SMAK Giovanni Juara II Nasional

KUPANG, POS KUPANG.Com -- Dewi fortuna sepertinya belum memihak para siswa Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Giovanni Kupang dalam ajang Lomba Cerdas Cermat (LCC) Undang-Undang Dasar (UUD).

Pada babak grand final yang berlangsung di Ruang Nusantara IV-MPR RI Jakarta, Selasa (18/8/2009), para siswa SMAK Giovanni hanya berhasil menempati juara II nasional.

Posisi runner up ini cukup dramatis, sebab SMAN 10 Metro-Lampung yang menjadi juara nasional hanya unggul lima poin dari SMAK Giovanni. Lima poin tersebut diperoleh melalui pertanyaan tambahan setelah dua kelompok ini sama-sama mengumpulkan nilai 255.

Guru Pendamping Tim LCC SMAK Giovanni Kupang, Drs. Anton Timo yang menghubungi Pos Kupang dari Jakarta, Selasa (18/8/2009) malam, menjelaskan, babak grand final yang disaksikan para pejabat tinggi negara tersebut berlangsung seru. Empat sekolah yang tampil di babak tersebut adalah SMAK Giovanni Kupang, SMAN 10 Metro-Lampung, SMA Taruna Nusantara Magelang-Jawa Tengah dan SMAN I Bangka Belitung.

Hingga akhir lomba, SMAN 10 Metro Lampung meraih nilai 260, SMAK Giovanni Kupang meraih nilai 255, SMA Taruna Nusantara mendapat nilai 245 (juara 3 nasional) dan SMAN I Bangka Belitung mendapat nilai 210 (juara 4 nasional).

Anton Timo menjelaskan, lomba tersebut berlangsung menegangkan dan masing- masing grand finalis menunjukkan kualitas. Susul-menyusul perolehan nilai sudah berlangsung sejak awal lomba. Bahkan, SMAK Giovanni sebagai juara NTT sempat memimpin perolehan nilai.

Namun perolehan nilai tersebut terhenti di nilai 255 dan akhirnya bisa disusul oleh SMAN 10 Metro-Lampung dan pada saat yang bersamaan waktu habis. Oleh panitia, diberikan satu pertanyaan tambahan untuk menentukan juara. Pertanyaan tambahan ini hanya untuk SMAK Giovanni dan SMAN 10 Metro. Pertanyaan tambahan ini berhasil rebut lebih dahulu oleh SMAN 10 Metro Lampung dan jawaban dari tim sekolah tersebut benar.

Menurut Anton, seluruh anggota tim merasa cukup baik karena perjuangan yang dilakukan sudah maksimal. Dan, para siswa SMAK Giovanni yang mewakili para siswa NTT sudah menunjukkan pada Indonesia bahwa anak-anak NTT juga mampu tampil di ajang nasional. (alf)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes