Aleta Baun Wakili Perempuan Timor

POS KUPANG.COM, KUPANG - Perolehan kursi di DPRD NTT, hasil rekapitulasi KPU NTT dari empat daerah pemilihan (Dapil) meliputi Pulau Timor, Sabu dan Rote, dipastikan ada satu anggota DPRD perempuan dari 27 anggota DPRD NTT dari empat dapil ini.

Aleta Baun dipastikan lolos ke El Tari 1 (DPRD NTT) setelah berhasil mengumpulkan suara terbanyak dari semua caleg yang bertarung melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Dapil 8 (Kabupaten TTS) dengan mengumpulkan suara pribadi 3.897 suara. Aleta berhak atas kursi keenam yang diperebutkan di Dapil 8 TTS.

Untuk diketahui, Aleta Baun merupakan salah satu tokoh perempuan asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang memimpin masyarakat Mollo untuk melakukan perlawanan terhadap penambangan marmer di Mollo.

Bahkan, untuk mewujudkan tekad mereka mengusir penambangan dari bumi TTS, Aleta Baun memimpin beberapa ibu membawa benang dan peralatan tenun ke lokasi penambangan untuk melindungi tanah tersebut sambil menenun.

Sedangkan dari Dapil 1 (Kota Kupang), Dapil 2 (Kabupaten Kupang, Sabu Raijua dan Rote Ndao), dan Dapil 7 (TTU dan Belu) dipastikan tidak ada perwakilan perempuan yang lolos ke El Tari 1, karena semua caleg yang berhasil mengumpulkan suara terbanyak dari setiap partai untuk tiga dapil ini semuanya direbut oleh caleg laki-laki.(meo)

Sumber: Pos Kupang
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes