Klaim Kemenangan di Sembilan Kabupaten di NTT

POS KUPANG.COM - Dua hari lagi pemilih di sembilan kabupaten di NTT akan menyalurkan suara mereka memilih pemimpin lima tahun ke depan.  Dari hasil tatap muka, kampanye, rapat umum, rapat terbatas atau apapun namanya telah melahirkan berbagai keyakinan masing-masing paslon.

Paslon dan tim sukses berani menyebut prediksi perolehan suara. Walau demikian ada juga paslon yang  tidak secara jelas menyebut besaran persentase kemenangan pada 9 Desember 2015. Berikut adalah target masing-masing paslon di sejumlah kabupaten yang menggelar Pilkada serentak.

Kabupaten Belu
Paket Nomor Urut 1, Falens Pareira-Cypri Temu (Fansmu-NKRI); Calon Wakil Bupati, Cypri Temu meyakini menang dengan target 61 persen. Perolehan suara 61 persen ini merata di 12 kecamatan di Belu.

Paket Nomor Urut 3, Ventje Abanit - Bonavasius Bowe (Venna). Menurut Ventje Abanit, paket dan seluruh timnya sudah bekerja hampir 300 titik. Kami yakin menang dengan prosesntasi kurang lebih 35-40 persen. Basis dukungan dan pemilihnya merata dari 12 kecamatan di Kabupaten Belu.

Paket Nomor Urut 2, Willy Lay-Ose Luan (Sahabat).  Willy Lay mengklaim sudah bekerja maksimal dan ingin membawa perubahan di Rai Belu tercinta. Soal target menang, diserahkan kepada Tuhan.

Kabupaten  Manggarai
Paket Nomor 1 Dr.Deno Kamelus, SH.MH-Drs.Viktor Madur (DM). Paket DM yakin dan makin percaya diri mendominasi perolehan suara sejumlah 63,51 persen  dari  11 kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Paket Nomor 2 Heribertus  Nabit-Adolfus Gabur. Ketua  DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Manggarai, Paul Peos, yakin  paket Heribertus  Nabit-Adolfus Gabur  menang dalam Pilkada tetapi enggan menyebut persentase perolehan suara.

 Perolehan  suara terbanyak akan disumbangkan pemilih dari Satarmese (Kecamatan Satarmese, Satarmese Barat dan  Satarmese Utara) 60 persen tetapi juga dari kecamatan lainnya.

Kabupaten Sumba Barat

Paket nomor 1, Drs. Agustinus  Niga Dapawole-Marthen Ngailu Toni
Berdasarkan kunjungan ke 90 titik selama masa kampanye 101 hari, paket ini mengklaim  dapat dukungan sangat besar. Paket ini membutuhkan dukungan suara 38 persen untuk memenangkan Pilkada. Basisnya kecamatan Kota Waikabubak, Loli dan Wanokaka, wilayah Tanah Righu, Lamboya dan Lamboya Barat.

Paket nomor urut 2, Umbu S.Samapaty, S.H, M.H-Daniel Umbu Dandar, S.H.
Mengaku sulit memprediksi  persentase kemenangan, namun yakin meraih suara terbanyak. Daerah basis Tanah Righu, wilayah Selatan,  Loli dan Kota Waikabubak.
Paket nomor 3, Drs.Julianus Pote Leba, M.Si-Drs.Eduard Gana, M.Si. Yakin menang karena memiliki daerah basis di semua kecamatan. Wilayah selatan dalam hal ini Wanokaka dan Lamboya lebih cair mengarah ke pasangan nomor 3.

Paket nomor 4, Kedu Lere, S.H-Alexcander Redamata Dapawole.  Yakin menang dengan dukungan besar dari wilayah Kecamatan Lamboya dan Lamboya Barat, Kota dan Loli. 

Paket nomor 5, Reko Deta, S.IPem-Yohanis U.D.Kariam, S.H.  Sulit menyebut angka persentase kemenangan karena selama ini tidak melakukan survei. Namun optimis menang karena mendapat dukungan suara siginifikan di semua kecamatan terutama di Kecamatan Lamboya dan Kota serta Loli sebagai sebagai daerah basis

Pasangan nomor 6, Yohanis Dade, S.H-Dominikus Bulu Dapa, A.Md. Sangat yakin memenangkan Pilkada dengan dukungan basis di Kecamatan Tanah Righu dengan prediksi 8.000 suara, Loli 6.000 suara dan Kota Waikabubak  7.000 suara. Sedangkan suara tambahan dari Lamboya dan Wanokaka masing-masing 1.000 suara.

Kabupaten Manggarai Barat
Paket Firdaus (Ferdi Pantas - Jonny Hapan). Saat persiapan maju menjadi calon dari jalur independen, sudah mendapatkan dukungan 33.320 suara. Jumlah  dukungan tersebut makin bertambah dan diharapkan melebihi angka 45 ribu suara.

Paket Tobias Wanus-Frans Sukmaniara. Dukungan suara sudah diketahui terdapat di tiga kecamatan sebagai basis, yakni Lembor, Lembor Selatan dan Welak. Berusaha menang dengan cara yang patriot.

Paket Mateus Hamsi -Paul Serak Baut. Kemenangan akan ditunjukkan pemilih di sepuluh kecamatan sebagai lumbung suara paket ini. Paket ini sudah memetakan wilayah dukungan mereka.

Kabupaten Ngada

Paket Nomor 1, Kornelis Soi-Yoseph Bei (KONSEP). Sebanyak 51 persen masyarakat diyakini  akan memilih pasangan ini setelah melihat dukungan massa ketika mengunjungi 171 titik dari 151 desa/kelurahan di Kabupaten Ngada. Hasil survei menunjukkan 51 persen warga Ngada ingin perubahan dan dipercayakan kepada Paket KONSEP.

Paket Nomor 2 PADI (Paulinus No Watu dan Bernadinus Dhey Ngebu). Paket ini menang di seluruh wilayah Kabupaten Ngada. Rasa optimis itu dilihat dari dukungan masyarakat dan kerja-kerja tim  yang sangat optimal. Kolaborasi dua sosok calon pemimpin yang rendah hati dan berintegritas membuat paket ini selalu ada di hati
masyarakat.


Kabupaten Malaka
Paket Stef Bria Seran-Daniel Asa (SBA-DA). Paket ini merasa yakin menang dengan mendulang 70 persen suara. Kemenangan ini diperoleh dari Malaka Tengah, Malaka Barat, Waeliman, Wewiku, Rinhat, Sasitamean, Kobalima Timur dan Malaka Timur. (roy/ser/pet/ius/jen/pol)

Sumber: Pos Kupang 7 November 2015 halaman 1


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes