Mudik Lancar dan Selamat


ilustrasi
POS KUPANG.COM  - Harga tipet pesawat selangit, tiket kapal PT Pelni dan PT ASDP bahkan sudah habis terjual empat hari menjelang lebaran. Mereka yang terlambat membeli tiket harus batalkan rencana perjalanan, entah untuk mudik lebaran maupun sekadar liburan mengisi masa cuti bersama.

Penumpang pesawat udara maupun kapal melonjak drastis. Hampir semua maskapai penerbangan di negeri ini  mengajukan tambahan jadwal penerbangan alias extra flight.  PT Pelni dan PT ASDP pun menyiapkan kapal cadangan guna mengakomodir jumlah penumpang yang membludak.

Menyiapkan kapal cadangan itu antara lain diungkapkan General Manager PT ASDP Cabang Kupang, Burhan Zaim yang  ditemui wartawan  ketika memantau aktivitas di Pelabuhan Bolok, Selasa (20/6/2017). "Untuk ke Larantuka kita siapkan dua kapal, yaitu Ile Ape dan Ranaka. Kalabahi ada dua kapal juga yakni kapal  Ine Rie II dan Ile Mandiri," jelasnya.

Mahalnya harga tiket pesawat dan fakta tiket kapal yang sudah habis terjual itu kiranya bisa dimengerti lantaran lebaran tahun ini bertepatan dengan musim liburan sekolah. Animo orang untuk bepergian pun semakin besar setelah pemerintah pusat menambah  jatah lima hari cuti bersama hingga akhir Juni 2017. Dengan demikian terjadilah masa libur panjang kurang lebih 10 hari. Mereka yang mudik bahkan bisa lebih lama lagi masa liburnya bila ditambah dengan cuti kerja biasa.

Dalam dua pekan ke depan ini kita akan menyaksikan mobilitas manusia dan barang yang sangat tinggi frekwensinya  hampir di seluruh pelosok Nusantara. Awak moda transportasi darat, laut dan udara merupakan orang-orang  yang paling sibuk melayani. Mereka harus siap memenuhi permintaan masyarakat yang otomatis lebih besar dari biasanya.

Pengalaman menunjukkan kepada kita bahwa mudik  bukanlah kisah indah semata di Indonesia. Saban tahun selalu terjadi kecelakaan lalulintas yang menelan korban jiwa tidak sedikit. Ratusan nyawa hilang, air mata tumpah berderai.  Pun terjadi musibah di laut dan udara karena kesalahan manusia selain faktor alam. Utamakan keselamatan masih sebatas omongan di bibir, belum banyak bukti menggembirakan di lapangan. Angka kecelakaan mudik di Indonesia mencengangkan sekaligus menyayat hati.

Itulah sebabnya kita tiada henti mengingatkan agar awak moda transportasi jangan bermain-main dengan keselamatan penumpang. Periksa cermat kondisi kendaraan sebelum beroperasi. 

Pastikan  mobil, bus, kereta api, kapal laut dan pesawat udara dalam kondisi laik jalan. Terima penumpang sesuai kapasitas dan aturan yang berlaku. Yang rawan terjadi pelanggaran umumnya angkutan darat dan laut. Kerapkali kapal  memuat barang dan penumpang melebihi kuota seharusnya. Demi mengejar keuntungan mereka menomorduakan faktor keselamatan. Kita berharap mudik lancar dan selamat sungguh terwujud tahun  ini. Selamat berlibur.*

Sumber: Pos Kupang, 23 Juni 2017 halaman 4

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes