Tiga Pelari Tewas di Tengah Jalan

DETROIT, SENIN - Tiga pelari maraton tewas sewaktu mengikuti kejuaraan Detroit Free Press/Flagstar Marathon ke-32 hari Minggu (18/10). Penyebab tewasnya mereka masih diselidiki.

Wakil Presiden Marketing Konsumen untuk Partner Media Detroit Rich Harshbarger mengatakan, ketiga pelari roboh di tengah jalan. Daniel Langdon (36), yang berasal dari Laingsburg, tumbang hari Minggu pukul 09.02 saat menempuh jarak 11-12 mil atau 17-19 kilometer.

Pelari lain, Rick Brown (65), dari Marietta, Ohio, terjatuh pada pukul 09.17 di dekat lokasi jatuhnya Langdon. Pelari ketiga, Jon Fenlon (26), dari Waterford, tumbang pukul 09.18 sesaat setelah menyelesaikan setengah maraton dalam waktu 1:53:37.

Belum jelas apakah Brown dan Langdon ikut di nomor 13,1 mil (21 kilometer) alias setengah maraton, ataukah lomba penuh sepanjang 42,05 kilometer.

Menurut Harshbarger, panitia menyediakan sedikitnya enam klinik di sepanjang jalur lomba. Petugas medik darurat juga segera datang dalam beberapa detik begitu seseorang dilaporkan sakit atau cedera.

Sebelum ikut lomba, peserta mengisi formulir kesehatan. Mereka juga dianjurkan berkonsultasi dengan dokter. ”Pada hari di saat begitu banyak orang menantang diri sendiri untuk berbuat yang terbaik, kabar ini berat didengar. Kami bersimpati untuk keluarga mereka,” kata editor media Free Press, Paul Anger.

Suhu udara saat dimulai lomba 28 derajat Fahrenhait atau -2,22 derajat celsius. Suhu beranjak naik hingga 41 derajat (5 derajat celsius) pada pukul 10.00. Pelatih Keith Hanson menegaskan, suhu udara bukan penyebab kematian tiga pelari. ”Angin tidak pernah membunuh,” ujarnya.

Tewasnya pelari maraton di tengah laga sangat jarang terdengar. Tahun 1994 di ajang yang sama, pelari cowok berusia 42 tahun dikabarkan tewas setelah menempuh jarak 32 kilometer.

Lomba lari ini diikuti lebih dari 19.000 peserta.

Melihat usia peserta yang beragam, lomba lari ini memang untuk umum. Lomba ini dimenangi Nicholas Stanko dari Michigan dalam waktu 2:20:24. Adapun pelari cewek yang tercepat adalah Sarah Plaxton, juga dari Michigan, dalam waktu 2:57:09. (AP/IVV)

Sumber: Kompas
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes