Kuku dan Rambut Dibawa ke Lekebai

JENAZAH Frans Seda dikebumikan di pemakaman San Diego Hills, Kerawang Jawa Barat. Namun kuku dan rambut serta sedikit tanah di pemakamannya itu akan dibawa pulang keluarga ke Lekebai untuk dimakamkan secara simbol. Prosesi pemakaman kuku, rambut dan tanah makam itu dilakukan salam prosesi adat Lio.

Pihak keluarga di Lekebai menjadwalkan acara itu pada tanggal 7 Januari 2010.

Demikian penjelasan keluarga almarhum, Gerfasius B Mude kepada Pos Kupang melalui telepon, Minggu (3/1/2010) sore.

Saat dihubuhngi, Gerfas Mude masih berada di Jakarta, di rumah almarhum Frans Seda. Pihaknya bersama keluarga besar Seda dari Maumere, akan kembali ke Maumere setelah malam keempat.

"Kami akan kembali ke Maumere dengan membawa kuku, rambut dan tanah makam almarhum untuk dibuatkan kuburan di Lekebai sebagai simbol bagi keluarga di Lekebai guna menghormati dan selalu menjadi tempat keluarga mengenang almarhum. Kalau sudah selesai acara di Jakarta kami akan kembali tanggal 6 Januari. Kalau tidak ada halangan, setiba di Maumere kami langsung buat pertemuan guna menggelar acara adat dan pembuatan makam pada tanggal 7 Januari," katanya.

Pemakaman kuku, rambut dan tanah makam almarhum Frans Seda itu, katanya, akan dilaksanakan dalam prosesi adat Lio.


Sementara itu, Ny. Waldeltrudis, kerabat almarhum Frans Seda di Lekebai, mengatakan, keluarga besar di Lekebai sejak Frans Seda meninggal dunia dan selama proses pemakaman, juga menggelar doa bersama dan misa. Keluarga masih menunggu kedatangan anggota keluarga yang mengikuti proses pemakaman di Jakarta. Sekembali dari Jakarta akan ada acara adat. Keluarga juga akan membawa kuku, rambut dan tanah makam almarhum Frans Seda untuk dikuburkan juga di Lekebai.

"Biar jenazahnya dikuburkan di Jakarta tapi almarhum juga punya keluarga sehingga ada tanda di Lekebai supaya keluarga bisa bakar lilin dan berdoa di sini untuk almarhum," kata Waldetrudis, istri Camat Mego ini. (ris)

Pos Kupang, Senin 4 Januari 2010 halaman 1
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes