Momen Bagus untuk Investasi

PUNCAK peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Manado pada  awal tahun depan akan menjadi gelaran yang meriah sekaligus momen yang sangat berharga untuk menumbuhkan investasi di Provinisi Sulawesi Utara. Pernyataan lugas ini disampaikan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono saat berkunjung ke Manado dalam rangka launching logo HPN 2013.

"Melihat pertumbuhan Manado yang luar biasa sekarang ini rasanya HPN nanti akan didorong ke arah bagaimana mendatangkan investasi di Sulawesi Utara," tutur Margiono di Manado, Selasa 27 November 2012 lalu.

Secara khusus Margiono membuat perbandingan dengan pelaksanaan HPN tahun 2011 di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Pasca HPN 2011 iklim investasi di NTT bertumbuh. Dampak langsung yang dirasakan Provinsi NTT  adalah makin besarnya perhatian pemerintah pusat ke daerah tersebut. "Ini momen yang sangat baik bagi pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara," katanya.

Margiono tidak sedang berbasa-basi membesarkan hati Sulawesi Utara (Sulut) sebagai tuan rumah HPN 2013. Pernyataannya memiliki bukti empiris yang layak menjadi patokan bagi daerah Nyiur Melambai mengemas momen HPN sedemikian rupa agar menarik sebanyak mungkin investor ke daerah ini.

Pengalaman menunjukkan HPN tidak hanya menghadirkan para tokoh pers, pemilik media massa nasional serta para wartawan, baik media cetak, elektronik maupun online. Momen HPN selalu menjadi magnet yang luar biasa bagi pemilik modal di negeri ini  untuk mengenal lebih jauh potensi ekonomi suatu daerah yang menjadi tuan rumah. 

Karakter pebisnis itu unik. Awalnya mereka sekadar jalan-jalan ke suatu daerah seperti  pelancong. Namun, naluri bisnisnya akan jalan bareng. Bila melihat peluang emas, dia langsung menangkap peluang tersebut lewat aksi nyata. Sekali dia tertarik lalu jatuh cinta, dia takkan berpaling.

Sulawesi Utara setidaknya dalam kurun waktu satu dasawarsa terakhir telah menjadi magnet baru di Timur Indonesia. Sulut memiliki modal sosial yang membuat investor mudah jatuh cinta. Pemerintah daerah ini tak henti-hentinya membangun infrastruktur, kemudahan birokrasi serta iklim yang kondusif bagi dunia usaha. Pesatnya pembangunan fisik di Kota Manado serta kota lain di Sulut belakangan ini  merupakan bukti betapa Sulut bukanlah medan yang sulit untuk berinvestasi. Maka peringatan HPN 2013 di Manado merupakan momen emas bagi Sulut  mempromosikan kemudahaan berinvestasi.

HPN jangan sekadar acara seremonial tahunan insan pers nasional. Pesta itu mesti meninggalkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah daerah ini. Jika investor masuk Sulut, akan terbuka lapangan kerja baru, peluang-peluang baru yang niscaya akan melahirkan senyum di bibir putra-putri Sulut yang merindukan kehidupan yang lebih baik. Mari kita sukseskan HPN Manado 2013! *

Sumber: Tribun Manado 29 November 2012 hal 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes