Profil Joe Biden (1): Menjadi Senator pada Usia 29 Tahun

 


Joe Biden 

Joseph Robinette Biden Jr atau akrab disapa Joe Biden akan dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat  ( AS) tanggal 20 Januari 2021.

Dalam pemilihan presiden Amerika Serikat  ( Pilpres AS ) bulan November 2020,  pria kelahiran 20 November 1942 ini mengalahkan presiden petahana Donald Trump.

Menelusuri profil Joe Biden, kita akan mengetahui bahwa dia  bukanlah orang baru di pemerintahan Amerika Serikat.

Politisi Partai Demokrat itu sudah makan asam garam. Pengalamannya segudang. Dia terjun di panggung politik sejak usia masih belia.

Joe Biden menjabat sebagai wakil presiden ke-47 AS  selama dua periode pemerintahan Presiden Barack  Obama 2009-2017. Dia bahkan sudah mewakili Delaware di Senat Amerika Serikat sejak tahun  1973 hingga 2009.

Joe Biden dibesarkan  di Scranton, Pennsylvania, dan New Castle County, Delaware. Dia belajar di University of Delaware sebelum memperoleh gelar sarjana hukum dari Syracuse University pada tahun 1968. 

Menurut catatan wakipedia,  tahun 1970 Joe Biden terpilih sebagai Penasihat New Castle County. Dua tahun kemudian dia menjadi senator termuda keenam dalam sejarah  Amerika.

Joe Biden  yang kini  berusia 78  akan  menjadi presiden tertua dalam sejarah AS.

Joe Biden  terpilih menjadi Senat AS dari Delaware tahun 1972. Saat itu umurnya baru  29 tahun. Cukup lama dia menjadi anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat hingga  menjadi ketua komite. 

Joe Biden menentang Perang Teluk  tahun 1991 dan mendukung perluasan aliansi NATO ke Eropa Timur dan intervensinya dalam Perang Yugoslavia tahun 1990-an. 

Dia mendukung resolusi yang mengesahkan Perang Irak pada tahun 2002, dan kemudian menentang gelombang pasukan AS  tahun 2007. 

Biden  memimpin Komite Kehakiman Senat AS tahun 1987 hingga 1995, menangani banyak masalah semisal kebijakan narkoba, pencegahan kejahatan, dan kebebasan sipil. 

Pun memimpin upaya mengesahkan UU Pengendalian Kejahatan dan Penegakan Hukum dengan Kekerasan dan UU Kekerasan terhadap Perempuan; mengawasi enam sidang konfirmasi Mahkamah Agung AS, termasuk persidangan kontroversial untuk Robert Bork dan Clarence Thomas.

Joe Biden sudah lama berjuang menuju Gedung Putih. Kegagalan mewarnai langkahnya.  Dia gagal mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Demokrat pada tahun 1988. Kegagalan serupa terjadi lagi sepuluh tahun kemudian (2008).

Joe Biden enam kali terpilih menjadi anggota Senat AS. Dia merupakan senator paling senior keempat saat mengundurkan diri untuk menjabat sebagai wakil presiden tahun 2008. Joe Biden dan Obama terpilih kembali pada Pilres AS  2012. 

Sebagai wakil presiden, tugas Joe  Biden mengawasi belanja infrastruktur tahun 2009 untuk melawan Resesi Hebat. 

Dia merupakan negosiator ulung.  Negosiasinya dengan anggota Kongres dari Partai Republik meloloskan undang-undang termasuk Undang-Undang Bantuan Pajak 2010, yang menyelesaikan kebuntuan perpajakan; Undang-Undang Pengendalian Anggaran tahun 2011  dan American Taxpayer Relief Act of 2012.

Dia memimpin upaya  mengesahkan perjanjian New START Amerika Serikat – Rusia dan membantu merumuskan kebijakan AS terhadap Irak melalui penarikan pasukan AS tahun 2011. 

Setelah kasus  penembakan Sekolah Dasar Sandy Hook, dia memimpin Gugus Tugas Kekerasan Senjata. Pada Januari 2017, Obama menganugerahi Biden Presidential Medal of Freedom.

Pada bulan April 2019, Joe Biden mengumumkan pencalonannya dalam pemilihan presiden AS 2020 melawan Presiden Donald Trump dari Partai Republik.

Bulan Juni 2020, Joe Biden  mencapai ambang batas delegasi yang diperlukan untuk mengamankan pencalonannya dari Partai Demokrat.

Pada bulan Agustus 2020, ia mengumumkan pilihan Senator Kamala Harris dari California sebagai pasangan calon wakil presiden. Pilihan yang tepat. Pasangan Biden-Harris = meraih dukungan suara mayoritas pada Pilpes AS 3 November 2020.

Anak Tertua

Joseph Robinette Biden Jr  lahir pada  20 November 1942  di Rumah Sakit St. Mary di Scranton, Pennsylvania. 

Joe Biden merupakan buah kasih pasangan Catherine Eugenia "Jean" Biden  dan Joseph Robinette Biden Senior. 

Sebagai anak tertua dalam keluarga Katolik, Joe Biden memiliki seorang saudara perempuan, Valerie, dan dua saudara laki-laki bernama Francis dan James. 

Ibunya Jean adalah wanita keturunan Irlandia, sedangkan ayahnya Joseph Biden Sr  memiliki keturunan campuran Irlandia, Inggris, dan Prancis. 

Ayah Biden awalnya berkecukupan  lalu mengalami  masalah  keuangan tak lama setelah kelahiran Joe  Biden. Selama beberapa tahun keluarga tersebut tinggal bersama  kakek nenek dari pihak ibu Joe Biden.  

Krisis ekonomi melanda Scranton  tahun 1950-an  memaksa ayah Joe Biden kesulitan mendapatkan pekerjaan tetap.

Mulai tahun 1953, keluarga tersebut tinggal di sebuah apartemen di Claymont, Delaware, kemudian pindah ke sebuah rumah di Wilmington, Delaware. 

Biden Senior selanjutnya sukses menjadi seorang penjual mobil bekas, mempertahankan keluarga dalam gaya hidup kelas menengah Amerika.

Joe Biden remaja doyan main sepak bola dan bisbol. Di Archmere Academy di Claymont, Joe Biden adalah pemain tengah  yang menonjol di tim sepak bola sekolah menengah. Dia  juga bermain bisbol. 

Jiwa kepemimpinannya sudah tampaj sejak usia muda. Di sekolah menengah dia terpilih menjadi ketua kelas. Dia lulus sekolah menengah pada tahun 1961. 

Di Universitas Delaware, Joe Biden  memperoleh gelar Bachelor of Arts pada tahun 1965. Dia mengambil jurusan ganda dalam sejarah dan ilmu politik, dan minor dalam bahasa Inggris. Dia memiliki nilai rata-rata C dan peringkat 506 di kelasnya dengan 688 siswa. 

Joe Biden memiliki masalah dalam berkomunikasi yaitu gagap. Namun,  hal itu telah membaik sejak usia dua puluhan. Dia mengurangi kegagapan dengan membaca puisi di depan cermin. (osi/wikipedia/berbagai sumber)

Sumber: Tribun Bali

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes