Ribuan Warga Sambut Deno-Madur

Dr Deno Kamelus
RUTENG, PK--Bupati dan Wabup terpilih Manggarai periode 2015-2020, Dr.Deno Kamelus, SH, MH -Drs.Viktor Madur tiba di Ruteng diarak pendukung  dari Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Deno - Madur diarak dari Labuan Bajo ( sekitar 135 Km arah barat Kota Ruteng, Red) dan langsung menuju Kantor KPUD Manggarai,  Selasa (26/01/2016) pukul 19.00 Wita. 

Deno - Madur tak sempat kembali ke rumah sekadar istirahat  dan bergantian pakaian.  Sebab di Kantor KPUD Manggarai pada saat bersamaan telah ditunggu Komisioner, Forkompimda dan Sekda Manggarai, Manseltus Mitak, SH dan undangan lainnya.

Bupati terpilih Kamelus Deno mengaku  tak menyangka begitu antusiasnya masyarakat menyambut kedatangan mereka. Begitu  pula  sambutan di perbatasan Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat  dan  sepanjang jalan  ke Ruteng, merupakan reaksi sukacita masyarakat.

"Sambutan  ini  hal  yang luar biasa sebagai ungkapan syukur  dan kegembiraan masyarakat  terhadap proses  politik telah berlangsung. Ini juga  menunjukkan dukungan masyarakat membangun Manggarai lima tahun mendatang," katanya.

Kehadiran Deno - Madur di KPUD Manggarai untuk mengikuti rapat  pleno penetapan calon Bupati dan Wabup Manggarai 2015-2020. Rapat pleno dilakukan 24 jam pasca pengucapan putusan  dismissal perkara  perselisihan hasil penghitungan suara  (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin petang (25/1/2016) yang menolak permohonan pasangan calon Heribertus G.L. Nabit-Adolfus Gabur. 

Rapat pleno KPUD Manggarai itu dijaga ratusan  anggota Brimob dan Polres Manggarai  dengan senjata laras panjang didukung mobil watercanon mencegah demonstrasi. Rapat pleno  usai sekitar pukul 20.00 Wita dan berlangsung aman.

Ketua KPUD,  Henry Dewanto  Dao, S.E, mengaku terpaksa tidur  di emperan di  Bandara  Ngurah  Rai, Bali, sebab  dia  harus segera kembali ke Ruteng  Selasa (26/01/2016) pagi menyiapkan  pleno penetapan ini.

"Melelahkan  sekali. Sampai saat ini saya rasa masih oleng.  Setelah penetapan calon terpilih ini, pekerjaan kami tinggal satu lagi. Besok ( hari ini, Red), kami akan  serahkan  hasil pleno penetapan ke DPRD Manggarai. Tugas kami selesai. Tinggal menyelesaikan pertanggungjawaban penyelenggaraan," kata Henry.

Selanjutnya DPRD mengumumkan kepada masyarakat dan mengusulkan  kepada pemerintah tingkat atas.  Perkiraan semula, kata  Henry, kalau  tidak ada sengketa, maka tiga hari setelah pleno rekapitulasi 18 Desember 2015,  ditetapkan calon terpilih. Ternyata ada gugatan dari pasangan calon yang kalah.

Menurut  Henry, gugatan ke MK sebagai  pertanggungajawaban KPUD Manggarai. Keputusan MK menolak gugatan pemohon Heri Nabit-Adolf Gabur  dan menerima keputusan KPUD dan pihak terkait  menegaskan bahwa proses yang dilakukan  telah mematuhi semua regulasi berlaku.

Menurut Henry, pihak KPUD Manggarai  telah mengirim undangan untuk kehadiran pasangan Heri Nabit -Adolf Gabur dalam pleno penetapan tersebut. Namun keduanya tidak hadir.

"Inilah politik yang penting kita sudah undang.  Kehadiran tergantung masing-masing orang," kata Henry.

Deno Kamelus mengpresiasi kinerja  KPUD  dinilai bekerja prosefional sesuai perintah UU.  Setelah  24 jam  penetapan  di MK, KPUD  mampu menggelar pleno menetapkan  calon terpilih.

"Supaya cepat  proses  ke  DPRD  Manggarai  ke Mandagri  juga lebih cepat, sehingga kita semua  dapat memulai mengurus Manggarai ini  lima tahun ke depan,"kata Kamelus. (ius)

Sumber: Pos Kupang 27 Januari 2016 halaman 15
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes