Inilah Hasil Pilkada Flores Timur 2017

ilustrasi
DUA bola mata Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Flores Timur (Flotim),  Ernesta Katana tampak memerah dan berkaca-kaca. Nada bicaranya juga serak-serak saat memberikan sambutan usai pleno penetapan bupati dan wakil bupati terpilih Flotim,  Antonis Gege Hadjon dan Agustinus Payong Boli di halaman Kantor KPUD Flotim,  Kamis (16/3/2017).

Erni, demikian sapaan akrab Ernesta,  bicara sangat pelan mengungkapkan isi hatinya selama proses dan tahapan pemilihan bupati Flotim sampai pada puncaknya penetapan pasangan calon (paslon)  terpilih. "Dalam proses yang begini panjang, ada perbedaan pilihan politik masyarakat. Namun persaudaraan dan kekeluargaan masyarakat Flotim terjaga sampai saat ini," kata Erni memberi alasan mengapa ia terharu.

Ia melukiskan hasil pemilihan bupati Flotim sebagai restu Tuhan dan Lewotanah Flotim dan tanpa indikasi kecurangan sedikit pun. Tidak pula ada keberatan dari pasangan calon yang belum direstui masyarakat Flotim menjadi bupati.

Meski ada keberatan di luar perolehan suara, bagi KPUD, kata Erni, hal itu merupakan dinamika  biasa dalam politik. KPU sebagai penyelenggara juga bisa mempertanggung jawabkan secara regulasi terhadap keberatan paslon.

Disaksikan Pos Kupang, pleno penetapan bupati dan wakil bupati Flotim terpilih periode 2017-2022 berlangsung dalam suasana sederhana. Bupati Flotim terpilih Anton Hadjon hadir bersama istri dan Wakil Bupati terpilih Agus Payong Boli. Hadir pula Ketua Panwaslih Flotim,  Rofin Kopong, Penjabat Bupati Emanuel Kara, Sekretaris Daerah Anton Tonce Matutina, Ketua DPRD Flotim Yoseph Sani Bethan, Kapolres Flotim AKBP Yandri Irsan, Kasdim 1624/Flotim Mayor Inf  Muhamad Yamin, Ketua Pengadilan Larantuka Setyo Yoga Siswantoro.

Tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan ikut menyaksikan penetapan bupati terpilih.  Perwakilan paslon lain yang hadir hanya DOA EMA (Yoseph L Herin-Marius Payong Pati)  diwakili Ketua RPRD Flotim Yoseph Sani Bethan. LURUS (Lukman Riberu - Marianus Arkian Bulin)
diwakili Marthinus Kudu Ipir dan RUMAH KITA (Yoseph Usen Aman-Michael Fernandez) diwakili Gerard Bacenty. Tidak ada perwakilan dari Paslon ANDE-PAUL (Andreas Ratu Kedang-Paulus Tokan) dan ANTERO (Anton Doni Dihen -Theodorus Wungubelen).

Marthinus Kudu Ipir meyakini kepemimpinan baru akan membawa Flotim pada suasana baru. "Kalau bicara masalah konkrit yah, di Kota Larantuka air dan listrik. Kalau di desa-desa, bupati terpilih mempunyai visi membangun desa menata kota, tinggal jalankan visi dan misi itu," kata Kudu Ipir.

Sekretaris tim pemenangan Rumah Kita, Gerard Bacenty menyatakan dukungan dan proficiat kepada bupati dan wakil bupati terpilih. Rumah Kita, kata Gerard memastikan pelaksanaan pilkada Flotim 2017 transparan dan jauh dari kecurangan.

Seusai penetapan bupati terpilih, Ernesta Katana bersama komisioner KPU Ajiz Tupen Peka, Fransiskus Vinsent Diaz, Kornelis Abon Tabi, Gregorius Sule Sanga dan sekretaris KPUD Flotim  Kondradus Liwu menggelar jumpa pers. Erni mengungkapkan,  KPU  segera menyerahkan berita acara penerapan bupati terpilih ke DPRD Flotim pada Jumat (17/3/2017) ini.

Kemenangan Bersama
Bupati terpilih Anton Gege Hadjon menyatakan kemenangan dirinya dan Agus Boli menjadi kemenangan bersama. Sebelum ia dan Agus Boli terpilih, ada Paket ANDE-PAUL, LURUS, DOA EMA, ANTERO, RUMAH KITA dan BEREUN. Tetapi saat ini hanya ada BEREUN sejati dalam arti sesungguhnya dari kata itu untuk bersama membangun Flores Timur.

Pada kesempatan tersebut, Anton Hadjon berbicara tentang laut dan perikanan Flores Timur. Kerusakan laut Flores Timur oleh aksi pengeboman ikan oleh nelayan telah merugikan nelayan sendiri. Selama pemerintahannya bersama Agus Boli, akan memastikan perlindungan terhadap laut Flores Timur. (lik)

Hasil Pilkada Flores Timur 2017
1. ANDE-PAUL (Andreas Ratu Kedang-Paulus Tokan): 7.319
2. LURUS (Lukman Riberu - Marianus Arkian Bulin): 22.859
3. DOA EMA (Yoseph L Herin-Marius Payong Pati)  : 16.999
4. ANTERO (Anton Doni Dihen -Theodorus Wungubelen) : 29.800
5. RUMAH KITA (Yoseph Usen Aman-Michael Fernandez): 11.613
6. BEREUN (Antonis Gege Hadjon dan Agustinus Payong Boli) : 32.947
Jumlah Suara Sah: 121.537







Sumber: Pos Kupang 17 Maret 2017 hal 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes