Kopi Bajawa Peringkat I Nasional

BAJAWA, PK -- Kopi Arabika Flores Bajawa (AFB) yang belum lama ini diekspor ke Amerika Serikat sebanyak 150 ton, kini menempati peringkat I nasional dari aspek mutu dan cita rasa kopi spesialty se-Indonesia.

Berdasarkan penilaian uji kopi yang dilakukan oleh Asosiasi Kopi Indonesia, kopi AFB meraih poin 94,6, menyisihkan kopi Aceh yang menempati peringkat II dengan poin 86 lebih.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (P3) Kabupaten Ngada, Ir. Bernard F. Burah, didampingi Kabid Perkebunan, Ir. Fabianus Pesek, dan Kasie Pengolahan & Pemasaran Hasil Perkebunan, Edeltrudis Wole, di ruang kerjanya, Sabtu (31/10/2009).

Bernard mengatakan, penilaian dilakukan selama tiga hari, sejak 27-29 Oktober 2009 di Jakarta. Tim penilai berasal dari luar negeri. Dengan kualitas ini, maka kopi AFB telah dilirik Asosiasi Kopi Jepang dan Eropa.

Terkait hal ini, demikian Bernard, hadiah dan penghargaan berupa trophy dan uang senilai Rp 10 juta akan diterima tanggal 9 November 2009 di Jakarta. Dan, yang akan berangkat menerima penghargaan, yakni Kadis P3 Ngada dan perwakilan petani dari UPH (Unit Pengolahan Hasil) Tonitebu, Desa Rakateda I, Kecamatan Golewa. Petani yang diutus merupakan yang terbaik berdasarkan penilaian kinerja selama ini.

Bernard menjelaskan, saingan yang mengikuti kompetisi mutu dan cita rasa kopi spesialty ini berasal dari merk dagang Kapal Api, Kopi Luwak Situbondo, Kopi Aceh, Kopi Toraja, Bali, Lampung, Termuk Kopi produksi dari Pusat Penelitian Kopi & Kakao Jember.

Dikatakannya, dengan apa yang diraih ni tentu sangat membanggakan karena mengangkat citra kopi AFB. Selain itu, membuka peluang bisnis kopi bajawa menembus pasar internasional dan dilirik negara lainnya. "Tahun ini mengalami peningkatan luar biasa karena tahun lalu dalam penilaian Kopi AFB baru meraih peringkat tiga," ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap petani yang dengan baik mengolah kopi AFB karena untuk mendapat mutu dan cita rasa specialty kopi AFB, sangat tergantung dari pengolahan sejak panen, sortir, fermentasi, giling jadi kopi HS, kemudian menjadi OSE.

Dia mengakui, ke-12 UPH yang ada di Ngada saat ini telah diarahkan untuk mengolah kopi sesuai Standar Operasional Produksi (SOP) dengan poin yang dinilai, yakni aroma (wangi), flavour (rasa), acidity (keasaman), body (fisik), bitterness (tingkat kepahitan), sweatness (kelembuatan di lidah).

Bernard menambahkan, ia baru mnerima kabar via telepon selular "Tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2009 ada kegiatan ekspose kopi seluruh nusantara di Jakarta, dan Propinsi NTT menampilkan kopi AFB," tambahnya. (dd)

Standar Penilaian

1. Aroma (Wangi)
2. Flavour (Rasa)
3. Acidity (Keasaman)
4. Body (Fisik)
5. Bitterness (Tingkat Kepahitan)
6. Sweatness (Kelembutan di Lidah)



Perluasan Lahan 75 Hektar


SEIRING meningkatnya permintaan konsumen dan besaranya potensi kopi AFB, maka Dinas P3 Ngada terus menggenjot untuk mendukung kemajuan produksi. Tahun ini usul perluasan lahan tanam direalisasikan hingga 75 hektar (ha), dan tahun 2010 direncanakan perluasan tanaman kopi 110 ha.

Upaya menambah volume ekspor juga dikembangkan melalui rencana penambahan empat UPH pada tahun 2010. "Dilihat dari sisi potensi sebenarnya masih membutuhkan penambahan 25 UPH. Namun semua harus dilalui secara bertahap dengan empat UPH dulu karena penambahan UPH tentumembutuhkan asupan dana yang tidak sedikit karena akan membutuhkan penambahan mesin, sarana, dan sumber daya manusia/petani," tegasnya.

Saat ini, kata dia, masih sekitar 400-500 ton kopi yang tidak tertampung dalam UPH dan diharapkan dengan penambahan UPH maka mampu mengakomodir semua hasil kopi petani.

Mengenai hal ini, Dinas P3 Ngada sedang mengajukan permohonan usulan tersebut ke Pemkab Ngada dan diusahakan masuk dalam APBD II. Terkait lirikan Asosiasi Kopi Jepang dan Eropa, Bernard mengatakan pihaknya siap memenuhi permintaan ekspor jika semua usulan untuk pengembangan telah terpenuhi. (dd)

Pos Kupang 2 November 2009 halaman 9
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes