APBD Ende Bocor Rp 3,5 Miliar

KUPANG, PK -- Aparat Kejaksaan Tinggi (Kejati) Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini sedang menyelidiki kebocoran ABPD Kabupaten Ende selama tiga tahun anggaran yang mencapai Rp 3,5 miliar. Kebocoran dana diduga akibat dikorupsi. Beberapa pejabat dan mantan pejabat penting di Ende diduga terlibat.

Penyelidikan kasus tersebut dipimpin Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) NTT, Suhardi, S.H. Kepada wartawan di kantor Kejati NTT, Jalan Adhyaksa-Kupang, Rabu (11/11/2009), Suhardi mengatakan, penyelidikan kasus itu sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu.

Kebocoran dana APBD Ende itu terjadi selama tiga tahun anggaran yakni 2005, 2006 dan 2008. Dari tiga tahun anggaran tersebut, total dana yang tidak dapat dipertangungjawabkan mencapai Rp 3,5 miliar. Salah satu sumber kebocoran berasal dari pos anggaran tidak tersangka.

"Tapi bisa saja nilai kerugian negara lebih dari Rp 3,5 miliar, karena proses pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait masih sedang berlangsung," kata Suhardi.

Ditanya siapa saja pejabat dan mantan pejabat penting di Ende yang terlibat dalam kasus itu, Suhardi mengatakan bahwa pada saatnya akan disampaikan kepada wartawan untuk dipublikasikan.

Sejauh ini, katanya, jaksa sudah meminta keterangan empat orang saksi dari Setda Kabupaten Ende.

"Sudah empat orang yang diperiksa sebagai saksi," kata Suhardi yang saat itu didampingi Kasi Penyuluhan Hukum dan Humas Kejaksaan Tinggi NTT, Muib, S,H.

Dia menegaskan bahwa kasus itu akan diusut sampai
tuntas dan pihak-pihak yang terlibat akan diproses hukum dan ditahan di Kupang.

Sumber Pos Kupang menyebutkan, kebocoran dana itu terjadi karena pengeluaran atau pemanfaatan dana itu tidak melalui prosedur yang benar. Sebagian besar dana ditransfer ke rekening orang tertentu atas perintah pejabat dan mantan pejabat penting di Ende. Dan, petugas yang diperintahkan untuk mentrasfer uang tersebut sudah diperiksa dan mengakuinya. (ben)

Pos Kupang 12 November 2009 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes