Sutarto-Liontas Mendaftar

BORONG, PK -- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Manggarai menerima pendaftaran Ir. David Sutarto dan Drs. Agustinus Liontas sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Timur, Kamis (11/9/2008). Pasangan yang dikenal dengan sebutan paket Virgo ini didaftar Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pendaftaran ditandai dengan penyerahan berkas, di antaranya persyaratan dukungan, kepada anggota KPUD Manggarai. Selanjutnya, berkas persyaratan akan diverifikasi.

David Sutarto kepada wartawan, usai mendaftarkan diri di Sekretariat KPUD Manggarai, mengatakan, jika paket Virgo menang maka langkah pertama yang dilakukan adalah memerdekakan rakyat dan mereformasi birokrasi.

Sutarto yang saat itu didampingi Liontas mengatakan, reformasi birokrasi diperlukan karena selama ini birokrat belum bekerja secara profesional.

Hal lain yang dilakukan paket Virgo, lanjut Sutarto, adalah menggerakkan pembangunan mulai dari desa. Desa harus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hanya dengan itu cita-cita sejahtera bisa tercapai.


Sutarto mengatakan, visi misi pembangunan yang dikedepankan adalah komitmen kerakyatan. Rakyat harus diberi ruang yang cukup sehingga terlibat aktif dalam proses pembangunan. Selama ini, katanya, rakyat diposisikan pada level yang tidak tahu. Padahal rakyat memiliki potensi yang sangat besar dan menjadi aset penting dalam pembangunan.

"Mesin pembangunan ada di tangan rakyat. Karena itu saya sebagai petani akan memperjuangkan seluruh hak-hak itu sehingga terlibat dalam proses pembangunan. Selama ini rakyat dinilai tidak tahu padahal kita rakyat tidak diberi peluang yang tepat," katanya.

Paket Virgo yang mendaftar setelah melakukan deklarasi bersama rakyat di Aula Paroki Borong menegaskan, pola pembangunan selama ini cendrung mengabaikan peran serta rakyat. Paket Virgo memperjuangkan pembangunan, mendekatkan rakyat sehingga rakyat menjadi tuan rumahnya sendiri.

"Kita lihat dimana-mana ada pergeseran, rakyat apatis karena selama ini rakyat tidak diberi porsi yang pantas. Virgo berjuang agar rakyat harus menjadi pelaku pembangunan dan menjadi tuan rumah dalam proses pembangunan itu," kata Sutarto.

Dikatakan, sebagai daerah yang masih 'perawan' harus dipimpin oleh orang yang bersih. Hanya dengan itu dapat membawa Manggarai Timur ke arah yang lebih baik.

"Pemimpin yang baik harus revolusioner. Virgo bertekad membuat suatu perubahan bagi rakyat Manggarai Timur," ujar Sutarto. (lyn)

Pos Kupang 12 September 2008 halaman 8
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes