Idola Indonesia

DALAM sepekan terakhir dua pemain bintang yang ikut mengantar  tim nasional Spanyol mempertahankan gelar Piala Eropa 2012 berkunjung ke Indonesia yakni Cesc Fabregas dan Xabi Alonso. Kehadiran mereka sungguh membius para penggemar bola di Tanah Air, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Xabi Alonso yang datang bersama istrinya, hari Minggu 8 Juli 2012 hadir dalam acara  Indonesia Mengoper Bola 2012 di Silang Barat Daya Monas Jakarta. Acara tersebut melahirkan  rekor baru Guiness World of Records bertitel Most  Consecutive Football Passes dengan jumlah operan bola sebanyak 1.074 kali.

Ribuan fans dari berbagai daerah pun membanjiri Silang Monas untuk melihat aksi idola mereka mengoper bola. Tidak semua fans Alonso bisa bertemu dan foto langsung dengannya. Tapi mereka tidak kehilangan akal. Papan  foto pemain Real Madrid tersebut jadi pilihan. Banyak yang memanfaatkan papan fotoAlonso untuk berpose sebagai kenang-kenangan.

Satu di antara fans Alonso bernama Irin. Seperti dilaporkan Tribunnnews, gadis berusia 24 tahun asal Galur ini pose bersama papan Xabi Alonso. "Abis susah foto langsung sama Xabi, jadi foto di sini aja deh," kata Irin. Anggi yang datang dari Cibubur bahkan sudah menunggu sejak subuh untuk melihat Xabi Alonso. Tetapi karena susah untuk berfoto langsung, ia pun memilih papannya saja.

Lain lagi aksi anak-anak dan remaja penggemar gelandang elegan Spanyol tersebut. Agar lebih jelas melihat Xabi mengutak-atik kulit bundar di Silang Monas mereka  memanjat pohon. Pohon setinggi kurang lima meter  tidak menyiutkan nyali.Mereka setia bertengger di dahan pepohonan  hingga Alonso  selesai mengoper bola.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir sudah banyak kelompok  bisnis di Tanah Air mendatangkan bintang sepakbola dunia. Kehadiran para atlet ternama itu selain  promosi demi meningkatkan branding juga demi memuaskan kerinduan masyarakat melihat langsung pemain idolanya. Itulah sebabnya kedatangan para bintang olahraga dunia ke Indonesia selalu sukses.

Masyarakat Indonesia sangat menggandrungi sepakbola. Di negeri ini bahkan seorang bocah pun menghafal nama pemain klub Barcelona seperti Lionel Messi atau kiper nomor satu Spanyol dari klub Real Madrid, Iker Casillas. Banyak fans club terbentuk di berbagai kota dan komunitas mereka sangat setia pada klub kesayangan masing-masing.

Kegandrungan semacam  ini sesungguhnya merupakan aset sosial yang luar biasa guna membangun olahraga sepakbola berprestasi. Tapi ironi justru melanda bangsa besar ini. Di cabang sepakbola kita belum bisa melahirkan bintang idola sendiri seperti yang sukses diperlihatkan Korea Selatan, China, Jepang dan negara Asia Timur lainnya. Maklum saja sepakbola Indonesia kisruh melulu. Ribut sepanjang waktu memperebutkan kursi di PSSI. Ketika secara organisasional kita rapuh, maka bintang idola sepakbola dari negeri sendiri sulit terwujud sampai kapan pun. Dan, anak-anak kita akhirnya semata mengidolakan tokoh semisal Xabi Alonso, Fabregas, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. *

Sumber: Tribun Manado 9 Juli 2012 hal 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes