Pilkada Rote tanggal 13 Oktober

BA'A, PK -- Walau penetapan paket calon Bupati-Wakil Bupati Rote Ndao masih menuai protes dan penarikan nomor urut bagi kelima paket terus molor, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Rote Ndao tetap memastikan pemilihan kepala daerah (pilkada) Rote Ndao tidak molor. Pencoblosan akan tetap berlangsung sesuai jadwal, tanggal 13 Oktober 2008.

Anggota KPUD Rote Ndao, Ady Ngulu kepada wartawan di KPUD setempat, Sabtu (13/9/2008), mengatakan hal itu. Ia dihubungi terkait penarikan nomor urut yang terus mengalami penundaan bahkan rencana penarikan nomor urut pada Sabtu (13/9/2008) juga ditunda. KPUD akan kembali mengeluarkan undangan penarikan nomor urut kepada para calon termasuk kepada para wartawan dengan jadwal baru, Senin (15/9/2008).

Ady Ngulu mengakui, jadwal penetapan paket dan penarikan nomor urut seharusnya tanggal 2-7 September 2008. Namun dalam perjalanan mengalami hambatan sehingga penarikan nomor urut ditunda hingga Senin (15/9/2008).

Diakuinya, penundaan penarikan nomor urut hingga tanggal 15 September tidak mempengaruhi jadwal tahapan pilkada lain karena terhitung sejak tanggal 7 September hingga tanggal
26 September tidak ada jadwal lain, kecuali tanggal 27 September hingga 10 September masa kampanye.

"Molornya penarikan nomor urut ini tidak mempengaruhi tahapan pilkada karena terhitung tanggal 7 September ke atas hingga tanggal 26 September tidak ada tahapan lain. Sekretariat KPUD hanya konsentrasi ke logistik pilkada dan itu sedang jalan. Karena itu, molornya penarikan nomor urut ini tidak mempengaruhi jadwal pencoblosan yang sudah ditetapkan tanggal 13 Oktober,"jelas Ady Ngulu.

Terkait dengan kepastian paket calon Bupati-Wakil Bupati Rote Ndao, David Detaq-E.A. Messah atau disebut paket Dame yang meminta klarifikasi soal tidak diakomodirnya paket Dame untuk mengikuti pilkada Rote Ndao, Ady Ngulu mengatakan pihaknya akan memberikan klarifikasi kepada paket Dame pada hari Senin (15/9/2008) sekitar pukul 10.00 Wita di Kantor KPUD Rote Ndao. Selanjutnya pada pukul 13.00 Wita diikuti dengan penarikan nomor urut di Hotel Videsy.

Mengenai apakah paket Dame juga ikut dalam penarikan nomor urut, Ady Ngulu mengakui belum tahu. "Mengenai itu saya belum tahu, nanti hari Senin (15/9/2008) baru kita sama-sama mendengar klarifikasi dari Ketua KPUD Rote Ndao,"kata Ady Ngulu.

Sementara kelima paket yang sudah sah ditetapkan KPUD Rote Ndao dan dipastikan mengikuti penarikan nomor urut, yakni pasangan Christian Nehemia Dillak, S.H-Zakarias P. Manafe atau Nazar, paket Lens Haning-Marthen Luther Saek atau paket Lentera, paket Drs. Marthen Luther Henukh, M.Si-Junus Fanggidae, SE atau Majus dicalonkan oleh PDIP, Alfred Zakarias-Stef Batemoy dari gabubangan partai dan paket Bernad Pelle, S.Ip- Nur Yusak Ndu Ufi, SE atau paket Benar yang didukung partai gabungan menggunakan jumlah suara. (iva)

Pos Kupang 14 September 2008 halaman 10
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes