Uskup Donatus Berdampingan Dengan Uskup Longinus

Kubur Uskup Donatus
ENDE, PK – Dua uskup dimakamkan dalam posisi berdampingan di halaman kapela Istana Keuskupan Agung Ende di Ndona. Jenazah Uskup Emeritus Keuskupan Agung Ende, Mgr. Donatus Djagom, SVD akan dimakamkan di samping makam Mgr. Longinus da Cunha, Pr hari ini. Misa pemakaman di Gereja Katedral Kristus Raja-Ende, Jumat (2/12/2011) mulai pukul 08.00 Wita.

Vikjen Keuskupan Agung Ende (KAE), Rm. Cyrillus Lena, Pr, yang ditemui Pos Kupang di Sekretariat Keuskupan Agung Ende di Ndona, Kamis (1/12/2011), mengatakan usai misa akan dilanjutkan dengan prosesi perarakan peti jenazah Uskup Donatus dari Gereja Katedral Ende menuju lokasi penguburan di Ndona melalui rute, Jl. Katedral, Jl. Irian Jaya, Jl. Kelimutu, Jl. Gatot Subroto, Jl. Wolowona dan Ndona.

Rm. Cyrillus mengatakan, pihaknya sudah mengirim undangan untuk seluruh uskup di Nusa Tenggara, Bupati Ende, Bupati Ngada, Bupati Nagekeo (Wilayah KAE), Gubernur dan Wakil Gubernur NTT dan pejabat daerah lainnya. Ia mengatakan, paling tidak ada 200 tokoh yang khusus diundang mengikuti pemakaman hari ini.

“Uskup se-Nusa Tenggara siap hadir. Memang tidak semua tapi beberapa sudah ada di Ende. Pak Gubernur sendiri informasi yang kami peroleh akan hadir namun hanya untuk melayat tapi tidak ikut prosesi penguburan karena ada tugas lain,” kata Rm. Cyrillus Lena.

Ia menambahkan, umat katolik di Wilayah KAE tidak dibatasi untuk menghadiri prosesi penguburan sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada almarhum Mgr. Donatus Djagom. Namun, katanya, demi kelancaran prosesi, panitia berharap umat hadir sebelum prosesi pemakaman sehingga tidak mengganggu jalannya acara.

Pantauan Pos Kupang di Gereja Katedral Kristus Raja-Ende kemarin, misa untuk arwah Mgr.Donatus Djagom berlangsung pukul 17.00 Wita diikuti umat yang memadati Gereja Katedral. Sebelumnya, umat juga melakukan doa secara bergilir di depan jenazah almarhum Mgr. Donatus Djagom di Gereja Katedral Ende. Doa bergilir ini terus dilakukan sepanjang malam.

Sementara kubur yang berada di halaman depan kapela Istana Keuskupan Agung Ende di Ndona sudah selesai dikerjakan. Dipantau langsung oleh Rm. Cyrillus, pengerjaan kubur yang dilakukan secara sukarela oleh umat Katolik di Ndona berlangsung lancar.

Tenda berukuran raksasa yang dilengkapi dengan kursi juga sudah disiapkan di halaman kapela yang mungil itu. Mgr. Donatus Djagom, SVD meninggal dunia di Ndona pada hari Selasa (29/11/2011) pukul 13.00 Wita. Uskup kelahiran Bilas, Kabupaten Manggarai tersebut meninggal dunia dalam usia 92 tahun 6 bulan. (eko)

Pos Kupang, 2 Desember 2011 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes