Senja yang Merindu

Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes
Catatan  Dion DB Putra

TRIBUNLOMBOK.COM - Cristiano Ronaldo berada di remang senja kariernya sebagai pemain sepak bola. Tak seorangpun yang bisa memungkiri. Usia Ronaldo sudah 37 tahun.

Tapi senja menjelma indah  justru karena kepergiannya yang amat lekas, bukan? 

CR7 sedang berjuang mewariskan keindahan senja yang merindu  kepada adik-adiknya, penerus kejayaan Portugal di masa depan.

Cristiano Ronaldo tidak mencetak gol saat Portugal membekap Uruguay 2-0 pada laga kedua Grup H, Senin malam 28 November 2022. 

Sepasang gol Portugal yang mengantar  Selecao das Quinas ke babak 16 besar,  persembahan pemain  Manchester United, Bruno. Bruno Fernandes.

Bruno Fernandes bikin gol menit ke-54 dan menit ke-90 dari titik penalti. 

FIFA sempat mencatat gol  menit ke-54 itu milik Cristiano Ronaldo. FIFA meralat beberapa saat kemudian.

Terciptanya gol Bruno memang ada sedikit kontribusi Cristiano Ronaldo di depan gawang Uruguay. Aksi CR7 melompat tinggi  untuk menyambar umpan Bruno mengelabui kiper Uruguay, Sergio Rochet.

Menerima umpan Raphael Guerreiro di ujung kanan luar kotak penalti Uruguay, Bruno Fernandes bermaksud mengirimkan umpan lambung ke arah Cristiano Ronaldo. 

Ronaldo  melompat untuk menyundul. Bola masuk mulus menembus jaring Sergio Rochet. 

Dalam tayangan ulang dan foto yang beredar luas di media sosial, Cristiano Ronaldo memang melompat untuk menyundul bola umpan lambung Bruno Fernandes. 

Akan tetapi, pemain yang baru saja mengucapkan sayonara kepada  Manchester United itu tidak menyentuh bola sedikitpun. 

Alhasil, gol tersebut murni milik Bruno Fernandes yang sejak enam tahun silam sudah disebut-sebut sebagai penerus CR7.

Cristiano Ronaldo mengagumi  karakter juniornya. Bruno anak yang manis dan rendah hari. Pekerja tekun di lapangan. Punya jiwa kepemimpinan.  Kalau dia pensiun setelah Piala Dunia 2022, sudah ada pengganti yang tepat.

Mimpi  juara masih hidup

Cristiano Ronaldo sulit menyembunyikan sukacita hatinya menyambut sukses menuju 16 besar Qatar 2022. Dia melukiskan pencapaian tersebut sebagai mimpi juara yang masih hidup.

"Kita berada di babak 16 besar Piala Dunia! Kerja yang hebat, tim!" cuit Cristiano Ronaldo di akun media sosialnya.

Megabintang berusia 37 tahun itu memang bertekad membawa Portugal meraih trofi  Piala Dunia, gelar yang belum dia raih selama kariernya yang panjang.

Apalagi ini merupakan Piala Dunia terakhir bagi  Ronaldo. Piala Dunia 2026, CR7 hampir pasti sudah pensiun sebagai pemain tim nasional.

Wajar mimpi besar CR7 terus menyala. Toh mereka sudah berada di babak 16 besar. 

Di akun twitternya, CR7 menulis dalam bahasa ibu.  "Estamos nos oitavos do Mundial! Grande trabalho, equipa! Frente a um adversário de grande mérito, fizemos valer a nossa força e a nossa qualidade. Vamos em frente! Estamos na luta e o nosso sonho continua bem vivo! Força, Portugal!

"Melawan tim yang memiliki prestasi besar, kami menegaskan kekuatan dan kualitas kami. Ayo melaju! Kami sedang berjuang dan impian kami masih hidup! Kekuatan, Portugal!" demikian Cristiano Ronaldo.

Tambahan tiga poin membuat Portugal memimpin  klasemen sementara Grup H Piala Dunia 2022 dengan enam poin unggul tiga angka atas Ghana yang berada di peringkat dua. 

Uruguay yang baru mengoleksi satu poin menduduki posisi juru kunci Grup H, kalah selisih gol dari Korea Selatan yang menempati peringkat ketiga. 

Pada laga pamungkas Grup H, Jumat 2 Desember 2022 mulai pukul 22.00 WIB, Portugal akan melawan Korea Selatan, sedangkan Uruguay melakoni duel hidup mati kontra Ghana.

Korea Selatan, Uruguay dan Ghana berjuang mendampingi Cristiano Ronaldo dkk ke babak knock out alias babak 16 besar.

Tiket babak 16 besar merupakan kesempatan emas bagi Cristiano Ronaldo menambah koleksi golnya di ajang Piala Dunia.

Lawan Portugal adalah juara atau runner-up Grup G yang dihuni Brasil, Serbia, Swiss, dan Kamerun. 

Brasil sudah memastikan diri lolos. Masih dinanti siapa pendamping Brasil. Bisa Swiss, Swedia atau Kamerun lantaran mereka sama berpeluang.

Bagi pemain aktif seangkatannya, Cristiano Ronaldo merupakan sedikit pria yang beruntung. Dalam usia seuzur sekarang dia masih menjadi andalan tim nasional.

Dia bahkan sudah mencatat rekor istimewa.  Pada pekan pertama pesta bola  Piala Dunia 2022 Qatar,  Cristiano Ronaldo dan bintang Argentina, Lionel Messi (35) sama-sama mengukir catatan bersejarah. 

CR7 dan La Pulga, julukan Messi, menorehkan rekor setelah  memimpin tim negara masing-masing meraih kemenangan di Piala Dunia 2022. 

Cristiano Ronaldo memimpin skuat Portugal pada laga pertama Grup H Piala Dunia 2022 melawan Ghana di Stadion 974, Doha, Kamis 24 November 2022. Dalam laga super ketat, Portugal sukses menaklukkan Ghana dengan skor tipis 3-2.

Gol pembuka Selecao das Quinas ke gawang Ghana dicetak Ronaldo dari titik penalti   pada menit ke-65. Itu adalah gol kedelapan Cristiano Ronaldo dalam lima kali penampilannya di ajang Piala Dunia sejak tahun 2006 di Jerman. 

Ronaldo merupakan   pemain pertama dalam sejarah yang mampu mencetak gol pada lima edisi Piala Dunia berbeda. 

Lionel Messi tak mau ketinggalan. Dua hari berselang,  Lionel Messi mencetak satu gol saat membantu Argentina menang  2-0 atas Meksiko pada laga kedua Grup C, Sabtu 26 November 2022  malam waktu Qatar atau Minggu dini hari WIB, 27 November 2022. 

Melawan musuh bebuyutannya Meksiko di Stadion Ikonik Lusail, Messi memecahkan kebuntuan Argentina lewat golnya pada menit ke-64. 

Dua puluh tiga menit kemudian, Messi memberikan assist untuk gol Enzo Fernandez yang mengunci kemenangan La Albiceleste jadi 2-0.  Jika Cristiano Ronaldo mengukir catatan bersejarah soal gol, Messi mengukir  rekor dalam hal assist. 

Dilansir Kompas.com dari Squawka, Messi menjadi pesepak bola pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mampu mencetak assist dalam lima turnamen berbeda.

Lionel  Messi mencatatkan assist perdana di Piala Dunia 2006 Jerman, dalam laga debutnya kontra Serbia-Montenegro yang berakhir 6-0 untuk  kemenangan Argentina. 

Sama-sama mengukir catatan bersejarah, Messi dan Ronaldo kini berdiri sejajar dalam urusan koleksi gol di Piala Dunia.

Dua megabintang  kini sama-sama telah mencetak delapan gol di Piala Dunia. Cristiano Ronaldo mencapai catatan delapan gol di Piala Dunia dalam 18 pertandingan, sedangkan Lionel Messi membutuhkan 21 laga untuk berada di level yang sama. 

Siapa yang terbesar di antara mereka? Fans Messi dan CR7 pasti punya pendapat masing-masing. Bisa sama, dapat pula berbeda bak langit dan bumi. Soal pujaan hati sebaiknya jangan dikau perdebatkan, kawan!  

Sisi paling  ekstrem dari psikologi idola adalah  hanya mengenal prinsip tahi kucing pun rasa cokelat.

Satu hal pasti, dunia hari ini  patut berterima kasih kepada dua anak bola yang usianya hampir sepantaran itu. Messi dan CR7 adalah karunia terindah  yang membuat jutaan hingga miliaran orang jatuh cinta pada sepak bola.

Seturut hukum alam, mereka berdua sedang berada di remang senja pemain aktif.  Piala Dunia berikut mungkin dikau tidak menjumpainya lagi. 

Percaya deh, engkau akan merindukan gocekan Messi yang aduhai, mendambakan liukan  menawan Cristiano Ronaldo. Gol!  (*)

Sumber: Tribun Lombok


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes