Konser Sasando Spektakuler!

PETIKAN musik sasando yang dipadu dalam satu kesatuan musik orkestra memberi nuansa yang berbeda dalam sebua pertunjukan musik. Inilah yang disuguhkan Dwiki Darmawan Orkestra bersama pemusik sasando Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam Konser Sasando di Aula El Tari-Kupang, Minggu (20/12/2009).

Bukan itu saja, perpaduan apik ini juga membuat lagu- lagu daerah NTT bisa ditampilkan dengan gaya musik modern yang universal. Sekitar 500 penonton pun larut dalam suasana konser musik yang juga disaksikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, Pangdam IX Udaya, Mayor Jenderal TNI Hotmangaradja Pandjaitan, Gubernur NTT Drs. Frans Lebu Raya serta pejabat lingkup Departemen Kebudayaan dan Pariwisata serta pejabat lingkup Propinsi NTT. Acara yang bertajuk Ku Yakin Sampai di Sana ini digelar oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI.

Konser diawali dengan penampilan Dira Sugandi yang membawakan lagu Mai Falie. Lagu asal Rote ini dibawakan dengan iringan musik sasando dan Dwiki Darmawan Orkestra. Konser yang dipimpin oleh Dwiki Darmawan ini langsung memberikan pengakuan yang sebenarnya bahwa musik sasando yang eksotik mampu menampilkan warna musik yang elegan dalam nuansa musik klasik.



Setelah penampilan Dira, giliran Ivan. Pemuda asal Manggarai yang sukses sebagai penyanyi jazz di Jakarta ini tampil memukau saat membawakan lagu Anak Timor Main Sasando. Penampilan yang menawan pria berambut gimbal ini semakin memberi warna kekuatan musik sasando bila dipadukan musik orkestra, apalagi pemusik sekelas Dwiki Darmawan yang menata musik ini.

Dan, penampilan ketiga adalah Ita Purnama Sari. Penyanyi yang populer tahun 1990-an ini membawakan lagu Bolelebo. Lagu ini pun dibawakan dengan lembut oleh penyanyi yang terkenal dengan lagu Penari Ular ini.
Lagu ini menjadi sangat luar bisa tatakala Ita Purnama Sari membawakan lagu ini dengan iringan Dwiki Darmawan Orkestra bersama pemusik sasando NTT.

Penonton pun dibuat terpana, karena lagu yang bisa- biasa saja ini digubah menjadi lagu yang sangat sangat indah. Penonton kembali terkesimak dengan penampilan penyanyi asal Jakarta ini.

Dira Sugandi kembali tampil dengan membawakan lagu Ie, asal Ende. Lagu yang sudah biasa dibawakan grup- grup paduan suara di Kupang ini dibawakan dengan sangat beda oleh penyanyi jazz ini. Penonton kembali dibuat kagum dengan aransemen musik Dwiki Darmawan dalam konser ini, ditambah lagi dengan dentingan musik sasando yang memikat.


Penonton pun diajak menikmati lagu ini dengan ikut bertepuk tangan. Dan Ivan kembali tampil dengan membawakan lagu Benggong- asal manggarai, dipenghujung pemusik sasando dan Dwiki Darmawan Orkestra ini. Lagu berirama bernuansa cepat ini pun mengajak penonton bersuka ria.

Konser ini ditutup suguhan lagu Ku Yakin Sampai di Sana, ciptaan Susilo Bambang Yudhoyono. Paduan Suara Vokalista Kamanek yang sejak selalu menjadi backing vokal para penyanyi sebelumnya itu tampil sebagai vokalis membawakan lagu ini. Musik sansando pun menjadi menjadi perhatian dalam konser musik ini.
Suguhan konser musik ini menjadi gambaran bahwa musik sasando bila ditempatkan pada strata musik yang lebih tinggi maka nilainya pun akan tinggi.(alf)

Pos Kupang 21 Desember 2009 halaman 20
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes