Pilkada Matim: Romansa dan Maju Lolos

BORONG, PK---Dari hasil verifikasi, KPUD Manggarai menetapkan dua paket calon perseorangan, yakni Romanus Ndau Lendong-Turut Theresia Eufrasia Rengka (Romansa) dan Drs. Nahas Martinus-Drs Jerau Ferdinandus (Maju) lolos sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Manggarai Timur (Matim).

Sedangkan pasangan Vincenticius J Boekan, S.H-Titus Joma (Veni) tidak lolos karena tidak memenuhi persyaratan 6,5 persen dukungan dari jumlah pemilih 243.780.

Penetapan calon perseorangan setelah KPU menggelar rapat pleno verifikasi adminisitrasi dan faktual, Senin (8/9/2008) malam. Dalam jumpa pers, Senin malam, anggota KPUD Manggarai Florentius Deby Syukur, A.Md, menjelaskan, verifikasi calon perseorangan dilakukan beberapa tahap, mulai dari tingkat PPS, PPK dan KPUD.

Syukur merincikan, berdasarkan administrasi dukungan yang diserahkan ke KPUD, paket Romansa 18.940 dukungan. Hasil verifikasi sebanyak 16.538 dukungan yang sah dan 2.402 yang tidak sah. Maju dari 18.608 dukungan yang masuk, dukungan sah sebanyak 16.056, tidak sah 2.551. Sementara Veni dari 12.975 dukungan, hanya 6.378 yang sah, 6.597 tidak sah.

Berdasarkan ketentuan dan aturan yang ditetapkan KPUD, maka dua paket Maju dan Romansa berhak mendaftarkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai periode 2008-2013. Sementara Veni tidak berhak karena tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan.


Dukungan yang tidak sah, jelas Syukur, berdasarkan verifikasi terdapat beberapa alasan, yakni dokumen dukungan calon tidak sah, dukungan ganda dan hasil verifikasi faktual menolak memberikan dukungan. "Dua paket yang lolos ini berhak mengambil formulir dan mendaftarakan diri sejak 9-15 September mendatang," tegas Syukur.

Pantauan Pos Kupang anggota KPUD Frans Aci, Bentu Papur, Beny R Lebar dan Florentius Deby Syukur menggelar rapat tertutup di kantor KPUD Manggarai Timur mulai pukul 16.00 Wita. Setelah memeriksa semua berkas ditetapkan dalam berita acara paket yang lolos dan tidak lolos.

Untuk diketahui paket yang sudah sah yang bakal maju dalam Pilkada Matim 30 Oktober 2008, yakni Yoseph Biron Aur-Gorgonius D Bajang (ABBA), Yoseh Tote-Andreas Agas (Yoga), Sabinus Suardi-Galus Ganggus (Salus), Romansa dan Maju. (lyn)

Pos Kupang edisi Selasa, 9 September 2008 halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes