Surya Paloh Mampir ke Tribun Manado

Surya Paloh di Tribun Manado 25-9-2013 (foto Anton Iwan)
'' Saya tak urus perusahaan lagi. Saat ini saya hanya meminta ampun kepada Tuhan dan memohon Partai NasDem bisa sukses, '' kata Surya Paloh.

KETUA
Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh, Kamis (25/9/2013) malam menyempatkan diri mampir ke redaksi Tribun Manado didampingi Ketua DPW Partai Nasdem Sulut, Meydi Revly Sumerah dan kader partai ini lainnya.

Dia pun bercerita banyak hal terkait politik di tanah air, termasuk cita-cita dan harapan Partai Nasdem ke depan.

"Saya 43 tahun di Golkar. Saya lebih senior dari Yusuf Kalla di partai ini. Usia saya sudah 62 tahun. Sebenarnya itu usia pensiun tapi saya sedih melihat kondisi bangsa ini sehingga saya akan terus berjuang dan memutuskan mendirikan parpol baru yang bisa membawa perubahan kearah lebih baik bagi semua elemen bangsa ini," ungkapnya.

Paloh pun bangga biaya politik partainya bukan bersumber dari uang negara ABPN atau APBD. Bahkan nantinya dia tak akan segan-segan memecat secara tidak hormat jika ada kader partai yang terbukti 'memakai' uang negara."Saya berharap banyak bangsa ini akan berubah. Apalagi masalah demoralisasi dan tatanan kehidupan sosial di masyarakat kita. Ini akan menentukan masa depan bangsa," katanya.

Paloh pun sempat menyentil perjuangannya saat memperjuangkan judicial review terkait penerbitan koran bersama petinggi Grup Kelompok Kompas-Gramedia, Jacob Oetama.

Menariknya Paloh memprediksi konstelasi politik kedepan dan posisi beberapa parpol besar termasuk NasDem. '' Teman-teman perlu tahu bahwa partai ini (NasDem) sejak berdiri memang di design sebagai partai besar, '' ujarnya.

Karena itu, dia mengaku, mengetahui keberadaan kader-kadernya di seluruh Indonesia, termasuk peluang di Pemilu legislatif nanti.

Saat berkunjung ke Tribun Manado, Surya Paloh diterima Pimred Ribut Rahardjo, Pemimpin Perusahaan Fahmi Setiadi, Manager Produksi Dion DB Putra dan Wakorlip Aswin Donald Lumintang.

Kedatangan Paloh ke Manado sendiri menghadiri pertemuan semua calon legislatif (caleg) Sulawesi Utara (Sulut) di Hotel Aryaduta Manado, Rabu (25/9/2013).

Kegiatan tersebut bertema orientasi calon anggota DPRD Provinsi dan kabupaten/kota Partai Nasdem Provinsi Sulut 'konsolidasi Partai menuju Pemenangan Pemilu 2014.'

Beri Rp 3 Miliar

Ketika membawa sambutan dalam acara orientasi calon anggota DPR, Paloh menegaskan, banyak hal termasuk reward dan punishment. Ia bahkan menyebut akan memberikan Rp 3 miliar kepada caleg yang berhasil memenangkan satu kursi ke Senayan alias bisa menuju ke DPR RI.

"Ini sudah menjadi komitmen DPP Partai Nasdem karena menyadari adanya persaingan partai dan pentingnya reward bagi kader-kader yang sungguh-sungguh berjuang," ungkapnya.

Demikian juga Surya Paloh menegaskan tentang asas kepatutan terkait isu dia maju sebagai calon presiden (capres) 2015-2020. "

"Ambisi jadi preiden? Saya ngak punya ambisi itu. Saya berambisi bikin Nasdem besar, bangsa ini maju, moral bangsa ini baik," ujarnya.

Namun demikian menurut Paloh, jika Nasdem masuk tiga besar partai pemenang pemilu maka sepatutnya ada capres yang akan diusung.

"Kalau partai nomor satu di negera ini itu bahkan wajib ada Capres dan akan aneh kalau tidak ada calon. Nah paling lucu sekarang kalau partainya belum jelas lalu mengklaim hasil survey sekian persen kekuatannya. Ini aneh," kata Paloh disambut tawa dan tepuk tangan peserta.

Acara ini dihadiri juga Ketua Badan Hukum DPP OC Kaligis, Sekjen DPP Nasdem Patrice Kapela, Ketua DPW Nasdem Sulut Meidy Sumerah  dan sejumlah pengurus pusat hingga dari daerah.

Ratusan caleg Nasdem hadir dengan menggunakan seragam dengan warna dominan biru. Beberapa caleg Nasdem yang hadir antara lain, Virgie Baker, Amelia Cinta Roring, Susan Undap dan lainnya.

Ada juga sejumlah pengurus partai yang datang. Pengurus partai sebagian besar tidak memilih menjadi caleg melainkan fokus mengurus partai dan menunjang kesuksesan caleg diwilayahnya masing-masing.(yudith rondonuwu)

Sumber: Tribun Manado 26 September 2013 hal 1

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes