Tebar Janji di Rote Ndao

BA'A, PK -- Rakyat Oelunggu, Kecamatan Lobalain, meminta calon Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao dari PDIP, Drs. Marthen Luther Henukh, MH-Junus Fanggidae, SE untuk memberi perhatian terhadap bidang pertanian jika terpilih memimpin Rote Ndao lima tahun ke depan. Selain petani, tukang kayu, batu serta buruh bangunan juga mendapat perlakuan yang sama.

Permintaan itu disampaikan sejumlah masyarakat Desa Oelunggu dalam kampanye dialogis yang berlangsung di Desa Oelunggu, Kecamatan Lobalain, Sabtu (27/9/2008). Beberapa diantaranya adalah Marthinus Tulle, Saul Ndolu dan Erna Ndolu - Tomasui. Dialog yang dipandu Bastian Dethan itu dihadiri pengurus PPD, Hanokh Lenggu, S.H, Pdt. Yeheskial Fanggidae, Ketua Bappilu, Asiel SOru, Sekretaris PDIP, Hengki Lapaan.

Menurut warga Oelunggu, selama ini pemerintah sering memberikan janji-janji untuk membangun Desa Oelunggu, namun dalam proses pembangunan janji-janji itu tidak ditepati.
Desa Oelunggu terdiri dari lima dusun. Penduduknya kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani dan tukang.

"Kalau paket Majus menang, maka harus membuktikan janji-janji memakmurkan petani dan tukang di Oelunggu," kata Erna Ndolu - Tomasui.

"Kami berdoa paket Majus selalu menang. Dan, kalau menang, maka angkatlah rakyat dan letakkanlah di dadamu dan berikanlah mereka duduk di pangkuanmu agar mereka dapat merasakan kehangatanmu. Karena kami masyarakat miskin ini sangat sedih dengan banyaknya kasus di wilayah ini. Ada busung lapar, padahal wilayah kami ini surplus beras," kata Marthinus Tulle.

Tulle mengatakan, selama ini pemerintah memberi janji kepada warga Oelunggu, namun janji itu tidak pernah ditepati. Masyarakat Oelunggu yang bermata pencaharian petani dan salah satu desa yang memiliki salah satu lahan sawah terluas di Kecamatan Lobalain ini terus terlilit kemiskinan hingga masyarakatnya didera busung lapar.

Soul Ndoen, tokoh agama, meminta paket Majus membangun irigasi, jalan dan embung serta memberi sarana pertanian seperti hand tractor kepada petani di Oelunggu.

"Selama ini kami tidak merasakan keadilan. Karena kami masyarakat petani, tapi tidak pernah merasakan pemerataan dan keadilan bantuan yang diberikan oleh pemerintah. Karena itu, kami berdoa buat paket Majus agar menang dalam pilkada ini. Dan, ketika menang, maka curahkanlah semua perhatian kepada masyarakat Rote Ndao tanpa harus melihat desa-desa tertentu atau wilayah tertentu," ujar Soul.

Calon Bupati Rote Ndao, Marthen Lurher Henukh mengatakan, Oelunggu merupakan wilayah pertanian dan lumbung beras Rote Ndao. Oleh karena itu, akan menjadi prioritas perhatian.

"Kita akan bekerja maksimal untuk masyarakat Rote Ndao. Segala permintaan akan kami catat dan jika bapak, ibu, too, tii menjatuhkan hatinya untuk memilih pasangan Majus, maka permintaan ini akan ditindaklanjuti. Dan, pembangunan ke depan adalah pembangunan bersifat bottom up, bukan top down. Kami mencatat segala kebutuhan masyarakat, tapi masyarakat harus menyampaikan ini ketika musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) dusun, desa dan kabupaten," kata Henukh.

Henukh mengatakan, paket Majus tidak memberikan janji, namun akan mengukirkan karyanya jika dipercayakan rakyat untuk memimpin. "Kami akan memberikan karya nyata kepada bapak ibu saudara/i sekalian. Dan, karya nyata itu lebih baik daripada memberikan 1000 janji," katanya.

"Kalau saja pemerintah duduk bersama rakyat dan menanyakan kesulitan yang diderita rakyat, maka tidak ada keluhan seperti ini. Ibarat anak yang kehilangan induk. Pemimpin mestinya duduk bermusyawarah dengan rakyat. Sehingga ketika misalnya memiliki lima unit handtractor, tapi yang butuh sebanyak 10 orang, maka di saat itulah dibicarakan pembagian pemanfaatan secara merata. Ini juga terkait dengan pupuk yang selama ini penguasaannya masih didominasi orang-orang tertentu sehingga pupuk yang sampai ke masyarakat harganya sangat mahal. Karena itu, kalau kami terpilih, kami akan tata kembali sistem yang ada," kata Henukh. (iva)

Pos Kupang edisi Senin, 29 September 2008 halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes