Jokowi dan Lima Perempuan Tangguh

DI balik kesuksesan Jokowi menaklukkan hati mayoritas warga Kota Jakarta, terdapat lima  perempuan tangguh dan penuh kasih yang selama ini menyemangatinya. Para srikandi ini tak lelah mendukung pria kelahiran Solo 51 tahun lalu itu.

Pada 20 September 2012,  saat pertarungan Jokowi vs Foke mencapai puncaknya, para perempuan itu juga terlihat di sekitar Jokowi dengan mengenakan baju kotak-kotak. Mereka adalah ibu Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo (70) dan tiga adiknya, Iit Sriyatini (47), Ida Yati (46) dan Titi Ritawati (44). Istri Jokowi, Iriana, pada hari itu dikabarkan ada di Jakarta, namun tidak terlihat di depan wartawan. Iriana baru terlihat di televisi pada Jumat 21 September 2012, mendampingi suaminya di Solo.

Ibu dan tiga adik Jokowi tiba dari Solo pada Rabu 19 September 2012. Setelah doa bersama di Posko Pemenangan di Jl Borobudur 22, Jakarta Pusat, keempatnya menginap di Rumah Saya milik pengusaha Rio Sarwono di Pasar Minggu, yang selama ini juga diinapi Jokowi. "Itu pun kami masih terus ngobrol ngalor-ngidul hingga pukul 3 dini hari," kata Iit seperti diberitakan Harian Detik edisi Minggu 23 September 2012.

Jokowi dan istrinya
Dua jam terlelap, mereka lantas beraktivitas seperti menemani Jokowi sarapan nasi bungkus dengan menu nasi uduk dan lauknya. Jokowi yang kala itu memakai baju kotak-kotak lantas berganti dengan kemeja putih. Jokowi lantas mengadakan sungkeman kepada ibunya, meminta doa restu sebelum berangkat ke rumah Megawati di Kebagusan guna menemani Megawati nyoblos.

Empat perempuan itu menemani Jokowi saat pengusaha mebel itu berkampanye putaran II pada 14-16 September 2012.  Bagi Iit dan adik-adiknya, kemenangan Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta merupakan awal untuk bekerja keras karena harus membawa perubahan untuk Jakarta yang lebih baik. "Mas Joko adalah orang yang bisa memegang janji," kata Iit.

Ida menambahkan, Jokowi adalah sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Begitu ayah mereka meninggal pada tahun 2000, Jokowi-lah yang mengambil peran sebagai bapak bagi adik-adiknya. Sebab Jokowi adalah anak sulung dan anak lelaki satu-satunya di keluarga mereka.

Di mata Ida, Jokowi adalah kakak yang sabar. Meski Jokowi dalam keadaan marah, adik-adiknya tidak pernah mendengar Jokowi mengeluarkan kata-kata kasar. "Karena, kalau dia marah, dia diam," katanya.

Kalau menegur pun, Ida menambahkan, biasanya dalam gaya bertutur sopan dan halus. Selain penyabar, Titi menambahkan, Jokowi adalah pekerja keras. Salah satu yang paling melekat dalam ingatannya adalah saat Jokowi menasihati agar dia mencari calon suami yang punya bekal ilmu agama yang bagus, berkepribadian baik, jujur dan bertanggung jawab.

Air Mata Sang Istri
Perempuan kelima tentu saja Iriana, istri Jokowi. Air mata Iriana seketika menetes saat Joko Widodo (Jokowi) mencium lembut pipinya, Jumat (21/9/2012) sore, di rumah dinas walikota Solo, Loji Gandrung.  Jokowi mengusap kening istrinya, seolah sudah tak bertemu lama.

Nuansa kemesraan, meski malu-malu, memang tampak saat Iriana menyambut kehadiran Jokowi dari Jakarta. Di tengah ingar-bingar yel-yel simpatisan Jokowi, tingkah pasangan ini seakan memberi kesejukan tersendiri. "Udah, gitu aja kok disorakin," ujar Jokowi saat memeluk lengan sang istri. Para kuli tinta yang sejak siang menunggu di Loji pun tergelak.

Barangkali sentuhan lembut inilah yang hilang saat Jokowi bertarung habis-habisan di Ibu Kota. Setelah tiba di Loji Gandrung, sekitar pukul 15.40 WIB, Jokowi mengaku ingin langsung istirahat ditemani jamu ramuan istrinya. "Butuh tidur semalam. Jamunya nanti yang buatkan istri saya, jamu temu lawak dan madu," ujarnya sambil tersenyum.

Sebelum sampai di rumah dinasnya, gubernur terpilih DKI Jakarta versi quick count ini sempat diarak naik becak dari Lapangan Kotta Barat. Pemandangan itu sontak disambut gegap gempita warga Solo yang berada di sekitar Jl Slamet Riyadi. Kepada warga Solo, Jokowi mengaku sangat berterima kasih atas doa yang diberikan selama ini. "Ucapan terima kasih terbesar saya untuk warga Solo yang telah memberi doa. Saya tidak bisa memberikan apa-apa kecuali ucapan terima kasih," tutur Jokowi yang sore itu mengenakan batik parang warna cokelat. Jokowi menambahkan, pada Minggu (23/9/2012) pagi, dirinya siap menemui warga Solo di car free day.

Peraih Charta Politica Award ini lega proses Pilkada DKI berjalan aman dan sukses. Ia semakin plong saat Foke mengaku siap membantunya dalam membangun Jakarta. "Sempat telepon-telepon, minta dibantu dalam melaksanakan tugas. Ya Foke katanya siap membantu memetakan tugas dan masalah yang ada di Jakarta," ujarnya.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih, yang turut menyertai kepulangan Jokowi, mengaku bangga dengan prestasi kader PDI P tersebut. Menurutnya, kememangan Jokowi menegaskan potensi Jawa Tengah sebagai penghasil pemimpin yang berkarakter. "Bangga ada kepala daerah dari Jateng menang di provinsi yang sangat bergengsi di Indonesia. Semoga ini menjadi inspirasi seluruh daerah agar melakukan Pilkada bersih dan menang dengan cara-cara elegan," kata mantan Bupati Kebumen itu. (*)

Sumber: detik.comdetik.com dan solopos
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes