Lagadoni Herin Pimpin Sementara di Flores Timur

LARANTUKA, PK -- Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Flores Timur (Flotim) yang diusung koalisi Soga Naran Lewotana (Sonata), Yoseph Lagadoni Herin-Valens Tukan, untuk sementara memimpin perolehan suara hasil pemungutan suara Pemilu Kada Flotim, Selasa (31/5/2011).

Data perolehan suara sementara yang diperoleh Pos Kupang, pukul 23.00 Wita, semalam, suara sah yang sudah dihitung mencapai 103.761 suara. Dari jumlah itu, Sonata mendulang 36.618 suara (35,29 persen) disusul paket Mondial (Simon Hayon-Frans Diaz Alffi) yang memperoleh 31.357 (30,22 persen).



Perolehan suara empat paket lainnya tidak sebanyak perolehan dua paket tersebut. Pasangan Felix Fernanez-Ismail Arakian mendapat 13.752 suara, pasangan Yoseph Yulius Diaz-Markus Amalebe Tokan (DIAN) memperoleh 4.882 suara, JOIN (Hironimus Johny Odjan- H. Ludin Lega) mendapat 11.072 suara, Yeremias Bunganaen-Kristofurus Keban memperoleh 6.080 suara. 
Pantauan Pos Kupang di Larantuka, proses pemungutan suara dan penghitungan suara berlangsung lancar. 

Para pemilih berdatangan di TPS-TPS untuk 
memberikan suaranya. Para pemilih bahkan sudah datang ke TPS pada pukul 07.00 Wita pagi.
Proses pemungutan suara berlangsung sampai pukul 13.00 Wita. Bahkan ada TPS yang sudah selesai pemungutan suara sebelum pukul 13.00 Wita.
Usai memberikan suaranya, warga menyaksikan proses penghitungan suara. Setiap pasangan calon yang mendapat suara disambut teriakan kegembiraan pendukungnya.

Sementara itu data resmi perolehan suara sementara belum bisa diperoleh dari KPUD setempat. Proses perhitungan cepat yang dijanjikan KPUD Flotim tidak berjalan. Hingga pukul 18.00 Wita, kemarin, para petugas yang ditempatkan untuk melakukan perhitungan cepat belum melakukan perhitungan.

Pantauan Pos Kupang di beberapa TPS, kemarin, seperti di TPS 1 Lokea, di sini pasangan FF-IA memperolej 114 suara, Sonata 86 suara, DIAN 27 suara, JOIN 47, RR-YES 4 suara dan Mondial 23 suara. 

Di TPS 06, Kelurahan Pukan Tobi Wangi Bao, FF-IA memperoleh 19 suara, Sonata 124 suara, DIAN 6 suara, JOIN 286 suara, RR-YES 10 suara dan Mondial 21 suara.
Di TPS 1 Sarotari, Paket FF-IA mendapat 11 suara, Sonata 65 suara, DIAN 5 suara, JOIN 314 suara, RR-Yes tiga suara dan Mondial 33 suara.

Juru bicara KPUD FLotim, Ernesta Katana yang dihubungi sekitar pukul 23.00 Wita semalam, mengatakan proses perhitungan di KPUD belum selesai karena belum semua data terkumpul dari kecamatan-kecamatan. "Data belum terkumpul semua dan masih dalam perjalanan," katanya. (iva)


Warga Datangi KPUD FLotim

PULUHAN warga, Selasa (31/5/2011) sekitar pukul 08.00 Wita, mendatangi sekretariat KPUD Flores Timur (Flotim) di Larantuka, memprotes nama mereka yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Mereka menilai KPUD FLotim mengabaikan hak politik mereka untuk mengikuti pemilihan Bupati-Wakil Bupati Flotim priode 2011-2016.

"Jangan kebiri hak politik kami. Kami sudah menjadi penduduk Pohon Bao sejak lama, tapi nama kami tidak ada dalam DPT. Ada warga yang baru masuk tapi ada nama untuk coblos. Ini aneh tapi nyata," teriak seoarang ibu rumah tangga di depan kantor KPUD Flotim.

Mereka menilai, kinerja KPUD FLotim buruk karena banyak pemilih yang tidak bisa menggunakan hak politik mereka dalam Pemilu Kada. "Mestinya kalau pemilu ditunda suaranya makin naik bukan makin turun. Yang ada suara makin turun. Kami minta, proses pencoblosan dihentikan sambil menunggu penyelesaiaan agar kami bisa menggunakan hak kami. Apalagi, yang sedang terjadi banyak terjadi pendobelan nama, dan banyak pemilih yang tidak ada dalam kelurahan itu tapi ada namanya," teriak ibu yang lain.


Sementara di dalam ruangan, Ketua KPUD Flotim, Aloys Kene Masan berdialog dengan utusan yang diwakili, Ny. Fat, Mas'ad dan beberapa yang lain. Ketua KPUD didampingi Wakapolres Flotim, Kompol Agustinus Nggana.

Dalam ruangan itu, mereka meminta Ketua KPUD Flotim memberikan kebijakan kepada merka agar mereka dapat menggunakan hak pilih mereka. "Masa pada pemilu legislatif dan presiden kami ikut coblos, tapi ketika memilih bupati dan wakil bupati kami, hak kami tidak diakomodir. Kami minta pertanggungjawabkan. Kalau tidak, hentikan dulu proses pencoblosan. Apalagi ada banyak kartu pemilih yang tertahan di kantor Lurah Pukan Tobi Wangi Bao," kata Arsyad.

Terhadap permintaan warga tersebut, Kene Masan mengatakan bahwa pemilih yang namanya tidak ada dalam DPT tidak bisa ikut mencoblos.

Terhadap pernyataan Aloys tersebut, warga sempat marah namun akhirnya mereka memilih keluar ruangan dan duduk di luar. "Lebih baik kita keluar, tidak ada solusi duduk di sini, Apalagi jam coblos hampir berakhir," kata Ny. Fat.

Di Kelurahan Pohon Bao diperkirakan sekitar 200 lebih pemilih yang tidak terdata dalam DPT. (iva)

Pos Kupang, 1 Juni 2011 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes