Kardinal Bergoglio Gemar Naik Bus

Ibu ini memiliki kesempatan yang amat indah, duduk berdampingan dengan Kardinal Jorge Mario Bergoglio di dalam Kareta Api Bawah tanah sebelum diadakannya Koknlaf 12 Maret 2013 (meski dia tak menyadarinya sama sekali). Dia mungkin berpikir beliau hanyalah seorang imam, bukanlah kardinal yang akan memilih dan terpilih sebagai Paus Fransiskus I (foto dari akun FB Pater Yonas Kaki)
KARDINAL Jorge Mario Bergoglio yang baru saja terpilih sebagai Paus ke-266 merupakan sosok yang bersahaja. Paus Fransiskus I  senang bepergian dengan bus.

Ketika diangkat sebagai Kardinal oleh Paus Yohanes Paulus II pada 21 Februari 2001, Bergoglio mengajak sekitar ratusan orang Argentina untuk tidak terbang ke Roma untuk merayakan pengangkatannya.

Begoglio mengajak orang-orang itu memberikan uang yang akan digunakan untuk membeli tiket kepada orang miskin.

Paus Fransiskus I pun hidup dengan satu paru. Ia kehilangan satu parunya akibat infeksi ketika masih remaja. Namun, para ahli medis mengatakan, kondisi itu tidak membatasi energi dan aksi paus berusia 76 tahun itu di masa lalu, dan tidak akan menghalanginya di masa depan.

Dr Zab Mosenifar, ahli paru di Cedars Sinai Medical Center di Los Angeles, AS, mengatakan, Paus Fransiskus tampak bugar, ramping, dan memiliki kapasitas paru yang mendekati normal.

"Tanpa perlu memeriksa dan mengujinya, saya dengan yakin mengatakan bahwa dia beraktivitas 85 sampai 90 persen kapasitas orang seusianya yang punya dua paru dan biasa-biasa saja," kata Mosenifar.

Meski berasal dari Argentina, Jorge Mario Bergoglio bukan Paus pertama dari wilayah non Eropa. Lalu siapa saja paus non Eropa yang pernah memerintah Gereja?

Santo Petrus, tercatat sebagai paus pertama dan paus non-Eropa pertama. Petrus lahir di Bethsaida, yang berada di wilayah yang saat ini menjadi Israel, kemungkinan di sekitar Dataran Tinggi Golan.

Keberadaan Santo Petrus ini mengingatkan umat Katolik, bahwa agama ini bukanlah sebuah. institusi Eropa. Cikal bakal agama Kristen justru lahir di jantung Timur Tengah. Setelah Santo Petrus, sejumlah paus berasal dari kawasan Afrika Utara yang dulu merupakan jajahan Kekaisaran Romawi sehingga Paus Fransiskus adalah paus non Eropa pertama setelah 1.272 tahun.

Berikut daftar para paus non Eropa yang pernah memerintah Gereja Katolik.

1. Santo Petrus, lahir di Bethsaida, Israel (33-64)

2. Paus Santo Evaristus, lahir di Betlehem, Tepi Barat (97-105)

2. Paus Santo Anicetus, lahir di Emesa (Homs) Suriah (155-166)

4. Paus Santo Victor I, lahir di Leptis Magna, Libya (189-199)

5. Paus Santo Miltiades: suatu tempat di Afrika Utara (311-314).

6. Paus Theodorus I, lahir di Jerusalem, Israel/Tepi Barat (642-649)

7. Paus Yohanes V, lahir di Antiokia, Turki (685-686)

8. Paus Sisinnius, lahir di Suriah (708)

 9. Paus Konstantinus, lahir di Suriah (708-715)

10. Paus Gergorius III, lahir di Suriah (731-741) dan terakhir Paus Fransiskus, lahir di Buenos Aires, Argentina (2013-sekarang). (time/ccn/bbc/kps)

Sumber: Tribun Manado 15 Maret 2003 hal 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes