Mencerdaskan Kawanua

Cover edisi khusus HUT ke-4
Salam Tribun. Tak terasa, empat tahun sudah, koran yang ada di tangan pembaca ini menyapa masyarakat Sulawesi Utara dan Gorontalo. Kami senantiasa berusaha memberikan yang terbaik demi manfaat yang bisa dipetik masyarakat pembaca. Maka dari itu, di ulang tahun keempat ini, kami memilih tajuk Mencerdaskan Kawanua.

Sebagai koran yang mengusung tagline, Spirit Baru Kawanua kami hadir dengan mengibarkan bendera sebagai Friendly Newspaper, Family Newspaper dan Different Newspaper.

Sebagai koran Friendly Newspaper, tentu kami tidak hanya memberitakan yang sifatnya bad news seperti soal keburukan, bencana, kesedihan, kekerasan dan lainnya, tapi juga menyajikan good news yakni berita mengenai kesuksesan, keberhasilan, kegembiraan dan prestasi. Kami juga memberikan dukungan bagi lahirnya kelas menengah mandiri melalui pemberitaan mengenai dunia usaha.

Sedangkan sebagai koran Family Newspaper memiliki makna bahwa Tribun Manado layak dibaca oleh Bapak, Ibu dan Anak, sebab sajiannya mudah dipahami dan mengandung edutainment.

Dan sebagai Different Newspaper kami selalu menyajikan dengan desain, angle dan pelayanan berbeda yang tentu menjadi kebutuhan masyarakat pembaca.

Kami juga mengembangkan konsep koran masa depan, Cross Media Concept atau 3M (multimedia, multichannel dan multiplatform), sehingga menjadikan koran yang sangat mudah diakses beritanya. Tentu juga sangat digemari generasi muda yang saat ini sudah internet minded.

Konsep multimedia Tribun Manado bisa diakses melalui print (cetak), online (portal berita tribunmanado.co.id), e-paper, dan digital newspaper. Multichannel berarti aliran berita Tribun Manado bisa dinikmati melalui facebook, twitter, portal tribunnews (induk tribunmanado.co.id) dan kompas.com (holding).

Multiplatform berarti mengakses berita Tribun Manado bisa melalui personal komputer (PC), laptop, BlackBerry, iPad, dan tablet lainnya, serta ponsel yang memiliki fasilitas internet.

Kami juga menyediakan rubrik interaktif sehingga bisa lebih mendekatkan diri kepada masyarakat pembaca.

Di 2013 ini, yang dimaknai sebagai tahun politik, Tribun Manado akan menyajikan berita-berita politik yang independen dan berimbang demi terwujudnya demokrasi yang sehat, yang akan membawa kesejahteraan bangsa ini.

Tingkat keterbacaan dan keterjangkauan Tribun Manado sangatlah luas. Untuk itu, kami bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat pembaca yang menjadi Tribun Manado sebagai koran harian pilihan utama.

Tak lupa Tribun Manado menyampaikan ucapan terima kasih kepada relasi dan klien yang telah memercayakan kepada Tribun Manado untuk menyampaikan pesan-pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat pembaca. (*)



                                                 Kuat karena Kami Solid

MENJADI yang terdepan di Sulawesi Utara dalam periode empat tahun bukan semudah membalikkan telapak tangan. Layaknya bermain sepak bola untuk mencari kemenangan, kerja sama tim merupakan keniscayaan dan itulah salah satu keutamaan Tribun Manado. Dua divisi besar yakni Redaksi dan Bisnis merupakan satu kesatuan yang solid. Keduanya ditopang unit-unit mulai dari Iklan dan Promosi, Sirkulasi, Percetakan, Umum dan PSDM,  IT, Desain Grafis, dan lainnya.

Ketika yang satu kendor, yang lain menutup lubang untuk menjaga performance  Tribun Manado tetap di level teratas. Kami sungguh membumikan filosofi mapalus.  Etos kerja bahu membahu. Kerja gotong-royong untuk satu tujuan yang sama. 

Bagaimanapun susahnya, pembaca dan klien tetaplah raja. Tak peduli betapa banyak kendala teknis di balik layar, tak peduli angin badai, koran tetap harus terbit esok hari. Koran harus sampai di tangan pembaca tepat waktu. Koran harus memuaskan customer.

Sebagai market leader di Sulawesi Utara, tantangan yang berat bagi divisi iklan adalah melakukan pengaturan iklan yang akan tayang. Banyaknya pemasang iklan tidak serta merta bisa mengorbankan halaman berita untuk pembaca. Kadang, demi membela kepentingan masing-masing divisi, perdebatan pun tak terelakkan. Beradu argumen, berbeda pendapat adalah bagian dari proses kerja tim antarlini. Syukurlah, kami punya arah yang jelas untuk dapat kami jadikan sebagai patokan bersama; independen dan kredibel.

Terbit perdana pada 2 Februari 2009, Tribun Manado telah bersama-sama mengarungi dinamika masyarakat Sulawesi Utara. Ada yang datang dan pergi  tetapi spesifikasi pelayanan kami tetaplah sama, justru meningkat hari demi hari. Spesifikasi inilah yang membuat kami berbeda!

Etos kerja, independen dan kredibel adalah tiga keutamaan yang sering kami dengar ketika mendapat umpan balik dari pembaca dan masyarakat. Tiga hal itu sering kali mendapat tantangannya ketika berhadapan dengan pihak-pihak tertentu yang menilai uang bisa menyelesaikan apapun.

Di tempat kami berdiri, ada batas api yang jelas antara berita dan iklan. Berita adalah murni berita untuk kepentingan pembaca tanpa bisa diintervensi dengan kuasa apapun selain kebijakan redaksional. Inilah satu dari sekian spesifikasi unggulan kami.

Menjadi yang teratas adalah hasil dari ketahanan itu. Ketahanan untuk bertahan pada prinsip dan moralitas. Menjadi independen, berpijak di atas kaki sendiri dan dipercaya karena pemberitaan yang obyektif.

More than just a newspaper, kami lebih dari sekedar koran. Kami adalah spirit untuk perubahan. Tribun Manado menyuguhkan manis dan pahitnya fakta dikemas secara obyektif. Tribun Manado adalah sebuah filosofi cara pandang. Inilah spirit baru Kawanua! (*)


                                               Percetakan dan Sirkulasi

ANDA sedang melihat orang-orang di balik layar yang tidak hanya bekerja keras tetapi bekerja secara cerdas demi memberikan pelayanan terbaik untuk pembaca Tribun Manado. Mereka merupakan dua unit kunci yaitu Sirkulasi dan Percetakan.

Awak Sirkulasi bertanggung jawab mendistribusikan koran mulai dari kantor Tribun Manado di Kairagi sampai ke seluruh penjuru Provinsi  Sulawesi Utara bahkan Provinsi Gorontalo.

Ketika pembaca masih nyenyak tidur, awak kami bekerja dengan giat sejak dinihari dengan perhitungan yang cermat soal waktu. Kami tidak mau masyarakat kecewa karena Tribun Manado belum ada di mejanya saat dia sarapan pagi.

Kami juga memanjakan pembaca dengan sapaan khas setiap pagi mulai dari gang- gang perumahan, kantor pemerintah hingga hotel berbintang. Motoris kami setia mengantarkan koran hingga ke  gang-gang kecil.  Koran Koran, Tribun Manado …” demikian suara itu, yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat.

Kekompakan tim adalah prinsip utama yang dijunjung. Dasarnya adalah relasi yang sehat dan harmonis satu dengan yang lain. Makan dan hang out menjadi menu kebersamaan yang melandasi hubungan kerja. Teamwork terbentuk paduan dari profesionalitas kerja dan keakraban relasi.

Ketika ada komplain dari pembaca, tim kami bahu membahu mengatasi persoalan hingga close. Kami sangat terbuka menerima saran dan kritik sebagai keniscayaan demi membangun Tribun Manado menjadi lebih baik dan makin dicintai pembaca.

Kami rutin melakukan monitoring dan evaluasi atas kinerja. Ada standar tertentu yang dipakai untuk mengukur kepuasan pembaca dan costumer. Tentu saja, saran dan kritik  selalu kami nantikan demi peningkatan kualitas.

Kerja cerdas pun merupakan standar percetakan kami yang merupakan terbaik di Sulawesi Utara. Standar tinggi dalam kualitas cetak menjadikan percetakan Tribun Manado menjadi rujukan koran-koran lain.

Mesin cetak kami tidak hanya menghasilkan 52 ribu eksemplar koran Tribun Manado setiap hari, tetapi juga memenuhi pesanan dari surat kabar lain di Sulawesi Utara. Kami terpercaya dan profesional.

Dengan supervisi andal, bersama dengan 24 jaringan koran Tribun Kompas Gramedia di seluruh pelosok Nusantara, mesin percetakan Tribun Manado mampu memberikan perbedaan. Anda puas itulah nazar kami.  (*)


                                             Paling Efektif untuk Promosi


IKLAN dan Promosi berperan vital sebagai  dapur” industri media. Mereka adalah ujung tombak dari pencapaian income perusahaan. Tribun Manado sebagai media pewarta fakta dan pembawa nilai edukasi bagi masyarakat Sulawesi Utara tak lepas dari entitasnya sebagai sebuah industri surat kabar.

Dengan posisinya sebagai market leader di Sulawesi Utara,  Tribun Manado menjadi media paling efektif untuk memasang iklan. Pembaca kami tersebar, mulai dari rumah kopi, kaki lima, hingga pejabat di kantor-kantor penting pemerintahan.

Pemasang iklan juga selalu dimanjakan dengan pelayanan prima dari para account excecutive Tribun. Biaya iklan yang jelas dan transparan, cerminan dari profesionalitas kerja, adalah satu dari sekian banyak keunggulan Tribun Manado

Profesionalitas kerja yang terukur dengan standar layanan group besar Kompas Gramedia menjadi penjamin kepuasan klien iklan kami. Tentu kami tidak alergi terhadap kritik dan saran. Kami selalu intens berkomunikasi dengan klien tentang kebutuhan mereka. Kepuasan klien adalah tujuan kami.

Anda tidak salah melangkah ke tempat kami jika mau mempromosikan produk  Anda kepada khalayak. Kru Iklan dan Promosi kami bekerja secara profesional. Hanya itu? Tidak, kami juga bekerja dengan hati dan bibir melengkung menebar senyuman.

Unit  lain di Tribun Manado yang tak kalah penting adalah  PSDM dan Keuangan. PSDM membantu setiap karyawan Tribun Manado bekerja dalam suasana kondusif dengan kinerja terukur. Dengan manajemen berstandar tinggi, karyawan mampu bekerja secara optimal. Tiap tahun, pencapaian kinerja karyawan diukur dengan KPI (Key Performance Indicator). Jadi, di lingkungan kerja Tribun Manado tidak ada lagi istilah RMSS (Rajin Malas Sama Saja).

Divisi keuangan berperan dalam menyehatkan jalannya perusahaan. Pengelolaan keuangan yang tidak memadai dan profesional tidak akan bisa menjalankan bisnis sebuah media. Keuangan kami berhadapan mulai dari pengecer hingga pemasang iklan dengan nilai ratusan juta setiap harinya. Semuanya harus ditatakelola dengan ketat. Minus Rp 100,-- saja bisa menjadi masalah besar di keuangan.    

Inilah kami,  teamwork yang bersinergi satu sama lain untuk mewujudkan spirit baru setiap harinya bagi pembaca di Sulawesi Utara. Pertanyaannya; sudahkan Anda membaca Tribun Manado hari ini? (*)

Sumber: Edisi khusus ulang tahun ke-4 Harian Tribun Manado, Sabtu 2 Februari 2013 halaman 25, 27, 30 dan 32.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes