Perseftim Juara ETMC 2009

BAJAWA, PK -- Setelah menunggu sejak menjadi juara tahun 1969, Perseftim Flores Timur akhirnya keluar sebagai juara turnamen sepakbola El Tari Memorial Cup (ETMC) 2009. Dalam final yang berlangsung di Stadion Labijaga, Bajawa, Senin (3/8/2009), Perseftim mengalahkan Persematim, Manggarai Timur, 2-1.

Dua gol Perseftim dicetak Hendrik Baon pada menit ke-20, dan Nimus Atamau pada masa perpanjangan waktu. Sedangkan gol Persematim dicetak Marsianus Sola pada menit ke-37.

Pertandingan ini berjalan dalam tempo yang cukup tinggi, karena kedua tim sudah saling mengenal tipe permainan lawan. Persematim yang mengandalkan Decky Kadja, Marsianus Sola, Marsianus Roja dan Atus Karpitang, langsung membangun serangan-serangan berbahaya ke jantung pertahanan Perseftim. Namun peluang-peluang tersebut masih sanggup dipatahkan penjaga gawang Iwan Baon dan barisan pertahanan Perseftim yang dikoordinir kapten kesebelasan, Alfons Langga.

Perseftim, dengan mental juara yang dimiliki menunjukkan permainan mereka yang cukup berkualitas. Anak-anak asuhan Jony Paty Diaz itu akhirnya membuka keunggulan melalui tendangan bebas Hendrik Baon. Penjaga gawang Persematim, Moses Roja, tidak dapat menjinakkan bola dengan baik.

Tertinggal 1-0, Marsianus Roja dkk tidak ingin membiarkan trofi ETMC dibawa pulang anak-anak Nagi begitu saja. Marsianus Roja, Decky Kadja, Marsianus Sola terus membangun serangan-serangan yang lebih terarah ke gawang Perseftim. Perjuangan ini akhirnya membuahkan gol balasan. Sepakan keras Marsianus Sola yang tidak dapat diantisipasi penjaga gawang Perseftim, Iwan Baon. Kedudukan 1-1 tidak berubah hingga pertandingan waktu normal 2x45 menit berakhir.

Perpanjangan waktu 2x15 menit yang diberikan wasit, Piter Goa, akhirnya membawa keuntungan bagi tim Perseftim. Gol yang menghantar Alfons Langga dkk ke puncak tertinggi turnamen ini lahir dari pemain pengganti, Nimus Atamau. Nimus yang masuk menggantikan Master Langkamau berhasil menaklukkan kiper Persematim menjelang akhir babak kedua perpanjangan waktu.

Sisa waktu dua menit dimanfaatkan anak-anak Persematim untuk mencoba membangun serangan balasan cepat, mengejar ketinggalan. Namun beberapa peluang yang sempat tercipta, tidak dapat membuahkan gol balasan lagi bagi Persematim. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Perseftim bertahan hingga akhir pertandingan.

Pelatih Persematim, Manggarai Timur, Agustinus Tandur, yang ditemui usai pertandingan tampak tegar menerima hasil ini. Ia memuji anak-anak asuhnya yang sudah menampilkan kemampuan terbaik mereka. Menurutnya, hanya dewi fortuna yang belum memihak kepada timnya. "Kami akan jadikan ini sebagai bahan refleksi untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pemerintah dan masyarakat Manggarai Timur di masa-masa mendatang," kata Tandur.

Manajer Perseftim, Frengki Kolin, mengatakan, puas dengan hasil yang diberikan anak-anak. Hasil ini sudah merupakan target yang diberikan oleh Pengkab PSSI Flores Timur.
"Itu memang sudah target kami sejak datang ke sini. Jadi kami semua berbangga dengan apa yang telah dipersembahkan anak-anak," tutur Kolin. (bb/rom)

Hasil ETMC 2009
Juara I : Perseftim Flores Timur: Piala Bergilir + Piala Tetap + Piagam + Rp 30 juta
Juara II: Persematim: Piala tetap + Piagam + Rp 24 juta
Juara III: Persim: Piala tetap + Piagam + Rp 18 juta
Juara IV: Persamba: Piala tetap + Piagam + Rp 12 juta
Tim fair play: Perseftim: Piagam + Rp 13 juta
Tim terbaik: PSN Ngada: Piagam + Rp 3 juta
Pemain Terbaik: Decky Kadja (Persematim): Piagam + Rp 2 juta
Top skore: Willy A Pong (Persim) dan Ponco Bowo (Persiteng): Piagam + Rp 2 juta


JUARA EL TARI MEMORIAL CUP
1969 : Perseftim Flotim
1970 : PSN Ngada
1972 : PSK Kupang
1974 : Tidak dipertandingkan
1976 : Persami
1979 : PSK (El Tari Memorial Cup)
1982 : PSN Ngada
1984 : Persami Maumere
1986 : PSN Ngada
1988 : PSK Kupang
1991 : PSK Kupang
1993 : PSK Kupang
1995 : PSK Kupang
1997 : PSN Ngada di Kupang
1999 : Perse Ende di Ende
2000 : Pers SoE di Kupang
2001 : PSN Ngada
2002 : PS Kota Kupang
2003 : PSN Ngada
2004 : Persewa
2005 : Persim Manggarai
2006 : Persap Alor
2007 : PSN Ngada
2009 : Perseftim

Pos Kupang edisi Selasa, 4 Agustus 2009 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes