Kiprah Srikandi Sulut di Senayan

Tiga periode menembus senayan sebagai 'senator' alias anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) utusan Sulut merupakan garansi bahwa wanita bernama lengkap Aryanthi Baramuli Putri merupakan politisi yang patut diperhitungkan.

Ayanthi Baramuli Putri terlahir dari keluarga politisi. Ayahnya Dr Arnold A Baramuli merupakan mantan Ketua Dewan Pertimbangan Agung (DPA) dan pernah menjabat Gubernur Sulut merupakan bukti bahwa ABP memang tak asing dengan dunia politik.

Kepiawaian Aryanthi dalam dunia politik dibuktikannya dengan tiga kali terpilih sebagai anggota DPD RI mewakili Sulawesi Utara.

Terakhir di Pemilu 9 April 2014 ini, wanita kelahiran Jakarta, 18 Oktober 1964 sukses meraih suara terbanyak kedua untuk utusan DPD RI Sulut. Raihan ini dengan sendirinya membuat langkah Aryanthi ke senayan tak tertahankan.

Dia menyatakan bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada rakyat Sulut yang telah memilihnya kembali berkiprah di DPD RI.

Ia berharap dengan bantuan doa dan dukungan masyarakat, ia bisa lebih baik dalam
melayani rakyat dan lebih bermanfaat bagi orang banyak.
"Terima kasih atas kepercayaan masyarakat Sulut yang telah memilih saya. Mohon maafkan bila ada salah kata maupun sikap selama ini yang kurang berkenan," ujarnya kepada Tribun Manado, Selasa (6/5/2014).

Menariknya lagi, Aryanthi merupakan satu-satunya incumbent yang mencalonkan sebagai anggota DPD RI yang terpilih lagi. Sebab tiga personel anggota DPD RI utusan Sulut akan berkiprah lagi di senayan. Sientje Sondakh-Mandey dan Alvius Lomban tak lagi mencalonkan. Sedangkan Marhanny Pua yang menurutnya, merupakan tokoh pemuda yang dekat dengan ketua-ketua umum parpol di pusat dan pejuang penguatan DPD RI sehingga menang di Mahkamah Konstitusi (MK) hanya menempati urutan enam.

Pada kesempatan itu ABP tak lupa memaparkan pemikirannya mengenai DPD. Baginya,  DPD seharusnya berfungsi sebagai Senat seperti di negeri lain. Karena itu, perlu diadakan penyempurnaan UUD 1945 yang mengatur kedudukannya sebagai badan yng menghimpun aspirasi rakyat termasuk kepentingan daerah.

Adapun visi Aryanthi dalam mewujudkan paparannya ini adalah memperjuangkan kesejahteraan, keadilan dan kepentingan seluruh rakyat Indonesia serta pemuda, khususnya Sulawesi Utara melalui lembaga legislatif tingkat nasional yaitu DPD RI. Misinya, antara lain membangun mental spiritual masyarakat yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak, berbudaya, bersemangat dinamis membangun ekonomi rakyat demi kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan program yang akan diperjuangkan di Senayan di antaranya, melakukan pengawasan atas pelaksanaan UU tertentu dan pelaksanaan APBN. Kemudian memperjuangkan isu provinsi, perbatasan, daerah tertinggal serta perempuan dan anak.

Namun, ia mengakui APBD yang sangat kecil dibanding dengan kebutuhan masyarakat yang besar serta kondisi geografis Sulut yang berdekatan dengan Filipina dengan tingkat kesejahteraan yang lebih terjamin adalah tantangan yang harus dihadapinya. ABP juga sangat aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan. Dia sering membantu wanita yang menjadi korban trafficking, korban perkosaan. Selain itu, dia ikut membantu anak-anak terlantar yang membutuhkan penanganan khusus.(andhika)

Sumber: Tribun Manado 15 Mei 2014 hal 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes