Misa 100 Tahun Gereja Katolik Manggarai

Gereja Katedral Ruteng, Manggaai, NTT (istimewa)
UMAT Katolik Manggarai, Nusa tenggara Timur, Minggu 21 Oktober 2012 menggelar Misa Agung puncak perayaan Jubileum 100 tahun Gereja Katolik Manggarai. Perayaan Ekaristi ini dipimpin Uskup Ruteng Monsignur Hubert Leteng.

Misa Agung ini dihadiri sedikitnya 30 ribu umat Katolik, ratusan pastor dan biarawan-biarawati Katolik. Sejumlah tokoh umat lintas agama juga menghadiri Misa Agung ini.

Hadir Juga dalam misa Jubileum ini, Duta Besar Vatikan Antonio Filipazzi, Ketua Kongres Wali Gereja Indonesia Monsignor Martinus Situmorang, Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi. Misa Selebran ini berlangsung aman dan khidmat di bawah pengamanan ketat ratusan aparat kepolisian.

Dalam sambutannya, Uskup Ruteng menjelaskan perkembangan umat dan Gereja Katolik di bumi Congka Sae Keuskupan Ruteng, mulai dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Kabupaten Manggarai Barat sangat fantastis. Kini jumlahnya mencapai 750 ribu orang dari hanya 5 orang pada tahun 1912.

"Keuskupan Ruteng merupakan Dioses atau keuskupan terbesar dengan  jumlah umat Katolik terbanyak di Indonesia" Kata Monsignur Hubert Leteng.

Uskup Hubert Leteng menambahkan, Misionaris Gereja Katolik dari Keuskupan Ruteng yang mengabdi di luar negeri jumlahnya lebih dari dua ratus orang yang tersebar di 33 negara. Sementara jumlah tarekat Katolik yang bertugas di wilayah Keuskupan Ruteng berjumlah 52 tarekat, termasuk kongregasi Suster dan Bruder.

Uskup yang dikenal sebagai Imam Ekologis ini, dalam pesan Jubileumnya mengajak seluruh umat beragama di Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat untuk tetap menjaga kerukunan yang telah dibina sejak lama.

”Saya mengajak seluruh umat beragama, untuk tetap menjaga kerukunan dan keharmonisan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara secara umum,dan toleransi di Manggarai Raya khususnya” ucap Uskup Huber Leteng.

Sementara itu Menteri Pertahanan yang mewakili Pemerintah Republik Indonesia mengajak seluruh Umat Katolik, baik di keuskupan Ruteng dan seluruh Umat Katolik di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan peran serta dalam pembangunan bangsa. Menhan mengajak para tokoh Agama di tanah air agar menjadi pilar pemersatu bangsa di tengah kemajemukan kehidupan umat beragama di Indonesia. (*)

Sumber: VivaNews

Terkait

Ibu Ani Yudhoyono Pakai Kain Songke Manggarai
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes