Ben Mboi Seorang Pekerja Keras

Ben Mboi saat pelantikan Nafsiah menjadi Menkes
* Fary Dj Francis (Ketua Komisi V DPR RI)

FARY mendampingi Ketua DPD Partai Gerindra, Prabowo Subianto melayat jenazah Ben Mboi di rumah duka. "Pak Prabowo tidak omong banyak waktu itu. Pak Prabowo hanya mengatakan, selamat jalan pahlawan. Terima kasih untuk pengabdian kepada bangsa dan negara," kata Fary, menirukan pernyataan Prabowo saat dihubungi dari Kupang melalui telepon. Fary mendampingi Prabowo sempat berbincang-bincang dengan istri Ben Mboi, Ny. Nafsiah Mboi. "Yang melayat sangat banyak. Pimpinan negara dan mantan pimpinan negara dari sipil dan militer banyak yang hadir. Ini merupakan penghormatan terakhir kita kepada pahlawan bukan hanya bagi NTT tapi pahlawan Indonesia," kata Fary.   (eko)


* Esthon L Foenay (Mantan Wagub NTT)


SAYA sangat mengenal Ben Mboi. Beliau  sosok yang sangat merakyat. Programnya sangat menyentuh kondisi riil. Saya menilainya sebagai sosok pamong praja sejati. Beliau tokoh pluralis dengan programnya yang terkenal, Operasi Nusa Makmur, Operasi Nusa Hijau, Operasi Nusa Sehat dan Benah Desa. Semboyan yang sering beliau sampaikan ke mana-mana, "Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi." Ini sesungguhnya memotivasi kita untuk terus berjuang membangun NTT.  (yon)


* IA Medah (Mantan Ketua DPRD NTT)

SOSOK Ben Mboi pekerja keras. Programnya sangat nyata dan sistematis dengan melihat kondisi lokal NTT. Programnya ditunjukkan dengan selalu mengunjungi masyarakat di desa-desa. Beliau sangat peka terhadap persoalan rakyat. Kesan yang saya tangkap, kerja sama dengan kabupaten dalam mendukung program ONM, ONH, ONS dan Benah Desa, sangat konkrit. Ketika ada persoalan yang dialami warga, beliau langsung turun. Selama 10 tahun memimpin NTT, banyak hal yang sudah dibuat Ben Mboi. Kita harus apresiasi terhadap perjuangannya memajukan NTT dan ini patut dicontohi kita semua yang masih ada di tanah Flobamora tercinta. (yon)


* Christian Rotok (Bupati Manggarai)


TAK bisa dilupakan   gerakan pembangunan  semasa Ben Mboi memimpin NTT,  yakni Operasi  Nusa Makmur (ONM) dan Operasi Nusa Hijau (ONH). Dua operasi ini  membawa NTT menjadi swasembada pangan. Dalam pengembangan ekonomi rakyat,  terbitnya SK Gubernur 231 tentang tata niaga  produksi rakyat melalui Koperasi Unit Desa (KUD). Semangatnya  bagus, namun  pelaksanaannya yang tidak sesuai dengan semangat awal dan  akhirnya mati. "Sosok yang  tidak mengenal lelah dalam menjalankan tugas dan aktivitas pribadi.    Membaca buku merupakan  warisan yang  patut ditiru generasi saat ini,  sehingga setiap piodato selalu  ada yang baru dan tidak membosankan didengar," kata Chris, Selasa (23/6/2015). (ius)

* Deno Kamelus (Wakil Bupati Manggarai)


BEN Mboi sosok  pemimpin yang tegas, berani, rasional, bersih, dekat dengan persoalan rakyat dan bersama rakyat berusaha untuk menyelesaikanya.  Ia juga  figur  intelektual yang berani  menyuarakan kebenaran sesuai keyakinan intelektualnya. "Pak Ben,  pemimpin sepanjang hayat karena beliau memiliki kemampuan intelektual  yang mumpuni. Pendirian yang kuat dan tetap menjadi diri sendiri," ujar Kamelus, Selasa (23/5/2015). (ius)

* Paulinus Domi (Mantan Bupati Ende)

BEN Mboi sosok yang disiplin dan tipe  pemimpin yang tidak hanya mendengar laporan, tapi turun langsung ke lapangan memantau hasil pembangunan dan kehidupan masyarakat NTT di desa saat itu.  Ditemui di kediamannya di Kota Ende, Selasa (23/6/2015), Paulinus Domi mengatakan, saat ia menjadi camat di Detusoko, Ben Mboi  melakukan kunjungan ke Detusoko. Saya diminta memberikan laporan pembangunan di Detusoko.  Bukan laporan pembangunan yang ditanya oleh Ben Mboi, tapi  menanyakan satu pohon kayu di Desa Ratenggoji, Kecamatan Detusoko. Pertanyaan yang tidak pernah saya sangka. Untungnya saya tahu tentang pohon itu karena berada di pinggir jalan sehingga saya bisa menjawab," kenang Domi.  Dari pertanyaan  sederhana itu, Domi melihat  Ben Mboi adalah  tipe pemimpin yang tidak hanya mendengar laporan dari staf, tapi langsung turun ke lapangan.   (rom)

* Fred Benu (Rektor Undana Kupang)

BAGI saya, Ben Mboi adalah seorang birokrat tulen yang handal, ilmuwan sekaligus orang tua bagi saya. Saya katakan beliau seorang birokrat karena pengalaman sebagai seorang Gubernur NTT melalui jenjang birokrasi dan jenjang politik yang panjang.  Ben Mboi, gubernur yang dekat dan sekaligus tegas terhadap rakyatnya. Melalui Operasi Nusa Makmur (ONM) dan Operasi Nusa Hijau (ONH) terbukti mampu membawa NTT ke arah swasembada pangan. Beliau gubernur yang pernah membawa NTT berswasembada jagung pada masa kepemimpinannya. Saya katakan ilmuwan, itu karena saya banyak 'mencuri' ilmu dari beliau. Setiap kali beliau mengunjungi Kupang, pasti saya diundang ke rumahnya di Oetona, Kelurahan Bakunase, untuk berdiskusi dengan beliau dalam suasana akademik.  Saya katakan beliau orang tua saya karena beliau sangat dekat dengan saya secara pribadi dan beliau juga sangat sayang pada keluarga saya. (yel)

* Salmun Tabun (Sekda TTS)

SAYA merasakan dampak yang luar biasa selama dua periode era kepemimpinan Pak ben Mboi. Almarhum dikenal sebagai sosok  disiplin dan tegas. Beliau banyak melahirkan program yang membawa dampak kemajuan bagi NTT. Saya memang tidak pernah bekerja sama secara langsung dengan almarhum, namun dua periode kepemimpinan beliau saya merasakan ada perubahan pembangunan di NTT yang luar biasa. Itu tidak lepas dari sikap disiplin dan tegas beliau. Beliau tidak segan-segan menegur dan menindak stafnya jika berbuat salah. (din)

Sumber: Pos Kupang 24 Juni 2015 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes