain, yakni Hanokh Lenggu, S.H.

"Saya sudah kontak beberapa anggota Dewan termasuk Pak Hanokh Lenggu. Dan, anggota saya yang tidak hadir dalam acara ini melalui Ketua DPC PDS Kabupaten Rote Ndao, Adel Heid da Silva, saya akan berikan peringatan keras. Bila perlu sampai pemecatan," tegas Pandie kepada wartawan saat berada dalam ruangan sidang DPRD Rote Ndao.

Karena sudah molor dari waktu yang ditetapkan pukul 10.00 Wita, maka Ketua DPRD Rote Ndao, Zakarias P Manafe, sebelum mengundurkan diri langsung membuka sidang paripurna pendelegasian wewenang kepada Wakil Ketua DPRD Rote Ndao, Cornelis Feoh, S.H.

Usai sidang pendelegasian wewenang dan diskor beberapa menit pun belum ada penambahan anggota dari delapan anggota DPRD yang telah hadir. Karena itu, sekitar pukul 12.00 Wita sidang paripurna dimulai tanpa penambahan anggota DPRD Rote Ndao.

Sidang itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Rote Ndao, Cornelis Feoh, SH, didampingi Asisten I Rote Ndao, Drs. Ory Boeky, M.Si dan dihadiri para anggota KPUD, Kapolres Rote Ndao, Kompol Juventus Seran, serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat dan para tim sukses.

Wakil Ketua DPRD Rote NDao, Cornelis Feoh, SH yang dihubungi usai penyampaian visi misi mengatakan, tidak mengetahui alasan ketidakhadiran para anggota DPRD. Namun, kata dia, surat undangan sudah disebar ke semua anggota DRPD Rote Ndao.

Sehari sebelumnya, Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, ketika berada di Ba'a, mengimbau semua anggota DPRD agar hadir dalam rapat paripuna penyampaian visi dan misi. Karena, menurutnya, keputusan Mahkamah Konstitusi dan amanat aturan tentang pimpinan DPRD tidak mengundurkan diri, namun hanya melaksanakan cuti sudah final.

Karena itu pemerintah propinsi tidak dapat mengesahkan hasil sidang paripurna DPRD yang menetapkan pimpinan baru dengan SK 04. "Kita ikut aturan yang ada bahwa pimpinan Dewan hanya menjalani masa cuti dan setelah cuti pilkada mereka akan melaksanakan tugas. Karena itu, SK 04 hasil paripurna DPRD yang dikirim tidak bisa kita tindak lanjuti," katanya.

Lima paket calon yang bertarung di Rote Ndao adalah Christian Nehemia Dillak-Zakarias Paulus Manafe (Nazar), Drs. Marthin Luther Henukh-Junus Fanggidae (Majus), Drs. Leonard Haning- Drs. Marthen Luther Saek (Lentera), Drs. Alfred HJ Zakarias-Drs. Steven A Mbatemooy (As) dan Bernard E Pelle-Nur Yusak Ndu Ufi.

Berantas KKN
Lima pasang Cabup/Cawabup Rote Ndao umumnya berjanji menegakkan hukum dan memberantas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di wilayah terselatan Indonesia tersebut. Mereka juga bertekad membangun Rote Ndao dengan meningkatkan obyek wisata di Rote Ndao.

Semua calon melihat bahwa KKN adalah awal kemiskinan masyarakat. Dan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satu program strategis adalah memajukan wisata di Rote Ndao. (iva)

Anggota Yang Hadir :
Darius Adu, Godlif Haning, Cornelis Feoh, Ardy Lau, J Sjion, Daniel Rondo Adelheid da Silva, Wellem Paulus

Anggota Yang Tidak Hadir :
Frans N Mooy, Sarly SM Pingak, Yusak Langga, Albert Dillak, Yacob Malelak, Djanu Dj Manafe, Elisabet Y Dangku, Hanokh Lenggu, Sonny Ardy Solokana, H. Thosin Badjideh, Asiel Soruh, Drs. Napolion Sanu, Cornelis Lapaan, Simson Balukh

Pos Kupang edisi Kamis, 25 September 2008 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes