Tikam Kepala

ilustrasi
JANGAN salah duga. Tikam kepala bukan berarti ada peristiwa pembunuhan. Misalnya, Om Dorus menikam Ama Pe’u di bagian kepala hingga mengeluarkan darah.

Tanam kaki pun demikian. Tidak bermakna seseorang dengan sengaja menanam kakinya ke dalam perut bumi. Kalau tanam kaki benaran bisa dianggap sikap iseng berlebihan, bahkan bisa saja gila benaran. Ha-ha-ha….

Tikam kepala tanam kaki adalah cara orang Flores (yang menghuni Pulau Flores di Propinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia), melukiskan sikap kerja mereka. Tikam kepala artinya seseorang bekerja keras. Tanam kaki artinya siap hadapi segala tantangan. Jadi, tikam kepala tanam kaki mencerminkan etos manusia Flores dalam bekerja.

Sejatinya manusia Flores dan penghuni pulau-pula lain sekitarnya misalnya Adonara, Lembata, Solor, Palue, Pulau Ende adalah tipe pekerja keras. Meski demikian tetap saja ada yang kurang keras bekerja alias malas, kurang disiplin dan sebagainya. Juga dalam beberapa hal mereka kurang cerdas bekerja, sehingga meraih hasil kurang maksimal. *
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes