Menentukan Nasib Sendiri


Catatan Dion DB Putra

TRIBUNLOMBOK.COM - Nasib Jerman berada  di ujung tanduk. Menang berarti memelihara asa. Kalah  ya pulang lebih lekas. 

Kalau cuma seri sungguh ngeri-ngeri sedap deh karena nasib di  Qatar 2022 tergantung orang lain.

Lawannya malam ini atau Senin dini hari 28 November 2022 mulai pukul 02.00 WIB,  bukan tim kaleng kaleng.

Spanyol secara head to head lebih baik ketimbang Jerman.  Dari lima kali pertemuan kedua tim sejak 8 Juli 2010, Spanyol menang 2 kali, Jerman hanya sekali menang dan 2 laga berakhir seri.

Tim Matador itu musuh yang sulit bagi Der Panzer sepanjang sejarah sepak bola.

Tak ada pilihan lain. Tim nasional atau timnas sepak bola Jerman 2022  sedang bergelut dengan apa yang disebut hak menentukan nasib sendiri atau  right to self-determination.

Hak setiap orang untuk bebas menentukan kehendaknya sendiri, khususnya dalam hal prinsip mengenai status politik dan kebebasan mengejar kemajuan di bidang ekonomi, sosial, serta budaya.

Sepak bola merupakan tanda kemajuan bangsa Jerman di bidang sosial budaya dan ekonomi. 

Bola  telah mengangkat martabat Jerman  menjulang langit dan disegani lewat koleksi empat trofi Piala Dunia, 1954, 1974, 1990 dan 2014. Belum lagi kejuaraan Eropa serta lainnya.

Hanya Italia yang menyamai prestasi Jerman, dan Der Panzer cuma berada satu level di bawah Brasil yang lima kali meraih trofi FIFA World Cup, 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Hari ini  27 November 2022 atau 28 November waktu Indonesia,  para serdadu Jerman harus menentukan nasib sendiri yaitu menekuk Spanyol di Grup E. Tak penting berapa skor akhir. Asal menang!  

Jalan ke sana tetap terbuka bagi tim asuhan Hansi Flick. Contoh teranyar  Argentina yang bisa keluar dari tekanan setelah dipermalukan Saudi Arabia pada laga perdana.

Meladeni Meksiko yang super ulet pada 26 November 2022, Lionel Messi memadukan kejeniusan dan kerja keras  lewat gol menawan menyusur tanah ke sudut sempit gawang Guillermo Ochoa.

Ochoa pun dipaksa memungut bola kedua hasil placing aduhai dari anak muda bernama Enzo. 

Enzo Fernandez, umurnya baru 21 tahun. Dia bintang masa depan Tim Tango. Sejak dulu Argentina tak kehabisan pemain muda berbakat mengolah si kulit bundar.

Argentina memang belum aman meski  unggul  2-0 atas Meksiko. Tapi setidaknya peluang lolos ke fase knock out terbuka lebar. 

Argentina  butuh kemenangan atas Polandia pada laga terakhir Grup C,  Kamis, 1 Desember 2022. 

Arab Saudi juga masih berpeluang lolos dengan syarat menekuk Meksiko pada laga terakhir grup yang akan digelar pada waktu bersamaan. 

Tim Sombrero Meksiko pun punya peluang lolos jika mengalahkan Arab, kendati  tipis amat dan tergantung hasil akhir pertandingan Argentina vs Polandia.

Tiki taka versus kolektivitas

Kembali ke nasib Jerman yang menghuni  Grup E Piala Dunia 2022 bersama Spanyol, Jepang, dan Kosta Rika.

Kosta Rika baru saja mengalahkan Jepang 1-0, Minggu (26/11/2022), sehingga persaingan di grup ini masih ketat.

Menonton duel Jerman vs Spanyol tidak hanya klasik tapi lazimnya  memikat hati.  

Ini pertemuan dua sumbu sepak bola Eropa yang memiliki ciri khas unik. Simpelnya adalah perang antara tiki taka versus kerja kolektif disiplin. 

Jerman dikagumi dunia antara lain karena kedisiplinan mereka dalam hidup sehari-hari. Di jagat bola pun sebangun. 

Jerman tak selalu mengandalkan pemain bintang ketika mereka berjaya di Piala Dunia  karena yang utama adalah kerja sama 11 pemain di lapangan.

Jerman 2022 asuhan Hansi Flick sesungguhnya tidak buruk. Di sana bermukim pemain berpengalaman serta pemain muda yang sedang bagus kinerja di klubnya masing-masing.

Sebut misalnya Serge Gnabry, Jamal Musiala dan Kai Havertz. Kiper sekaligus kapten tim Manuel Neuer sarat pengalaman.

Dia ditopang pilar pertahanan, Nico Schlotterbeck, Niklas Sule, dan Antonio Rudiger. Di gelandang ada David Raum, Joshua Kimmich, İlkay Gündoğan dan pemain veteran Thomas Muller.

Mengusung formasi 4-2-3-1,  skuad Hansi Flick cukup apik menjaga harmonisasi irama permainan. 

Kekalahan 1-2 atas Jepang pada laga perdana semata karena daya gedor para pemain Samurai Biru memang luar biasa di saat Jerman agak lengah di babak kedua. Flick pasti belajar banyak dari kekalahan tersebut.

Di kubu Spanyol, sang arsitek Luis Enrique kemungkinan besar mempertahankan starting eleven saat membekuk Kosta Rika 7-0.

Spanyol 2022 dominan pemain muda yang lincah dan gesit dengan daya juang ala Matador. 

Dalam formasi  4-3-3, Spanyol bakal memperagakan aksi tika taka guna menerobos pertahanan Der Panzer Jerman.

Komposisi skuad awal tak jauh  berubah. Unai Simon akan berada di bawah mistar gawang dibantu César Azpilicueta, Aymeric Laporte, Rodri, dan Jordi Alba di lini belakang.

Di tengah ada trio Pedri, Sergio Busquets, dan Gavi. Sedangkan Dani Olmo, Marco Asensio dan  Ferran Torres menjadi andalan lini depan tim juara Piala Dunia 2010 tersebut.

Kerja kolektif timnas Jerman serta pengalaman para pemain merupakan modal yang dapat diandalkan untuk mengalahkan Spanyol.  

Akan tetapi mereka akan kerepotan jika tak sanggup menghentikan aksi tika taka Spanyol yang sudah terbukti manjur di banyak pentas sepak bola.

Semoga tersaji duel yang memikat.  Sang pemenang kembali ke prinsip menentukan nasib sendiri.  

Baik Jerman maupun Spanyol  mesti bekerja sekuat dan secerdas  mungkin untuk menjadi yang terbaik sekaligus menjaga keharuman nama mereka sebagai tim raksasa sepak bola dunia. 

Ya, Piala Dunia adalah panggung keharuman nama terkait semangat dan aksi  olahragawan sejati yang akan senantiasa menginspirasi banyak orang.

Niscaya  membuat haru biru melihat anak muda bekerja sepenuh jiwa semisal pangeran Prancis, Kylian Mbappe.

Pun respek buat bintang rendah hati, sabar  dan tekun macam anak Polandia, Robert Lewandowski.

Kylian Mbappe mencetak dua gol ke gawang Denmark sekaligus mengantar juara bertahan  Prancis menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Dalam laga di Stadion 974, Doha, Qatar, Sabtu (26/11/2022) malam, Prancis menang 2-1 atas Tim Dinamit Denmark.

Melawan Dermark, Mbappe yang kini membela klub Paris Saint Germain itu membuat brace ( cetak dua gol) pada menit ke-61 dan 86.

Kylian Mbappe sudah mengoleksi 31 gol untuk Les Bleus, julukan timnas Prancis.

Jumlah gol itu sama dengan koleksi pemain legendaris Prancis yang menjadi bintang di Piala Dunia 1998, Zinedine Zidane.

Kylian Mbappe baru berusia 23 tahun tapi ini bukan Piala Dunia pertama baginya. 

Dia ikut membantu Prancis meraih trofi di Rusia empat tahun silam. Bahkan kini koleksinya golnya sudah setara Zidane. Anak muda yang hebat!

Kapten timnas Polandia, Robert Lewandowski pada usia 34 tahun menorehkan rekor istimewa dalam kariernya.

Hal itu terwujud dalam laga Polandia vs Arab Saudi di Education City Stadium, Al-Rayyan, Sabtu (26/11/2022) malam.

Pertandingan itu dimenangkan Portugal 2-0. Arab Saudi yang sebelumnya membuat kejutan dengan mengalahkan Argentina 2-1, gagal membendung laju Polandia yang bermain solid.

Polandia meraih kemenangan pertama di Piala Dunia 2022 berkat gol persembahan Piotr Zielinski pada menit ke-39 dan Robert Lewandowski menit ke-82.

Gol ke gawang Arab Saudi juga membuat Lewandowski kokoh tercatat  sebagai top skor timnas Polandia dengan koleksi total 77 gol.

Jumlah 77 gol itu sekaligus mengantarkan Robert Lewandowski menyamai raihan gol legenda timnas Brasil,  Edson Arantes do Nascimento alias Pele, di level internasional.

Robert Lewandowski pun  menjadi pesepak bola Polandia pertama yang mencetak gol dan assist dalam satu pertandingan Piala Dunia sejak Janusz Kupcewicz melakukannya di Piala Dunia  1982 melawan Prancis.

Lionel Messi, Kylian Mbappe dan Robert  Lewandowski merupakan contoh olahragawan yang semangat dan aksi mereka memberi inspirasi. Tentang kerendahan hati, respek, ketekunan dan kerja keras.

Piala Dunia 2022 masih  bergulir hingga 18 Desember 2022, saat dunia akan tahu siapa pemegang trofi. Mari kita menonton aksi para seniman bola dengan hati yang gembira. Salam bola!  (*)

Sumber: Tribun Lombok 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes