Messi Menuju Bola Emas Kelima

Leo Messi (AP)
LIONEL Messi kembali mencatat rekor dunia. Setelah menjadi pemain tersubur dalam satu tahun kalender, El Messiah membuat rekor sebagai orang pertama yang memenangi gelar Ballon d'Or empat kali beruntun. Tak sampai di situ, ia berpeluang memperpanjang rekor dengan merebut Ballon d'Or kelima tahun ini.

Messi, bintang klub Barcelona, merebut gelar FIFA Ballon d'Or 2012 setelah mengungguli Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal) dan Andres Iniesta (Barca/Spanyol). Pemain asal Argentina itu menggondol FIFA Ballon d'Or setelah meraih 41,60% suara, jauh lebih besar dari Ronaldo dengan 23,68% suara, dan Iniesta yang meraih 10,91% suara.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh kapten tim nasional Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006, Fabio Cannavaro, dalam acara yang berlangsung di markas FIFA di Zurich, Selasa (8/1) dinihari.Untuk Messi, ini merupakan gelar keempatnya secara beruntun di ajang tersebut -- tiga ketika sudah bernama FIFA Ballon d'Or (2010, 2011, 2012) dan satunya ketika Ballon d'Or dan FIFA World Player of the Year belum dilebur (2009).

Pria berusia 25 tahun itu menjadi orang pertama yang mampu melakukannya. Ia melangkahi rekor legenda Perancis, Michel Platini, yang mendapatkannya tiga kali berturut dalam selamg tahun 1983 sampai 1985. Sebagai catatan, saat itu Ballon d'Or merupakan penghargaan pemain terbaik di Eropa.Johan Cruyff dan Marco van Basten juga pernah tiga kali memenangi Ballon d'Or, tapi eks bintang Belanda itu tidak secara beruntun memenanginya. Cruyff meraihnya di tahun 1971, 1973 dan 1974, sementara Van Basten memenanginya di tahun 1988, 1989, 1992.

"Sejujurnya, sulit dipercaya bisa memenangi penghargaan ini untuk keempat kalinya secara berurutan. Award keempat yang saya dapatkan terlalu hebat untuk diungkapkan dengan kata-kata," ucap Messi ketika menerima penghargaan itu.
Seperti biasa, Messi bersikap merendah. Ia pun tak lupa menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan setim yang telah membantunya."Saya  berterima kasih pada seluruh rekan di Barcelona. Iniesta, luar biasa bisa berlatih dan bermain bersama Anda. Saya juga berterima kasih pada seluruh teman di timnas Argentina."

"Semua orang yang telah bekerja sama dengan saya, pelatih-pelatih saya, staf, dan keluarga serta teman-teman. Juga kepada istri dan anak saya, terima kasih," lanjut dari ayah Thiago ini.


Kemenangan Messi tahun ini tak lepas dari prestasi fenomenalnya ketika menasbihkan diri sebagai top scorer dalam satu kalender dengan mencetak 91 gol sepanjang 2012. Ia memecahkan rekor legenda Jerman, Gerd Mueller (85 gol), yang sudah bertahan 40 tahun.  Well, dengan memasuki usia emas seorang pesepakbola, kemampuan Messi diyakini akan tetap mengkilap dan hebat di tahun 2013. Messi masih sulit dihentikan untuk membuat prestasi gemilang dan rekor dunia.

Apalagi ia berpeluang besar membawa Barcelona kembali merebut gelar La Liga musim 2012/2013. Saat ini Barca memimpin klasemen 52 angka, unggul jauh dari Atletico Madrid (41) dan Real Madrid (36).La Pulga (Si Kutu) juga memimpin daftar top scorer La Liga dengan torehan 27 gol, meninggalkan Radamel Falcao (Atletico Madrid) dengan 17 gol dan Ronaldo (Real Madrid) dengan 16 gol.

Messi juga juga memiliki kans untuk kembali membawa Barcelona menjuarai Liga Champions. Sejauh ini, ia sudah meloloskan Barca ke babak 16 besar dan menjadi favorit utama untuk memenangi gelar bergengsi antarklub Eropa tersebut. Karena itu, Iniesta meyakini Messi akan masih melanjutkan prestasi sempurna dengan meraih Ballon d'Or kelima."Jika Leo bisa melanjutkan performanya seperti sekarang ini, dia tak akan kehilangan gelar kelima," ujar Iniesta dikutip Marca.

Satu-satunya yang bisa menggagalkan Messi untuk merebut gelar kelima adalah force majour bernama cedera! Namun dari jejak rekamnya, meski selalu menjadi santapan lawan, pemain mungil nan lincah ini jarang mengalami cedera parah.
Selain catatan rekor dunia yang spesial, penampilan Messi dalam acara penganugerahan Ballon d'Or 2012 juga mengejutkan. Penampilannya pun menyita perhatian. Messi datang mengenakan tuksedo hitam bermotif polkadot putih. Ia memadukannya dengan dasi kupu-kupu motif serupa.

Meski terkesan mencolok, tuksedo yang dikenakan Messi adalah hasil rancangan perancang busana papan atas, Dolce & Gabbana. Tuksedo dengan motif polkadot  pun serupa dengan yang pernah dikenakan legenda Argentina, Diego Maradona beberapa tahun  lalu Ternyata penampilan Messi tak hanya memukau di atas lapangan hijau. Penampilan di luar lapangan juga makin memesona dan sepertinya mulai menyaingi sang rival, Cristiano Ronaldo. Klop! (tribunnews.com/deo/ka7)

Sumber: Tribun Manado 9 Januari 2013 hal 1


Nonton gol-gol terbaik Messi di SINI
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes