Deklarasi Jurnalis Dukung Pilkada Damai


Para wartawan nyatakan deklarasi
KUPANG, PK  -Para jurnalis NTT yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kupang melakukan deklarasi Pilkada yang damai di Restoran Nelayan Kupang, Rabu (21/2/2018). Deklarasi ini  merupakan kerja sama jurnalis dengan Polda NTT.

Kapolda NTT, Irjen Pol Raja Erizman dalam sambutannya meminta insan pers agar tetap memberitakan informasi  yang menyejukkan agar terhindar dari konflik dan situasi Kamtibmas bisa terjaga.

"Situasi politik tingkat nasional dan regional ini mulai menunjukkan geliat. Saya sangat berharap dukungan rekan-rekan pers agar kita sama-sama menjaga situasi politik tetap sejuk, Pilkada juga berjalan lancar," ucap Kapolda Raja saat memberi sambutan pada deklarasi ini.  Kapolda berharap deklarasi yang telah disampaikan ini bisa dijalankan dengan baik.

Mewakili komunitas pers di NTT, Dion DB Putra mengatakan, pers sebagai pisau bermata dua yang bisa membesarkan kasus yang kecil dan sebaliknya. Hal-hal sepele bisa memiliki dampak yang besar. Deklarasi ini merupakan wujud komitmen untuk Pilkada damai.

"Deklarasi ini adalah janji kita kepada Polri dan masyarakat dalam hal pemberitaan yang positif dan tidak menjadi penyebab hoax. Tensi politik saat ini cukup panas. Jadi saya minta kita untuk tidak mem-blow up sesuatu yang membuat ketersinggungan," ucap Ketua PWI NTT ini.

Pemimpin Redaksi Harian Pagi Pos Kupang ini juga berharap Pilkada NTT nanti bisa menjadi contoh daerah lain. Bila  terjadi konflik, maka pers harus menjadi garda paling depan bersama kepolisian untuk meredakan. (aa)

DEKLARASI PILKADA DAMAI:
1. Mendukung terciptanya pelaksanaan Pilkada yang damai dengan mengedepankan pemberitaan yang berimbang, sesuai kode etik jurnalistik

2. Mengedepankan netralitas dalam setiap pemberitaan dan  mengutamakan kepentingan publik serta tidak memanfaatkan profesi untuk kepentingan pribadi.

3. Mendukung Polda NTT bersama jajaran dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif selama Pilkada.

Sumber: Pos Kupang 22 Februari 2018 hal 12
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes