Selamat Mencoblos Sumba Tengah!

WAIBAKUL, PK-- Selamat mencoblos rakyat Sumba Tengah. Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumba Tengah, Drs. Umbu K Anagoga-Ir. Ferdi Samlati (Ana Ati), Drs. Umbu Sappi Pateduk alias Umbu Bintang-Umbu Dondu,BA (Ubud) dan Ir. Obed Umbu Madiata-Umbu Ndena Bili,Sm.Th (Umade), mengandalkan dukungan dari pemilih di Kecamatan Katikutana dan Mamboro. Hal ini karena tiga calon bupati berasal dari Kecamatan Katikutana dan tiga calon wakil bupati berasal dari Kecamatan Mamboro. Pemilih di Kecamatan Umbu Ratu Nggay dan Umbu Ratu Nggay Barat akan terjun bebas.

Selain mengandalkan basis pemilih di Katikutana dan Mamboro, pasangan Drs. Umbu Sappi Pateduk alias Umbu Bintang-Umbu Dondu, BA (Ubud) dan Ir. Obed Umbu Madiata-Umbu Ndena Bili,Sm.Th (Umade) menargetkan raih 60 persen suara dari total jumlah pemilih 24.315 orang. Pasangan Drs. Umbu K. Anagoga-Ir. Ferdi Samlati (Ana Ati) menyerahkan kepada rakyat.

Paket Ubud yang diusung PKB, PDK dan PKIP, PKPB, Partai Demokrat, PPP dan partai kecil lainnya, menargetkan suara terendah 60 persen. Daerah basis dukung adalah Kecamatan Katikutana dan Mamboro, karena kedua kandidat berasal dari dua kecamatan itu.

Umbu Sappi Pateduk alias Umbu Bintang saat ditemui di kediamannya di Kampung Kabonduk, Jumat (5/9/2008), menyatakan, setelah sepekan mengelilingi Sumba Tengah, yakni Katikutana dan Mamboro hingga Umbu Ratu Nggay, ia optimistis memenangkan pesta demokrasi di kabupaten pemekaran dari Sumba Barat itu.

Selama masa kampanye, demikian Umbu Bintang, massa yang hadir di atas 1.000 orang. Massa itu bukan karena ikut-ikutan tetapi massa riil pendukungnya. Dia mengatakan, sebagai putra Sumba Tengah, ia yakin rakyat memenangkannya. Dia optimistis rakyat bersamanya memenangkan pilkada hari Senin (8/9/2008). Walau demikian, Umbu Bintang menegaskan, apapaun keputusan rakyat, paket Ubud menerimanya. Pasangan Ubud siap menang, menang bermartabat dan kalah, kalah bermartabat.

Di tempat terpisah, tim sukses paket Umade menargetkan meraih 60 persen suara. Paket yang diusung PDIP, memprediksikan mayoritas dukungan diperoleh dari Kecamatan Katikutana dan Mamboro, mengingat Obed dari Katikutana dan Ndena Bili dari Mamboro. Paket ini juga percaya mayoritas pemilih yang pada pemilu 2004 menjatuhkan pilihan pada partai berlambang kepala banteng mulut putih, tetap konsisten dan tidak akan lari pada pemilihan kepala daerah (pilkada) perdana daerah itu, Senin (8/9/2008).

Tim sukses paket Umade, Abdullah Hadi yang ditemui di Waibakul, Jumat (5/9/2008), menyatakan, timnya optimis meraih juga suara terbanyak dari Umbu Ratu Nggay, karena Obed Umbu Madiata keturunan dari wilayah itu. Paket Umade menghimbau seluruh masyarakat Sumba Tengah menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) tanggal 8 September 2008 untuk mencoblos paket pilihannya. `Abdullah menegaskan, paket Umade siap menerima apapun hasil pilkada.

Sementara kandidat yang malang melintang di dunia birokrat, Drs. Umbu, K Anagoga bersama pasangannya, Ir. Ferdi Samlati menyerahkan sepenuhnya kepada rakyat yang akan menjatuhkan pilihan sesuai hati nurani. Paket yang diusung Partai Golkar dan PPD, itu tidak mematok perolehan suara, tapi targetnya memenangkan pilkada dengan aman dan damai.

Paket ini optimis menang karena selama masa kampanye banyak massa yang datang mendukung mereka. Paket ini juga mengandalkan kekuatan di Kecamatan Katikutana dan Mamboro, karena keduanya berasal dari wilayah itu.

Selain itu, sebagian pendukung dari Kecamatan Umbu Ratu Nggay, juga akan memilih paket Ana Ati yang sudah makan garam di dunia pemerintahan tersebut. "Kami yakin memenangkan pilkada ini. Hal ini terbukti massa selalu memadati saat kampanye," kata Anagoga.(pet/cha)

Nama dan Nomor Paket :

1. Drs. Umbu K Anagoga - Ir. Ferdi Samlati (Ana Ati) diusung Golkar dan PPD
2. Drs. Umbu Sappi Pateduk - Umbu Dondu,BA (Ubud) diusung PKB, PDK, PKPI, Partai Demokrat, PPP, PKPB dan beberapa partai kecil lainnya.
3. Ir. Obed Umbu Madiata - Umbu Ndena Bili, Sm.Th (Umade) diusung PDIP

Jumlah pemilih : 24.315 jiwa
Jumlah TPS : 135


Klaim dan komentar tiga paket

"Terserah rakyat yang akan memilih pada hari H. Tapi kami yakin menang karena selama kampanye banyak warga yang datang mendukung kami".
--Drs. Umbu K Anagoga--


"Kami menargetkan bisa meraih 60 persen suara. Kami optimis karena selama masa kampanye mengelilingi Sumba Tengah, banyak massa yang mendukung kami. Ini dukungan riil. Kami mengharapkan daerah basis di Kecamatan Katikutana dan Mamboro, disamping Umbu Ratu Nggay. Kami siap menang, menang bermartabat dan kalah, kalah terhormat".
--Drs. Umbu Sappi Pateduk alias Umbu Bintang--


"Kami optimis menang 60 persen. Kami akan meraih suara terbanyak juga dari Kecamatan Umbu Ratu Nggay, karena calon Bupati, Ir. Obed Umbu Madiata keturunan dari wilayah itu. Tapi kami siap menerima apapun hasil pilihan rakyat".
--Tim sukses Umade, Abdullah Hadi--

Pos Kupang edisi Sabtu 6 September 2008 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes