Duta Keluarga Bernama Beckham...

David Beckham bersama istri dan anak-anak (dailymail)
Catatan  Sepakbola Dion DB Putra

BUKAN
sekadar basa-basi bila salah seorang striker legendaris Inggris, Garry Lineker mengeluarkan pernyataan demikian ketika David Beckham memutuskan pensiun dari sepakbola tanggal 16 Mei 2013. "David Beckham seorang pemain hebat, superstar dunia dan duta agung untuk Inggris dan sepakbola."

Duta agung untuk Inggris dan sepakbola. Frase ini hampir sempurna melukiskan sosok Beckham bagi masyarakat Inggris. Di tengah meredupnya penghormatan atas institusi perkawinan, David Beckham yang tersohor serta kaya raya itu malah sepi dari gosip. Dia tetaplah suami yang setia, ayah yang baik bagi anak-anaknya.   Di mata Beckham harta yang paling berharga adalah keluarga dan istana yang paling indah adalah keluarga.

Untuk pria dengan tingkat  popularitas beda tipis dari Ratu Inggris,  David Beckham bisa berbuat apa saja sesuka hatinya. Bisa saja dia meniru gaya hidup pesohor lainnya di jagat bola Inggris yang suka gonta-ganti pasangan hidup atau berselingkuh meski masih terikat pernikahan resmi dengan istrinya.

Sebut misalnya bintang Inggris Wayne Rooney yang berhubungan intim dengan wanita PSK tatkala istrinya Coleen sedang hamil. The Sun  bahkan mencatat, sedikitnya  enam wanita cantik yang menjadi selingkuhan Rooney. Salah satunya Jennifer Thompson yang pertama kali mengungkap perselingkuhannya dengan ujung tombak andalan tim Setan Merah tersebut bulan September 2010.

Bintang Manchester United (MU)  Ryan Giggs pun tak luput dari  skandal seks dengan perempuan lain.  Demikian pula kapten timnas Inggris dari klub Chelsea John Terry yang harus kehilangan ban kapten kebanggaan itu karena kasus perselingkuhannya terkuak ke publik.

Sebagai pemain bertalenta istimewa serta salah satu atlet terkaya di dunia David Beckham mestinya bisa melakukan apa saja dengan semua kemewahan duniawi tersebut. Namun, sejarah sudah mencatat selama berkarier di lapangan bola 20-an tahun David Beckham jauh dari tindakan tidak terpuji tersebut.

Beckham nyaris bersih dari persingkuhuan.Untuk masyarakat Barat yang sangat permisif dalam urusan gonta-ganti pasangan hidup, David Beckham bersama istrinya Victoria Adams merupakan pengecualian yang unik. Keduanya memiliki karier yang gemilang di bidang berbeda.

Victoria adalah penyanyi pop ternama, personel band Spice Girls. Kerapkali juga tampil di cat walk sebagai model iklan produk terkenal dunia.  Beckham pemain bola yang membuat banyak perempuan jatuh cinta, baik karena keterampilannya mengolah si kulit bundar maupun kepribadiannya yang gentleman.  Namun, komitmen  Beckham-Adams sebagai suami dan istri tak tergoyahkan hingga kini mereka dikaruniai empat anak, tiga pria dan seorang putri yang cantik. Anak laki-laki diberi nama Broklyn Joseph, Romeo James, dan Cruz David, serta anak perempuan bernama Harper Seven.

Itulah sebabnya masyarakat Inggris menaruh hormat yang tinggi bagi keluarga ini. Pasangan yang menikah tahun 1999 itu memberi inspirasi untuk keluarga-keluarga di manapun bahwa keterkenalan, kekayaan yang melimpah ruah bukan segalanya. Kebahagiaan tidak ditakar dengan duit serta seberapa jauh popularitas.  Keluarga adalah yang terpenting dan kesetiaan menjadi kunci perekatnya. Kesetiaan itu membahagiakan. Maka tepatlah komentar Garry Lineker bahwa David Beckham adalah duta agung keluarga selebriti dari Britania Raya.

Tidak banyak pemain hebat memiliki keluarga yang hebat. Beckham dengan demikian telah memberikan sumbangan berharga bagi industri sepakbola yang gemerlap itu melalui komitmennya yang luar biasa untuk keutuhan keluarga.

Mudah-mudahan pemain kelahiran Leytonstone pada tanggal 2 Mei 1975 tersebut tetap konsekwen pada janji suci pernikahannya meskipun dia kini bukan lagi pemain aktif. Dunia masih menunggu apa langkah Beckham di masa depan. Agaknya dia tak akan menjauh dari sepakbola yang telah membesarkan sosoknya.

                                                                                 ***
DI
mata rekan pemain maupun pelatihnya, David Beckham merupakan sosok yang menyenangkan, baik di dalam maupun di luar lapangan bola. Sejak memulai debut sebagai pesepakbola bola profesional tahun 1995, dunia akan selalu mengenang Beckham sebagai pemain dengan tendangan bebas super akurat.

Dia sangat piawai saat mengeksekusi bola-bola mati baik di bibir kotak penalti maupun dari tengah lapangan. Cukup sering tendangan bebasnya menghasilkan gol spektakuler. Beckham pun jago memberi assist bagi rekannya. Bola-bola yang disodorkan Beckham begitu memanjakan pemain depan saat mencetak gol.

Beckham mencetak gol yang spektakuler ketika MU  melawan Wimbledon pada 17 Agustus 1996. Dari tengah lapangan, Beckham melepaskan tendangan yang membuat kiper Neil Sullivan hanya terperangah karena tak mampu menjangkau bola yang melesat ke gawang. Itu sekadar contoh kepiawaian Becks!

Dia pun mengalami saat-saat sulit. Tahun 1998, Beckham mengalami hari yang kelam di Piala Dunia karena mendapatkan kartu merah saat Inggris melawan musuh bebuyutannya  Argentina. Beckham yang tidak sanggup mengontrol emosi,  menendang Diego Simeone. Dalam duel ini, Inggris kalah adu penalti dan publik Inggris menyalahkan Beckham karena dinilai sebagai biang kegagalan The Three Lions. "Beckham musuh nomor satu Inggris!" demikian judul headline koran-koran Inggris saat itu. Beckham belajar banyak dari kesalahan itu hingga dia mencatatkan namanya sebagai pemain Inggris pertama yang mencetak gol di tiga Piala Dunia secara berturut-turut, yakni tahun 1998, 2002, dan 2006.

Selama kariernya yang panjang David Beckham memang gagal ikut mengantar Inggris berjaya di level kejuaraan antarnegara seperti Piala Eropa dan Piala Dunia.  Namun, prestasinya bersama klub tergolong fantastik.

Beckham mengawali karier di klub Manchester United (MU) tahun 1993. Sepuluh tahun bermandikan gelar bersama Setan Merah, ia melanjutkan kariernya di Real Madrid (Spanyol), Los Angeles Galaxy (AS), AC Milan (Italia) dan Paris Saint-Germain (PSG) - Perancis. Beckham adalah satu-satunya pemain Inggris yang berhasil memenangkan trofi di empat negara berbeda (Inggris, Spanyol, AS, dan Perancis). Tidak banyak pemain Inggris yang melanglang buana seperti Beckham.

Hingga memutuskan pensiun 16  Mei 2013, David Beckham tercatat tampil sebanyak 671 kali sebagai pemain utama di klub yang dia bela. Sembilan belas trofi dia koleksi, 10 di antaranya trofi juara liga. Dia pun pernah menikmati kemenangan di Liga Champions bersama MU tahun 1999. Sejak memulai debutnya melawan Moldova tahun 1996, Beckham tercatat membela tim nasional (timnas) Inggris sebanyak 115 kali dengan menyumbang 17 gol. Gol pertama dia cetak saat Inggris melawan Kolombia pada putaran final Piala Dunia 1998.

Mantan bintang Manchester United, Steve Bruce memuji konsistensi Beckham. "David adalah pemain hebat dan pria yang menyenangkan. Saya beruntung pernah bersamanya saat ia memulai karier di United dan melihatnya berkembang sebagai bakat yang fenomenal," kata direktur klub Hull City ini seperti dikutip Goal.

Ia pun mengapresiasi kontribusi Beckham baik untuk klub maupun timnas Inggris. "Ia memberikan kredit bukan hanya untuk klub dan timnas, tapi juga untuk dirinya sendiri. Tak peduli apa pun yang terjadi dalam hidupnya, hasratnya untuk bermain sepak bola tak pernah padam," kata Bruce.

Manajer Arsenal dan Tottenham Hotspur George Graham menilai Beckham sebagai teladan bagi pemain muda. "Dengan dedikasi untuk setiap pertandingan dan menjalani kehidupan, Beckham adalah teladan luar biasa untuk para pemain muda. Bukan hanya di sepak bola,  tapi juga di olahraga lain," kata Graham.

"Ada banyak sekali momen penting dalam kariernya, tapi saya membayangkan salah satu kenangan yang mungkin paling menyenangkan untuk Beckham adalah ketika ia mencetak gol menit terakhir melawan Yunani di Old Trafford dan memastikan Inggris lolos ke Piala Dunia 2002. Ia mungkin tak diberkahi talenta seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo, tapi ia telah memanfaatkan bakatnya semaksimal mungkin," demikian Graham.

Adapun mantan pemain Manchester United Sammy McIlroy mendukung keputusan Beckham untuk pensiun setelah menjuarai Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain. "Pastinya sulit bagi Beckham membuat keputusan ini karena ia sangat mencintai sepakbola. Tapi saya rasa ia pergi di saat yang tepat. Saya melihatmya bermain untuk PSG di Liga Champions melawan Barcelona dan ia tak terlalu bagus. Beckham selalu punya standar tinggi dan di umur 38 mungkin ia sudah tahu bahwa ia tak bisa memenuhi standar itu," kata McIlroy.

Lalu apa komentar Beckham tentang keputusannya pensiun? "Saya merasa saat ini waktu yang tepat untuk mengakhiri karier bermain di level tertinggi. Saya bahagia bermain dan memenangkan trofi bersama Manchester United. Bangga menjadi kapten, bermain untuk negaraku lebih dari seratus kali dan membela beberapa klub besar dunia. Saya ingin mengatakan... itu  fantastik! Saya beruntung bisa mewujudkan impian-impianku," demikian Beckham.  (*)

Kairagi Manado, dinihari 18 Mei 2013.  Spesial for penggemar Becks di mana saja berada.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes