Pilkada Ende, Darmawan dan Marsel-Djafar ke Putaran Kedua

Saksi tanda tangan berita acara
ENDE, PK- Seperti yang telah dipredisikan pelaksanaan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Ende (Pilkada) Ende tahun  2013 akan berlangsung dalam dua putaran menjadi kenyataan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan penetapan pasangan calon terpilih Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Ende tahun 2013 di Aula BBK, Ende, Sabtu (26/10/2013), menetapkan paket Darmawan (Drs Don Bosco Wangge-drg Dominikus M Mere, M.Kes) dan Paket Marsel-Djafar (Ir Marsel Y.W Petu-Drs H Djafar H Achmad) maju ke putaran kedua bulan Desember 2013.

Menurut Anggota KPU, Djamal Umar yang membacakan hasil keputusan KPU,  dari semua paket yang ada tidak ada satu paketpun yang berhasil meraih prosentasi suara lebih dari 50 persen ataupun 30 persen sebagaimana yang diatur undang-udang maupun keputusan  KPU.

Dari delapan paket yang ada dua paket atas nama, Paket Drs Don Bosco Wangge-drg Dominikus M.Mere, M.Kes serta Paket Marsel Petu-Djafar Achmad yang berhasil meraih suara terbanyak maka kedua paket yang dipastikan lolos ke putaran kedua. Dengan demikian pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende akan dilangsungkan dalam putaran.

Dalam penetapan itu Paket Drs Don Bosco Wangge-drg Dominikus M.Mere berhasil meraih suara terbanyak sebanyak 37.288 atau 28.00 persen sedangkan di urutan kedua pasangan Ir Marsel Petu-Djafar Achmad dengan meraih suara sebanyak 32.062 atau 24,08 persen.

Disaksikan Pos Kupang pelaksanaan pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan penetapan pasangan calon terpilih Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Ende tahun 2013 yang diprakirakan tegang ternyata berlangsung aman. Namun demikian untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ratusan anggota polisi maupun brimob baik pekain dinas maupun preman dikerahkan untuk mengamakan proses tersebut. Terlihat juga satu unit mobil water cannon disediakan di depan Aula BBK.

Untuk mengamankan pelaksanaan pleno tidak semua hadirin diperkenankan masuk ke aula hanya undangan yang memiliki undangan diperkenankan masuk setelah melalui metal detaktor yang dibawa anggota polisi dari Polres Ended an Brimob.

Perhitungan rekapitulasi berjalan aman hanya terjadi sedikit masalah ketika PPK dari Kecamatan Kota Baru salah dalam menyajikan data. Namun setelah sempat diskors akhirnya PPK dari Kecamatan Kota Baru yang memperbaiki data diminta untuk mempresentasikan perolehan suara dari para paket serta diterima oleh para saksi, Panwas maupun KPU.

Namun demikian pelaksanaan rekapitulasi hanya dihadiri tiga saksi dari Paket Teman, Marsel-Djafar dan Paket Madani sedangkan Paket Darmawan, Paket Garuda, Paket Senayan maupun Paket Lengo Reda Lio juga Paket Hadir Sehati tidak hadir dalam pleno tersebut. Meskipun tidak dihadiri oleh lima saksi dari lima paket pelaksanaan pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Ende, Florentinus H Wadhi serta  dihadiri oleh Anggota KPU lainnya, Rosario Ndai, Vincen Moni dan Djamal Umar juga Ketua Panwas, Esterina Sagajoka, Kapolres Ende, AKBP Musni Arifin serta PPK dari 21 kecamatan tetap berlangsung aman hingga selesai pukul 18.00 Wita. (rom)

Hasil Perolehan Suara Keenam Pasangan

Nama Paket                                                             Jumlah Suara     Persentase
Paket Teman (Yosef Badeoda-Mansur Mberu)         12.429                     9,33
Darmawan (Don Wangge-Dominikus M.Mere         37.288                   28.00
Garuda  (Agustinus G Ngasu-Achmad Mochdar)      12.032                     9,04
Marsel-Djafar (Marsel Petu-Djafar Achmad)            32.062                  24,08
Senayan  (Servas Mario Paty-Yohanes Nggae)         4.659                    3,50
Hadir Sehati (Hendrikus Latu-Abdul Kadir)              8.257                    6,20
Lengo-Reda Lio (Piet Lengo-Siprianus Reda Lio)     6.172                    4,64
Madani  (Martinus Ndate-Heribertus Gani)               20.260                  15,21
                                       Suara sah                          133.159
                                       Suara Tidak Sah                682
                                       Total Suara sah-tidak sah   133.841

Sumber:  KPU Kabupaten Ende


Telah Siap Berkoalisi

Sebelumnya Calon Bupati dari Paket Darmawan, Drs Don Bosco Wangge saat dimintai komentarnya tentang kemungkinan pelaksanaan Pilkada Ende dalam dua putaran menjawab kalau kemungkinan Paket Darmawan masuk ke putaran kedua serta berhadap secara head to head dengan Paket Marsel-Djafar, Don Wanggepun tetap optimis bahwa Paket Darmawan yang akan keluar sebagai pemenang. "Dalam ajang politik kita harus selalu optimis,"ujarnya.

Don Wangge mengatakan kalaupun terjadi dalam dua putaran Paket Darmawan telah siap berkoalisi dengan 6 paket lainnya yang tidak lolos ke putaran kedua. Komunikasi politik telah dibangun dengan secara intes bahkan sudah beberapa kali  diadakan rapat baik dengan para paket ataupun tim sukses dari paket-paket yang ada. "Iya kami sudah bertemu di sekretariat,"ujarnya.

Terima Kasih
Ketua tim paket Marsel-Djafar, Herman Yoseph Wadhi dalam pesan singkatnya kepada Pos Kupang mengatakan atas nama paket marsel jafar, atas nama tim pemenangan , bersyukur kepada Yang Maha Kuasa karena atas penyelenggaraannya paket Marsel Djafar lolos ke putaran dua.

"Saya  menyampaikan terima kasih dan menaruh rasa hormat kami kepada masyarakat  yang telah memilih Marsel Djafar. Terimakasih kepada simpatisan, kepada tim relawan, tim kuarga, tim pemenangan serta simpatisan Marsel Djafar yang telah maksimal bekerja keras memenangkan paket no 4,"kata pria yang dipanggil,Hery Wadhi.


"Tekad kami memang ingin menang satu putaran, tapi hasil yang diperoleh merupakan upaya maksimal dari semua pihak. Tentu tidak boleh berpuas diri, banyak hal yang harus kami evaluasi,  menentukah langkah-langkah strategis, serta kerja tim dalam rangka memenangkan pertarungan di putaran dua,"tambahnya. (rom)

Sumber: Pos Kupang
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes