Warga Hoineno Adukan Paket Jetcar ke Panwas

SOE, PK -- Warga Desa Hoineno, Kecamatan Nunkolo, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), melaporkan tim sukses bakal calon bupati dan wakil bupati Drs. Junus E Tahun dan Drs. Carolus Nubatonis (paket Jetcar) kepada Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada setempat. Tim sukses paket ini diduga memalsukan tanda tangan warga Desa Hoineno untuk surat dukungan.

"Kemarin Kamis (11/9/2008), kami turun langsung ke Desa Hoineno, Kecamatan Nunkolo. Berdasarkan penuturan kepala desa setempat, dari 500-an warga pemilih di desa itu hanya ratusan saja yang resmi mendukung Paket Jetcar. Sementara 400-an warga lainnya menyatakan tidak mendukung paket tersebut," kata Ketua Panwas Pilkada TTS, Albert Benu, S.SoS, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (12/9/2008).

Albert yang saat itu didampingi anggota Panwas, Mariana Leba, S.Sos dan Melkisedek Nahak, S.H mengatakan, warga yang tidak mendukung dimasukkan menjadi pendukung paket Jetcar disertai tanda tangan.

Albert mengungkapkan, warga setempat mengaku kaget lantaran kartu tanda penduduk yang terkumpul itu untuk mendukung calon anggota legislatif, Amos Toh. Kartu tanda penduduk itu dikumpulkan oleh warga setempat bernama Yos Tamonob.

Namun saat hendak dikembalikan, Yos sempat menitipkan 400-an KTP itu kepada Marthen Tahun. Dari tangan Marthen Tahun itulah, KTP itu diduga disalahgunakan untuk mendukung Paket Jetcar yang maju dalam Pilkada lewat jalur perseorangan.
Albert mencontohkan salah satu warga setempat yang di dalam dukungannya kepada calon anggota legeslatif bisa membubuhkan tanda tangan dalam surat dukungan. Namun anehnya, dalam data dukungan paket Jetcar warga itu hanya diberikan inisial nama pada kolom tanda tangan.

Albert mengatakan, Panwas TTS telah memutuskan melaporkan kasus ini ke Polres TTS secepatnya. Dia berharap, polisi memproses kasus tersebut.

Kapolres TTS, AKBP Suprianto yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim, AKP Sandy Sinurat, S.Ik mengatakan, polisi belum mendapatkan laporan adanya dugaan pidana pemalsuan yang dilakukan tim paket Jetcar. (aly)

Pos Kupang edisi Sabtu, 13 September 2008 halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes