Gidion Mbiliyora Raih 49,47 Persen


WAINGAPU, PK -- Dari total 116.540 suara sah hasil pemungutan suara 3 Juni 2010, pasangan calon Bupati- Wabup Sumba Timur (Sumtim). Gidion Mbilijora-Matius Kitu (GBY-MK) memperoleh hampir 50 persen, yakni 49,47 persen (57.647 suara).

KPUD Sumtim dalam dapat pleno, Sabtu (12/6/2010), menetapkan pasangan tersebut sebagai pemenang Pemilu Kada Sumtim. Rapat pleno KPUD berlangsung di bekas gedung DPRD Sumba Timur.

Dari rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan dalam rapat pleno tersebut, terlihat jelas perbedaan jumlah suara yang sangat menyolok antara Paket GBY-MK dengan empat paket calon lainnya.


Perolehan suara pasangan ini di luar dugaan. Banyak orang memprediksi GBY-MK akan mendapat persaingan ketat Paket Maraing (Umbu Manggana-Kristofel Praing). Kalaupun menang, paket GBY-MK diperkirakan hanya bisa mencapai 30 persen lebih. Namun hasil rekapitulasi kemarin, membuktikan keunggulan paket ini.

Perolehan suara GBY-MK melejit jauh meninggalkan keempat paket lainnya. Hanya kurang 0,53 persen, perolehan suara GBY-MK menyamai total perolehan suara dari keempat paket lainnya.

Paket Maraing yang sebelumnya digadang-gadang akan bersaing ketat dengan GBY-MK hanya kebagian 17,73 persen (20.664) suara. Sementara paket Luri (Lukas Kaborang-Rambu Lika) 12,08 persen atau 14.075 suara, Pinang (Langu Pindingara-Kabunang Rudiyanto) 10,85 persen atau 12.648 suara dan Maju (Emanuel Babu Eha-Umbu Hapu Benju) 9,87 persen atau 11.506 suara.

Pleno penetapan hasil perolehan suara di KPUD Sumba Timur yang sebelumnya diprediksi ribut, ternyata berjalan aman. Para saksi tidak banyak menyampaikan protes. Hanya pada awal-awal saja, saksi dari paket Maraing, Paulus K Tarab meminta agar dalam berita acara penetapan hasil rekapitulasi dibuat catatan tentang pelanggaran-pelanggaran yang terjadi selama Pemilu Kada. Catatan itu, kata Paulus, penting agar pelanggaran yang sama tidak terulang lagi pada pemilu-pemilu yang akan datang. Demikian juga usulan saksi dari Paket Luri, Agus Lutang.

Ketua KPUD Sumba Timur, Siliwoloe Ndjoeroemana yang memimpin rapat pleno menyarankan agar dugaan pelanggaran yang belum terselesaikan disampaikan saja ke Panwas Pemilu Kada. Panwas-lah yang akan memberikan rekomendasi ke KPUD.

Suasana di luar ruangan rapat pleno, juga tenang. Para pendukung kelima paket calon mengikuti jalannya rapat pleno dengan tertib. Tidak ada keributan yang mengganggu jalannya rapat pleno. Meski demikian, polisu terlihat melakukan pengamanan ketat jalannya rapat. Sebuah watter canon disiagakan di halaman gedung tempat berlangsungnya pleno rekapitulasi. Semua pengunjung yang masuk ke ruangan rapat diperiksa. Pintu belakang dan depan ruangan pleno dipagari polisi sehingga para pendukung tidak mendekati ruangan pleno.

Setelah penetapan hasil perolehan suara dari masing-masing kandidat, pada Senin (14/6/2010), akan dilanjutkan dengan pleno penetapan calon terpilih.
Dari segi partisipasi pemilih, Siliwoloe mengatakan, Pemilu Kada kali ini lebih baik dari Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden, dimana tingkat partisipasi pemilih mencapai 83 persen. Meskipun dari jumlah pemilih, katanya, yang tidak ikut memilih masih cukup tinggi yaitu 22.775 orang. (dea)

Pos Kupang 13 Juni 2010 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes