Umbu Bintang Berjaya di Sumba Tengah

WAIBAKUL, PK -- Perolehan suara sementara hasil Pilkada Sumba Tengah (Sumteng), Senin (8/9/2008), menunjukkan, paket Drs. Umbu Sappi Pateduk alias Umbu Bintang dan Umbu Dondu, BA, menang dengan memperoleh 13.395 suara.

Jumlah suara yang diraih Umbu Bintang-Umbu Dondu (Ubud) ini, jauh melebihi jumlah suara yang diraih dua paket lainnya, yakni Umbu K Anagoga - Ir. Ferdi Samalati (Ana Ati) dan paket Ir. Obed Umbu Madiata-Umbu Ndena Bili, Sm.Th (Umade). Paket Ubud diusung sejumlah parpol kecil di daerah itu, antara lain PKB, PDK, PKPI, Partai Demokrat, PPP dan PKPB.

Sesuai perolehan suara sementara yang direkap KPUD Sumba Barat selaku penyelenggara Pilkada Sumteng, sampai pukul 17.00 Wita, kemarin, paket Ana Ati yang diusung Partai Golkar dan PPD memperoleh 4.361 suara. Sedangkan paket Umade yang dijagokan PDIP meraih 3.771 suara.

Dengan demikian total suara sah yang sudah direkap KPUD sampai pukul 17.00 Wita, kemarin, mencapai 21.727 suara. Jumlah pemilih dalam Pilkada Sumteng sebanyak 34.315 orang. Jika semua pemilih menggunakan haknya (mencoblos), maka sisa suara yang masih belum direkap sebanyak 12.588 suara.

Berdasarkan rekapitulasi hasil sementara dari empat kecamatan, yakni Kecamatan Katikutana sebanyak 42 TPS, pasangan Ubud meraih 7.603 suara, Ana Ati memperoleh 1.399 suara dan Umade kebagian 1.103 suara, atau total 10.105 suara dari jumlah pemilih 11.189 orang.

Di Kecamatan Mamboro pasangan Ubud meraih 2.451 suara, Ana Ati 1.953 suara dan Umade 1.700 suara. Total suara yang sudah direkap 6.104 suara dari jumlah pemilih 7.468 orang. Di Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat dari 35 TPS, Ubud memperoleh 3.133 suara, Ana Ati 1.009 dan Umade 876 atau total suara sementara sebanyak 5.018 dari jumlah pemiilih 8.916. Sedangkan di Kecamatan Umbu Ratu Nggay dari 3 TPS, Ubud memperoleh 358 suara, Ana Ati kebagian 86 suara dan Umade meraih 92 suara. Jumlah pemilih di kecamatan ini 6.742 orang.

Proses pencoblosan dimulai pukul 07.00 Wita dan berakhir pukul 13.00 Wita. Tepat pukul 13.00 Wita langsung dimulai proses perhitungan yang disaksikan langsung masyarakat umum. Proses pencoblosan maupun perhitungan suara berjalan aman dan lancar.

Informasi hasil perolehan suara sementara dengan kemenangan di pihak paket Ubud itu langsung menyebar di masyarakat. Para pendukung dan tim sukses paket ini, kemarin sore, sempat melakukan pawai kemenangan di Waibakul, ibukota Kabupaten Sumba Tengah. Namun, kegiatan pawai tidak berlangsung lama karena polisi melarang massa melakukan pawai, mengingat proses perhitungan masih berlangsung.

Mengetahui Ubud unggul sementara, ratusan warga menggunakan truk, kendaraan roda dua dan yang lainnya berjalan kaki menuju Kampung Kabonduk untuk memberi selamat kepada Umbu Bintang. Umbu Bintang terlihat tak kuasa menahan rasa gembira bercampur sedih hingga meneteskan air mata saat menyambut warga yang datang memberi ucapan selamat.

Penjabat Bupati Sumba Tengah, Drs. Umbu Saga Anakaka bersama istrinya, ikut memantau proses rekapitulasi perolehan suara oleh KPUD Sumba Barat yang membuka sekretariat di Waibakul. Kedatangan Anakaka sekitar pukul 17.00 Wita, diterima Ketua KPUD, Nehemia Katu dan Kepala Sekretariat KPUD, Yohanis Umbu Katanga.

Umbu Saga meminta proses pelaksanaan perhitungan yang berlangsung di KPUD tetap berjalan sesuai waktu yang ditentukan.

Menurut Ketua Panwas Pilkada Sumteng, Apolos Dewa Praing, secara umum proses pencoblosan dan penghitungan suara di TPS berlangsung lancar.

Rangkul yang Kalah

Umbu Bintang yang ditemui di kediamannya, kemarin sore, mengatakan jika terpilih dia akan merangkul paket yang kalah dan para pendukungnya untuk membangun kabupaten baru itu. Tahun pertama, dirinya akan fokus pada pembangunan infrastruktur.

Dia mengatakan, dalam demokrasi harus ada yang kalah dan ada yang menang. "Saya tidak mau ada balas dendam, karena itu sangat merugikan masyarakat dan menyakitkan. Saya pernah alami itu," katanya.

Dia kembali menegaskan bahwa jika dirinya menang dalam Pilkada ini, maka di tahun pertama kepemimpinannya dia akan membangun infrastruktur untuk meretas isolasi wilayah. Dengan membuka akses ke daerah-daerah potensial, katanya, maka Sumba Tengah bukan tidak mungkin akan menjadi daerah penghasil jagung.

"Mungkin kita akan meniru Gorontalo. Karena itu, lembaga penelitian dan pengkajian menjadi sangat penting. Saya tidak ingin dinas dan instansi membuat program tanpa melalui kajian atau penelitian. Setiap dinas kemakmuran akan saya berikan target. Tidak mencapai target silakan turun. Sedangkan yang mencapai target akan kita berikan apresiasi sesuai dengan prestasi. Hanya dengan cara itu, masyarakat Sumba Tengah bisa maju dan keluar dari
kemiskinan," kata Umbu Bintang.

Dia mengatakan, untuk mewujudkan mimpi besarnya
itu, perbaikan kualitas SDM menjadi salah satu hal yang
urgen. "Peningkatan kualitas SDM dan pembenahan
infrastruktur akan sejalan," katanya. (pet/cha/dea)

Perolehan Suara Sementara
-------------------------------------------------------
Nama Paket Perolehan Suara
------------------------------------------------------
Ana Ati : 4.361
Ubud : 13.595
Umade : 3.771
---------------------------------------------
Total : 21. 248
-----------------------------------------------
Jumlah Pemilih : 34.315
-----------------------------------------------
* Sumber: KPUD Sumba Barat, Senin (8/9/2008) Pukul / 17.00 Wita

Pos Kupang edisi Selasa, 9 September 2008 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes