Proficiat Sonata

POS KUPANG.COM, LARANTUKA -- Tiga paket calon mengucapkan proficiat kepada pasangan calon yang diusung koalisi Sonata (Soga Naran Lewotanah), Yoseph Lagadoni Herin-Valens Tukan, yang untuk sementara memperoleh suara terbanyak hasil pemungutan suara Pemilu Kada Flotim priode 2011-2016.

Tiga paket yang mengucapkan proficiat itu yakni pasangan Yosep Yulius Diaz-Markus Amalebe Tokan (Dian), Hironimus Semau Johny Odjan-H Ludin Lega (Join) dan paket Yeremias Bunganaen-Kristoforus Keban (RR-Yes). Sementara dua paket calon lainnya, yakni Mondial (Simon Hayon-Fransiskus Diaz Alffi) dan Felix Fernandes-Ismail Arkian masih menunggu hasil akhir proses penghitungan suara yang dilakukan KPUD setempat.



Cabup paket Dian, Yosep Yulius Diaz, Rabu (1/6/2011), mengatakan menerima hasil perhitungan sementara yang kini sudah menjadi konsumsi publik. Dia menyatakan menyampaikan proficiat kepada paket yang mendapat suara terbanyak dari masyarakat Flotim.

"Kita terima hasil perhitungan sementara ini walau kami tahu dalam proses pelaksanaan Pemilu Kada Flotim masih menyisakan banyak carut marut. Ini adalah pilihan rakyat. Kita hormat. Kami sampaikan proficiat buat pasangan yang terpilih. Namun, kita berharap ke depan perlu ada pembenahan dalam proses berdemokrasi, perlu ada pendidikan politik dari pemimpin untuk masyarakat sehingga dapat menekan gesekan-gesekan yang mengakibatkan terjadinya benturan di masyarakat," kata Yusdi, sapaan Yoseph Yulius Diaz.

Dia berharap, pasangan yang memimpin Flotim nanti mampu merekatkan kembali hubungan-hubungan yang sudah retak saat berlangsung Pemilu Kada.

"Rekatkan kembali tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, para pemuda dan lembaga-lembata agama dan adat yang ada untuk memperkuat barisan dalam membangun Flotim. Sebab selama pemilu kada, anak-anak Lewotana tercabik-cabik hanya karena kepentingan-kepentingan para paket. Dan fokuslah bekerja untuk masyarakat Flotim karena kemenangan yang diraih adalah kemenangan rakyat. Jangan buat sekat di antara sesama anak Lamaholot, karena sejahteraan masyarakat adalah keberhasilan pemimpin," kata Yusdi.

Dia juga menyampaikan terikasih kepada pendukung paket Dian. "Kita sudah berjuang maksimal dan hasil yang kita dapatkan juga maksimal. Kerja dua minggu hasilnya empat ribu lebih warga yang memilih kita, ini luar biasa. Saya anak tanah, besar di luar tapi sebagian rakyat Flotim percaya kami," katanya.

Belum Matang
Cabup dari paket Join, Hironimus Semau Johny Odjan juga menyampaikan proficiat kepada paket Sonata yang untuk sementara mendulang suara terbanyak.
"Kami melihat proses demokrasi belum matang. Prores pembelajaran demokrasi belum menyentuh ke akar rumput sehingga yang terjadi adalah pragmatisme. Namun, itulah demokrasi, suara terbanyak dialah pemenangnya. Karena itu, kami menyampaikan proficiat kepada pasangan Sonata yang untuk sementara meraup suara terbanyak. Suara yang diraih adalah suara rakyat dan kami menerima itu. Apalagi, sudah satu tahun rakyat belum memiliki pemimpin defenitif. Rakyat sudah rindu pemimpin defenitif, dan kami menerima hasil sementara ini," kata Johny Odjan.

Meski demikian, Odjan mengatakan masih menunggu keputusan resmi hasil pleno KPUD FLotim.
Cabup pasangan RR-Yes, Yeremias Bunganaen juga menyatakan menerima hasil sementara perolehan suara. "Kami sudah bekerja maksimal namun kami sedikit menyesal dengan hasil yang kami terima karena namanya politik ya seperti itu. Kami sosialisasi dan bekerja begitu gencar, bekerja dengan otak dan otot namun lemah di ongkos. Apa yang diraih Sonata, sambil menunggu keputusan final KPUD, kami terima. Suara rakyat adalah suara Tuhan, vox populi vox dei. Apalagi landasan perjuangan paket kami adalah cinta kasih. Karena itu, ke depan kami berharap paket yang menang mampu mensejahterakan masyarakat dengan membawa Flotim lebih maju," katanya.

Sementara itu, Cabup Felix Fernandez mengatakan masih menunggu hasil keputusan dari KPUD Flotim. "Kami masih menunggu keputusan final KPUD Flotim," katanya.

Cawabup pasangan Mondial, Fransiskus Diaz Alffi yang dikontak, kemarin, mengaku sedang berada di Jakarta dan tidak mengikuti perkembangan. "Saya ada di Jakarta, bisa hubungi sekrtariat (Mondial)," katanya.
Ketua DPD Partai Golkar Flotim, Nani Bethan mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan KPUD FLotim. "Kami masih menunggu hasil pleno KPUD Flotim. Kami akan sandingkan data-data yang dimiliki KPUD Flotim dan selanjutnya melakukan evaluasi untuk menetapkan langkah-langkah," katanya. (iva)

Pos Kupang, 3 Juni 2011 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes