Pantai Ini Bisa Berubah Wujud

Pantai Mingar Lembata (ist)
Keunikan tidak hanya dimiliki Gunung api Batutara, di Lembata. Tetapi Pulau Lembata masih menyimpan berbagai keunikan lain yaitu Pantai Mingar yang bisa berubah-ubah mengikuti musim.

Pantai Mingar terletak di Desa Mingar, Kecamatan Nagawutun, Kabupaten Lembata. Keindahannya tak tertandingi pantai mana pun di dunia.

Pantai yang selalu berubah wujud ini jaraknya hanya sekitar 20 kilo meter dari Lewoleba, ibukota Kabupaten Lembata. Tepatnya di bagian selatan Pulau Lembata.

Siklus perubahan pantai biasa terjadi pada bulan April hingga Januari. Selama 10 bulan itu, pantai akan dipenuhi pasir putih. Panjangnya sekitar 5 kilometer.

Namun pada bulan Februari hingga Maret, semua pasir putih akan menghilang ditelan gelombang. Pantai itu hanya tersisa batu karang dan sedikit pasir hitam.

Selama bulan Februari-Maret ini, warga setempat akan berjubel di pantai untuk mencari nale (cacing laut).

Kini Mingar menjadi tujuan wisatawan manca negara. Sayang di sekitar pantai tidak tersedia penginapan. Wisatawan asing yang terjebak malam di pantai itu terpaksa tidur di bale-bale wisata yang dibuat oleh pemerintah setempat.

"Kemarin ada bule asal Prancis tidur di sini. Dia sendirian. Kami sempat bercakap-cakap dengan dia. Kami ajak dia ke rumah, tapi dia memilih tidur di tempat (bale-bale) ini," ujar Hans, warga Mingar beberapa waktu lalu.

Kepala Desa Mingar, Isadorus Pasing alias Isa Sura juga membenarkan hal itu.

"Sering sekali bule-bule ke sini. Biasanya mereka tidur di pantai," ucapnya.

Menurut Isa, pantai Mingar akan terlihat ramai di hari minggu atau hari libur. Orang Lewoleba yang biasa ke sini.

Gelombang laut di pantai yang berhadapan langsung dengan Pulau Suanggi ini sangat cocok untuk berselancar. Tapi hingga kini hanya sedikit yang berminat. Hal itu disebabkan karena akses jalan menuju pantai sangat buruk.

Sejauh ini hanya sedikit yang sudah diaspal, sedangkan lainnya masih berupa batu dan pasir. Selain itu, di lokasi Pantai Mingar belum ada warung makan dan tempat inap bagi para wisatawan.

"Desa Mingar memiliki 5 dusun yang dihuni oleh 357 kepala keluarga (KK). Penduduk kita sebanyak 1088 jiwa," papar Isa. (detik travel)

Sumber: Pos Kupang 17 Desember 2017
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes