Uskup Ruteng: Tumbuhkan Persaudaraan Sejati

RUTENG, PK -- Uskup Dioses Ruteng, Mgr. Dr. Hubertus Leteng, Pr, mengatakan, persaudaraan sejati mesti tumbuh dan berkembang menjadi bagian dari kehidupan bersama.

Ajakan itu disampaikan Mgr. Dr. Hubertus Leteng, Pr, dalam sambutannya usai menerima tahbisan Uskup Dioses Ruteng di Lapangan Motang Rua-Ruteng, Rabu (14/4/2001). Mgr. Hubert Leteng, Pr, menerima sakramen tahbisan uskup dari Uskup Maumere, Mgr. Gerulfus C Pareira, SVD, didampingi Uskup Agung Ende, Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Pr, dan Uskup Sorong, Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr.

Ajakan Uskup Hubert berangkat dari moto tahbisannya; "Kamu semua adalah saudara.". Moto tahbisan ini merupakan inspirasi utama dalam seluruh perjalanan kegembalaan di Dioses Ruteng.

"Sebagai saudara hendaknya kita menjalin kasih dan persaudaraan, cinta dan pelayanan yang tulus. Sebab, pelayanan pastoral tidak bisa mengandalkan diri sendiri, tetapi melalui kerja sama dalam semangat persaudaraan yang tulus," kata Uskup Hubert.
Uskup Hubert mengatakan, seluruh umat Katolik di Manggarai senantiasa merayakan dan menghayati ekaristi kudus. Sebab, ekaristi merupakan tanda dan sumber keselamatan bagi umat manusia.

Pada saat itu Uskup Hubert membaca dan mengumumkan komposisi Dewan Keuskupan Ruteng. Vikjen Romo Laurensius Sopang, Pr, Sekjen Romo Maksi Haber, Pr, Ekonom Romo Albert Ngamal, Pr, Vikep Manggarai Tengah, Romo Geradus J, Pr, Vikep Manggarai Timur, Romo Beny Jaya, Pr, dan Vikep Manggarai Barat, Romo Benediktus Bensi, Pr.

Sementara Uskup Sorong, Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr, dalam kotbahnya menegaskan, Mgr. Hubertus Leteng, Pr adalah pribadi yang sungguh menghayati kehidupan imamatnya melalui cara hidup dan tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan.

Mengacu pada teks bacaan Yes. 61:1-3a, Rom 12: 9-21 dan Matius 23:1-12, Mgr. Datus Lega menegaskan, persaudaraan bisa tumbuh dan berkembang apabila ada kesadaran dan pencerahan hati umat manusia. Hati manusia yang senantiasa menyadari hidup dan kebersamaan.

Pantauan Pos Kupang, barisan konselebrasi berarak dari kantor Bupati Manggarai menuju Lapangan Motang Rua. Ada 33 uskup, Duta Vatikan, dan ratusan imam. Iringan koor dan tarian yang meriah menambah khusuk dan hikmatnya proses penahbisan Mgr. Hubert Leteng, Pr.

Setelah liturgi pembukaan dilanjutkan penahbisan Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng, Pr yang diawali dengan penunjukan surat pengangkatan Mgr. Hubert Leteng, oleh tahta suci. Duta Vatikan, Mgr. Leopoldo Girreli, memperlihatkan surat pengangkatan kepada seluruh umat. Setelah menerima tahbisan Mgr. Hubert Leteng, memberi berkat apostolik kepada seluruh umat yang hadir.

Hadir Dirjen Bimas Katolik, Drs. Stef Agus, Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, para bupati, mantan bupati Manggarai, jajaran Muspida Manggarai, tokoh agama, umat dan kaum beriman dari agama lain. Setelah selesai liturgi penahbisan dan ekaristi dilanjutkan makan bersama, diisi dengan penyerahan kenang-kenangan dan beberapa tarian dari elemen agama lain. (lyn)

Pos Kupang, Kamis 15 April 2010 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes