5,9 Juta Ha Laut di NTT Dikonservasi

Kupang, POS KUPANG.Com - Kawasan laut seluas 5,9 juta hektare yang berada di 11 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) dikonservasi.

"Luas laut yang dikonservasi 5,9 juta hektare yang tersebar di 11 kabupaten/kota tergabung dalam cadangan konservasi Laut Sawu," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Propinsi NTT, Ansgerius Takalapeta di Kupang, Kamis (19/11/2009).

Sebanyak 11 kabupaten yang memiliki wilayah perairan untuk cadangan konservasi tersebut adalah Manggarai Barat, Manggarai, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Rote Ndao, Sabu Raijua dan Timor Tengah Selatan (TTS).

Tujuan dilakukan konservasi, katanya, untuk melindungi ribuan tumbuhan air, ikan, karang, dan mamalia di kawasan itu terhadap ancaman bom dan sianida yang digunakan nelayan lokal dan asing. Konservasi Laut Sawu, katanya, dibagi dalam dua zona, yakni zona perairan Laut Sawu seluas 3,5 juta hektare, terdiri atas perairan Sumba dan sekitarnya seluas 567.165,64 hektare.

Kedua, zona Timor, Rote, Sabu (Tirosa) dan Pulau Batek yang meliputi, perairan Sabu, Rote, Timor dan Batek seluas 2.953.964,37 hektare. Selain itu, Kabupaten Alor pada Maret 2009 telah menetapkan kawasan konservasi daerah Alor seluas 400.000 hektare. "Jadi total laut yang akan dikonservasi di NTT seluas 5,9 juta hektare," katanya.

Pencadangan kawasan konservasi Laut Sawu tersebut, jelasnya, berdasarkan surat keputusan (SK) Menteri Kelautan dan Perikanan No.Kep.38/MEN/2009 yang dideklarasikan pada 13 Mei 2009. Laut Sawu ditetapkan sebagai kawasan konservasi, karena berada di segi tiga emas tarumbu karang dunia, bersama enam negara lainnya, dan alas segi tiga terumbu karang tersebut berada di Laut Sawu.

"Kawasan konservasi tersebut akan ditingkatkan menjadi taman nasional atau "Sawu sea projeck pada waktu yang akan datang," katanya. Dengan dilakukan konservasi ini, katanya, diharapkan juga agar pemanasan global yang menyebabkan arus dingin tidak merusak terumbu karang yang berada di dasar laut. "Laut Sawu sering terjadi arus dingin. Kami berharap dengan konservasi ini, maka tarumbu karang yang ada masih dapat bertahan," katanya.

Walaupun 5,9 juta hektare laut di NT dikonservasi, namun aktivitas ekonomi masyarakat dan pariwisata di perairan tersebut tetap berjalan. Pemerintah pusat pada 2009-2010 telah mencangkan konservasi laut seluas 10 juta hektar. Dan, NTT telah menyumbang seluas 5,9 juta hektare konservasi laut nasional. (ant)

Sumber: Pos Kupang

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes