FAN Kembali Memberi Penghargaan

* Kepada Sejumlah Tokoh Berprestasi

KUPANG, PK -- Forum Academia Nusa Tenggara Timur (FAN) kembali memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh berprestasi. Penganugerahan NTT Academia Award 2010 akan berlangsung di Kupang 18 Desember 2010 atau dua hari menjelang HUT ke-52 Propinsi Nusa Tenggara Timur.

"Tahun 2010 ini ada 22 kandidat yang diseleksi tim juri. Pemenangnya baru diumumkan saat acara puncak hari Sabtu 18 Desember nanti," kata Ketua Panitia NTT Academia Award 2010, Rikardus Wawo di Kupang, Selasa (14/12/2010). Selain memberikan penghargaan, FAN juga akan menyelenggarakan pameran foto.
Rikardus Wawo yang didampingi Sekretaris Panitia, Bintang Intan Oematan, menjelaskan NTT Academia Award 2010 memberikan penghargaan kepada para tokoh prestasi dalam tiga kategori. Kategori I bidang Sains dan Inovasi Keteknikan, Kategori II bidang Inovasi Pembangunan dan Kategori III bidang Humaniora, Sastra dan Inovasi Sosial Budaya.


Menurut Rikardus Wawo, para kandidat telah dinilai oleh tim juri yang terdiri dari 
Wilson Therik, Sr. Dr. Susi Susilawati Cicilia Laurentia, PI, Jemris Fointuna, Tony Kleden dan Pius Rengka. "Para pemenang tahun ini sudah dikantongi tim juri, tetapi kita belum tahu siapa saja mereka," kata Bintang Intan Oematan.

Menurut salah seorang moderator FAN, Syalomi Natalia, NTT Academia Award adalah penghargaan tahunan yang berlangsung sejak tahun 2007. FAN secara konsisten menyelenggarakannya hingga tahun ini. Dijelaskannya, NTT Academia Award hendak dimaknai sebagai penghargaan prestasi akademik tertinggi yang dicapai para academia NTT. 

"Kriteria penilaian adalah revelansi bagi permasalahan dan pembangunan NTT, daya cipta dan inovasi, tingkat representasi dan pencitraan NTT, tingkat prestasi, visi penerima serta inspirasi dari karya mereka. Tahun ini kita memilih tema spesifik yaitu Inovasi Bagi Dunia," demikian Syalomi Natalia. (osi)


Pemenang Sebelumnya
NTT Academia Award 2007
- Politeknik Negeri Kupang atas dua prestasi nasional yang diraih lewat Kusa Bill Noni Nope M.T (dosen) dan tim mahasiswa dalam lomba inovasi teknologi robotika di ITS, Surabaya.
- Tim pelajar SMUN 2 Kupang (Kristina M Puu Heu, Jefry Tuan, lyan M Sioh dan guru Pembimbing Marselina Tua). Juara nasional penelitian terumbu karang. 

NTT Academia Award 2008
- Siprianus Paulus Dawan (Mahasiswa Undana yang mengembangkan kolektor gerak surya, alat untuk menyuling air laut menjadi air tawar.
- Zet Malelak yang sukses membawa warga Dusun Uel, Desa Nunkurus, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, berswasembada jagung.
- Yovita Meta Bastian yang menduniakan tenun ikat Biboki, Timor Tengah Utara (TTU).

NTT Academia Award 2009
- Suster Dr. Susi Susilawati Laurentia, Pi (Kupang).
- Tiga siswi SMP Terbuka Oelnasi-Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), yaitu Viktoria Nabut, Himerti Sela dan Marces Snae.
- Yie Gae Tjie (Maumere)

Pos Kupang, 15 Desember 2010 halaman 5
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes