Willy Lay Fokus Air Bersih di Belu

Willy Lay (kiri) dan Ose Luan (poskupang)
ATAMBUA, PK - Calon Bupati Belu terpilih, Willy Lay mengatakan, program unggulan yang akan digulirkan pada awal masa kepemimpinannya adalah air bersih. "Pasti air, air yang pertama. Saya sudah mulai lakukan survei di beberapa tempat,  Raimanuk, Haekesak dan  Lasiolat untuk lihat sumber air di sana," katanya di Atambua, Kamis (17/12/2015) lalu.

Menurutnya, masyarakat Belu sulit mendapatkan  air bersih karena berbagai sebab. "Kebanyakan posisi pemukiman di atas, sumber air di bawah. Sekarang bagaimana mengupayakan agar air di kaki bukit itu bisa naik masuk ke kampung.  Kita tidak bisa selesaikan di tahun pertama tapi setidak-tidaknya daerah yang sangat kritis sudah bisa teratasi," ujarnya. Dikatakannya, setelah masalah air bersih teratasi, baru fokus pada infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan dan lainnya.  "Untuk penataan birokrasi akan mengacu pada manajemen yang baik," ujar Willy. Dia berjanji merangkul dua paslon lainnya agar sama-sama membangun Belu.

Di Kabupaten Malaka, calon bupati terpilih  Stefanus Bria Seran mengatakan, ia  bersama calon wakil bupati Daniel Asa  akan menyukseskan program  Revolusi Pertanian. Dalam program ini para petani dipacu memanfaatkan seluruh areal pertanian yang selama ini tidur.  Pemerintah akan menyiapkan traktor, sumur dan sumur bor serta tenaga penyuluh pertanian untuk memberi pendampingan.

Menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT tersebut, dana bukan masalah karena ada APBD kabupaten, APBD provinsi dan dana dari pusat. Sumber lain datang dari lembaga swadaya masyarakat (NGO).  Stef Bria Seran mengatakan revolusi itu membutuhkan perubahan yang cepat tetapi harus tepat  sasaran. Diakuinya, program tersebut terinspirasi dari Revolusi KIA yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi NTT guna menekan angka kematian ibu dan anak. (roy/pol)

Sumber: Pos Kupang 30 Desember 2015 hal 1



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes