NTT Juara Umum Tinju

KUPANG, PK -- Seperti prediksi kontingen PPLP Propinsi NTT berhasil keluar sebagai juara umum Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju Antar-PPLP se- Indonesia yang berlangsung di GOR Flobamora Kupang tanggal 16-21 Juli 2009. Setelah final, Selasa (21/7/2009) malam, NTT meraup 18 poin, mengalahkan saingannya, Riau.

Secara umum, NTT merebut empat medali emas, satu perak dan tiga perunggu. Medali emas NTT diraih oleh Rudolf Landy (46 kg junior boy), Yandi Papuli (52 kg junior boy), Xaverinus (51 kg youth boy) dan Morids Malaikosa (57 kg youth boy). Satu medali perak direbut Yohanes Mella dari kelas 60 kg youth boy. Tiga medali perunggu dipersembahkan oleh, Chris Bana (40 kg junior boy), Lazarus Lassa (42 kg junior boy) dan Libertus Gail (54 kg junior boy).

Petinju Maluku, Gerry Toisuta ditetapkan menjadi petinju terbaik. Gelar petinju harapan disabet oleh Faran Papendang dari Sulawesi Utara. Untuk kategori antar- sasana, juara umum direbut sasana Haukoto (18 poin), petinju favorit putra, Maxem Batmalo (Citra Desain), harapan putra, Demy Amung (Alor), terbaik putra, Silvester Lassa (Haukoto). Petinju favorit putri direbut Marina Neolaka (Neonsaen), harapan putri untuk Magdalena Kamboya (Merauke) dan petinju terbaik putri jatuh kepada Sri Foes (PGMI).

Riau sebenarnya tampil luar biasa dalam kejuaraan ini. Tiga petinjunya yang lolos ke final semuanya membawa pulang medali emas. Namun, NTT yang memainkan lima petinjunya di final ternyata lebih beruntung, karena hanya Yohanes Mella yang kalah, sedangkan Rudolf Landy, Yandi Papuli, Xaverius dan Morids Malaikosa semuanya berhasil merebut medali emas di kelasnya.

Malam final kejuaraan ini berlangsung menarik. Ribuan penonton yang memadati tribun GOR Flobamora terus meneriakkan yel-yel mendukung tim favoritnya. Kontingen PPLP NTT, nampak datang dengan suporter yang khusus didatangkan untuk mendukung para petinjunya.

Final di kelompok antar-PPLP berlangsung sangat ketat. Maluku yang secara menyejutkan lebih banyak meloloskan petinjunya ke babak final ternyata tidak bisa mendominasi. Andalan PPLP Maluku seperti Marco Semaputty, Octovianus Patty dan Rido Toisuta, harus mengakui kelebihan lawannya. Marco petinju Sulawesi Selatan, Irfandy, Octovianus dikalahkan petinju NTT, Rudolf Landy sedangkan Rido kalah dari petinju Sulut, Faran Papendang.

Kejuaraan ini secara resmi ditutup oleh Wakil Gubernur NTT, Ir. Esthon L Foenay, M.Si. Hadir dalam acara penutupan tersebut Ketua DPRD NTT, Drs. Melkianus Adoe, Sekretaris Umum KONI Propinsi NTT, Drs. Umbu Saga Anakaka, dan para pejabat lainnya.

Usai acara penutupan, dilanjutkan dengan malam perpisahan yang digelar di Hotel Bahtera Indah, Kupang. Acara dimeriahkan dengan aksi-aksi menarik dari para penyanyi lokal yang diundang khusus oleh panitia untuk memeriahkan acara tersebut.

Untuk diketahui, kejuaraan tinju antar-PPLP se-Indonesia dan antar-sasana se-Nusa Tenggara digelar sejak tanggal 16-21 Juli 2009. Peserta antar-PPLP berasal dari NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Riau, Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah.

Penyelenggara dari event ini adalah Bidang Keolahragaan Dinas PPO Propinsi NTT yang bekerjasama dengan Pengprop Pertina NTT. Kejauraan ini mendapat dukungan dari Platina Komputer (sponsor utama), SKH Pos Kupang, Harian Timex, RRI, Suzuki, Extra Joss, Telkomsel, Warung Batagoer, Hotel Bahtera Indah dan sponsor lainnya. (eko)

Pos Kupang edisi Rabu, 22 Juli 2009 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes