Sejumlah Tokoh akan Terima NTT Academia Award

KUPANG, PK -- Menjelang peringatan HUT ke-51 Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sejumlah tokoh berprestasi akan menerima NTT Academia Award 2009 dari Forum Academia NTT (FAN).

Penganugerahan NTT Academia Award 2009 akan berlangsung di aula Museum Daerah NTT, Jl. El Tari II Kupang, Sabtu (19/12/2009) petang. "Para calon penerima sudah kami undang. Pemenangnya baru diumumkan saat acara puncak di Museum Daerah NTT," kata Ketua Panitia NTT Academia Award 2009, Wilson Therik di Kupang, Jumat (18/12/2009). Selain memberikan penghargaan, FAN juga menyelenggarakan pameran foto tentang ketahanan pangan NTT.

Wilson Therik yang didampingi Sekretaris Panitia, Gusti Brewon, menjelaskan NTT Academia Award 2009 akan memberikan penghargaan kepada para tokoh prestasi dalam tiga kategori. Kategori I bidang Sains dan Inovasi Keteknikan, Kategori II bidang Inovasi Pembangunan dan Kategori III bidang Humaniora, Sastra dan Inovasi Sosial Budaya.

Therik menjelaskan, calon pemenang Kategori I, antara lain, Sr. Dr. Susi Susilawati Cicilia Laurentia, PI, Murid SD Kristen Hosana Kelapa Lima Kupang, Steven Tanjung dan Celine Elimtali dan Siswa SMUN 1 Kupang.

Calon pemenang Kategori II, yakni Viktoria Nabut, Himerti Sela dan Marces Snae dari SMP Terbuka, Oelnasi, Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Isabella Dias Gonzales (Lembata) dan Ny. Rambu Atanau-Mella (SoE, TTS).

"Sedangkan calon pemenang kategori III terdiri dari Pdt. Dina Takalapeta-Meler,
Viator Parera dan Yie Gae Tjie dari Maumere, Kabupaten Sikka," ujar Therik.
Gusti Brewon menambahkan, para calon pemenang itu telah dinilai oleh tim juri yang terdiri dari lima orang, yaitu P. Yulius Yasinto, SVD,MA, M.Sc, Prof. Dr. Vincent Gaspersz, Ir. Salmijati Kaunang, M.S, Sylvia Fanggidae dan Matheos Viktor Messakh, S.Th., M.A.

NTT Academia Award adalah penghargaan tahunan yang hendak dimaknai sebagai penghargaan prestasi akademik tertinggi yang dicapai para academia NTT. "Kriteria penilaian adalah revelansi bagi permasalahan dan pembangunan NTT, daya cipta dan inovasi, tingkat representasi dan pencitraan NTT, tingkat prestasi, visi penerima serta inspirasi dari karya mereka," demikian Wilson Therik. (osi)

Pemenang Sebelumnya

NTT Academia Award 2007
- Politeknik Negeri Kupang atas dua prestasi nasional yang diraih lewat Kusa Bill Noni Nope M.T (dosen) dan tim mahasiswa dalam lomba inovasi teknologi robotika di ITS, Surabaya.
- Tim pelajar SMUN 2 Kupang (Kristina M Puu Heu, Jefry Tuan, lyan M Sioh dan guru Pembingbing Marselina Tua). Juara nasional penelitian terumbu karang.

NTT Academia Award 2008
- Siprianus Paulus Dawan (Mahasiswa Undana yang mengembangkan kolektor gerak surya, alat untuk menyuling air laut menjadi air tawar.
- Zet Malelak yang sukses membawa warga Dusun Uel, Desa Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, berswasembada jagung.
- Yovita Meta Bastian yang menduniakan tenun ikat Biboki, Timor Tengah Utara (TTU).
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes