Sayonara Kenari 1 Kupang

Ruang kerjaku di Jl. Kenari 1
PERASAAN mengharu-biru itu akhirnya meluap di hari Jumat. Jumat malam 5 Januari 2018.  Malam itu setelah proses produksi redaksi untuk terbitan edisi Sabtu 6 Januari 2018, kami seluruh awak redaksi meninggalkan Jl. Kenari No. 1, Kelurahan Naikoten Kupang. Kami kemas barang dan bawa ke kantor baru di Jl. RW Monginsidi III, Kelurahan Fatululi Kupang. Jaraknya kurang lebih 7 km dari kantor lama.

Kantor di Jalan Kenari itu penuh kenangan istimewa buat saya. Tentu dirasakan pula kawan-kawanku sesama karyawan Pos Kupang.   Itu kantor Harian Pagi Pos Kupang kedua setelah kantor pertama di Jl. Soeharto No.53 Kupang (akhir 1992- awal 1995).  Kami berkantor di Jl. Kenari sejak tahun 1995.

Selama 23 tahun bangunan  rumah toko (ruko) itu merupakan kantor sekaligus rumah kedua bagiku dan teman-teman.

Dua puluh tiga tahun bukan waktu yang singkat. Lebih dari separuh masa pengabdianku sebagai wartawan Pos Kupang bermarkas di gedung dua lantai yang bersebelahan dengan Pasar Inpres Naikoten I Kupang ini.

Itulah sebabnya ketika Jumat malam 5 Januari 2018 itu kami terpaksa meninggalkannya karena sudah miliki gedung kantor baru di kompleks Lippo Mall Plaza Fatululi Kupang, ada perasaan yang tergores. Hanya ucapan terima kasih yang bisa saya persembahkan untuk tempat yang luar biasa ini dan lingkungannya.

Ketika Pos Kupang berusia 25 tahun (1 Desember 2017) dan bergerak menuju usia ke-26, kami pindah ke gedung kantor baru di Fatululi yang lebih nyaman dan memang dirancang khusus untuk kantor sebuah penerbitan koran.

Jumat malam 5 Januari 2018
Secara pribadi dan bersama rekan-rekan saya merasa  bangga, bersyukur dan bahagia. Ya, bersyukur kepada yang Maha Pengasih karena  bisa memberi secuil  kontribusi untuk hadirnya tempat baru yang lebih representatif.

Sebagai orang yang terlibat sejak koran ini pertama kali hadir di Nusa Tenggara Timur  (NTT)  1 Desember 1992,  kami setidaknya mewariskan sesuatu yang lebih baik kepada generasi penerus Pos Kupang.

Sejak tanggal  6 Januari 2018 produksi berita Pos Kupang mulai dari kantor baru di Fatululi, samping RSU  Siloam Kupang. Bau cat masih terasa menyengat. Toilet bersih.  Ruangan ber-AC. Kursi dan meja kerja yang baru. Cuma perangkat komputer masih yang lama dan lelet  (hahahahaa....)

Sipri Seko, Ferry Jahang dan Novri Nuban
Kami pindah hanya dua hari sebelum acara peresmian kantor baru. Dua pekan sebelumnya, teman-teman percetakan sudah lebih dulu pindah ke kantor baru. Senin 8 Januari 2018 kantor baru diresmikan.

Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr memimpin perayaan misa peresmian gedung kantor baru Pos Kupang  bersama Romo Rudi Tjung Lake, Pr,   Romo Maxi un Bria, Pr,  Pater Philipus Tule,SVD  dan Pater Edu Dosi, SVD. Yang Mulia Uskup Agung Kupang memberkati ruang kerja kami yang baru. Kami bersyukur atas kehadiran beliau.

Hadir pimpinan kami dari Jakarta yaitu Wakil CEO Media Grup, Bapak Sentrijanto dan Wakil Pemimpin Umum Pos Kupang, Ciptyantoro.  Hadir juga Komisaris  PT Timor Media Grafika, Damyan Godho dan Direktur Utama PT Timor Media Grafika, Fauzan Marasabesy yang datang dari Bali.

Bildad Lelan dan Yuven Helmi
Tak ketinggalan para  undangan yang merupakan para mitra dan kolega kami. Memang banyak yang tak sempat hadir karena saat yang sama ada kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kupang. Jokowi yang rajin blusukan ke NTT memang sedikit 'mengacaukan' agenda kami.  Hmm

Hari Senin 8 Januari  yang istimewa dan unik. Dua kali saya "memaksa"  Walikota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore datang ke kantor baru untuk tanda tangan prasasti. Cerita singkatnya begini.

Ketidakhadiran Pak Jefri pada Senin pagi kami maklumi karena beliau harus menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kota Kupang serta pada pukul 11.00 Wita dalam kapasitasnya sebagai ketua DPD Partai Demokrat NTT -- mengantar pasangan Benny K Harman-Benny Litelnoni ke kantor  KPU NTT untuk mendaftar sebagai paslon Gubernur-Wagub NTT.

Dafris bongkar komputer di ruang kerjaku
Kira-kira jam 11.30 Wita saya misscall beliau. Satu jam kemudian dapat balasan via WA, bagaimana Pak Dion? Saya sengaja tidak langsung menjawab. Eh kira-kira pukul 13.30 Wita telepon masuk dari staf protokol Setda Kota yang memberitahu bahwa Pak Jefri sedang meluncur ke kantor baru Pos Kupang.

Saya tidak menyangka dapat kejutan itu. Lima menit kemudian Pak Jefri benar- benar sudah di depan kantor baru kami yang jalannya masih becek selepas hujan. Dengan gayanya yang santai Pak Jefri masuk ke dalam kantor, menyalami teman- teman. Mengucapkan selamat kepada kami menempati gedung kantor yang baru.

Niko Sine dan Iyan Wonga
Saat itu di kantor unsur pimpinan hanya saya sendiri. Pemimpin Perusahaan, Marina Napitupulu ada urusan di luar kantor. Pimpinan kami dari Jakarta, Pak Sentrijanto dan Ciptyantoro pun sudah pulang ke Hotel Aston untuk beristirahat sejenak karena pada pukul 16.00 ada acara lagi yaitu gathering bersama agen dan pengecer.

Saya sempat tergoda untuk langsung memberi kesempatan Pak Jefri menandatangani prasasti peresmian yang sudah kami siapkan. Toh beliau sudah datang. Tapi saya tersadar bahwa penandatanganan prasasti itu mesti "diacarakan" dan harus disaksikan pimpinan kami dari Jakarta, komisaris, direksi.

Maka saya pun dengan agak memaksa meminta Pak Jefri berkenan datang lagi ke kantor pukul 16.00 Wita. Walikota Kupang yang baru menjabat lima bulan lebih itu langsung mengiyakan. "Aman sa kaka Dion, nanti sore beta datang lagi," kata Pak Jefri dalam dialek Kupang.

Dan, beliau menepati janjinya. Setelah semua persiapan kami beres, pada pukul 16.30 Wita hari Senin 8 Januari 2018 itu, Pak Jefri kembali ke kantor baru kami dan menandatangani prasasti disaksikan  Pak Sentrijanto, Ciptyantoro, Fauzan,  karyawan Pos Kupang, para agen dan pengecer. Acara malah berlangsung seru. Pak Jefri sempat berdialog dengan para agen dan pengecer.

Kantor baru kami ini menorehkan tanggal cantik. Peletakan batu pertama pembangunan kantor Pos Kupang pada tanggal 7 Juli 2017 (7-7-17) oleh Direktur Group of Regional Newspapers, Bapak Herman Darmo.

Peresmiannya pada 8-1-18 ditandai misa syukur dipimpin oleh Yang Mulia Uskup Agung Kupang dan penandatanganan prasasti oleh Walikota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore. Kantor baru kiranya memberi spirit baru untuk lebih baik. Terima kasih Jl. Kenari 1 Kupang.  (dion db putra)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes